Depan Artikel Kesehatan Tanda, Gejala dan Penyebab Flu

Tanda, Gejala dan Penyebab Flu

5 min read
0
159
Tanda, Gejala dan Penyebab Flu

Flu adalah infeksi virus yang menyebabkan demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, batuk, hidung tersumbat. Dalam beberapa kasus, gejala flu mual, muntah tetapi jarang diare. Setelah dua hari demam, gejala lain mungkin mulai berkurang. Setelah 5 hari, gejala-gejala ini hilang. Namun, gejala pernapasan tetap ada. Penyakit ini biasanya hilang setelah 7-10 hari, beberapa kasus parah menyebabkan pneumonia akut dan mati setelah 1-2 hari.

Baca juga : Obat Batuk Pilek Bayi Atau Influenza Secara Alami

Beberapa infeksi menyebar ke laring, trakea, bronkus, sinus, telinga tengah. Kasus-kasus ini sering dikaitkan dengan beberapa infeksi bakteri, penyakit jantung, penyakit paru-paru yang mungkin terinfeksi pneumonia, mengancam jiwa. Flu dapat memperparah penyakit paru-paru yang ada seperti asma, bronkitis kronis, otitis kronis.

Penyakit ini ditularkan oleh batuk atau pilek dengan menyemprotkan tetesan kecil yang mengandung virus ke udara. Wabah flu biasanya terjadi di musim dingin dan musim hujan. Anak-anak memiliki tingkat prevalensi yang lebih tinggi daripada orang dewasa.

Penyebab influenza atau Flu

Ada lebih dari 200 virus yang menyebabkan pilek. Virus yang paling umum adalah rheumatoid arthritis. Infeksi virus lainnya, seperti parainfluenza atau virus syncitial pernapasan, menyebabkan sensasi ringan pada orang dewasa, tetapi mereka dapat menjadi sangat serius bagi anak-anak, terutama ketika mereka menyerang paru-paru atau paru-paru anak-anak.

Rhinoviruses (rhin, dalam kata hypo, hidung, hidung), 30 hingga 35 persen adalah penyebab sensitisasi dewasa, terjadi sekitar awal musim gugur, musim semi atau musim panas. Ada lebih dari 110 jenis rhinovirus, yang sangat cocok untuk 91F, yang merupakan suhu lendir di hidung kita.

Coronavirus juga menyebabkan pilek pada orang dewasa, biasanya di musim dingin atau awal musim semi. Ada hingga 30 jenis virus, tetapi hanya tiga atau empat virus yang dapat menginfeksi manusia.

Sekitar 10-15 persen pilek disebabkan oleh virus lain, seperti:

  • Adenovirus, coxsackieviruses, echovirus, orthomyxoviruses (termasuk jenis virus influenza A dan B), paramyxoviruses (termasuk virus parainfluenza), pernapasan virus syncytial virus dan enterovirus karang.
  • Sekitar 30 hingga 50 persen dari pilek dewasa, yang dapat disebabkan oleh virus, belum dapat diidentifikasi. Di sisi lain, ada banyak virus yang menginfeksi anak-anak, tetapi sampai sekarang tidak ada yang tahu apa virus itu.
  • Orang dengan pilek terinfeksi virus, tetapi juga dapat terinfeksi dengan banyak bakteri lain. Terkadang, virus dapat mendeteksi virus herpes simplex, menyebabkan mulut yang sakit.
  • Perubahan cuaca seperti terlalu dingin atau terlalu dingin mungkin tidak banyak berpengaruh pada munculnya pilek, atau membuat penyakit lebih mungkin. Latihan, nutrisi, atau hipertrofi tonsil pada anak-anak, tidak ada hubungannya dengan pilek.

Tanda dan gejala Flu

Setelah virus memasuki tubuh, kira-kira satu sampai tiga hari kemudian, gejala muncul. Biasanya berlangsung sekitar satu minggu. Hingga 25 persen penyakit berlangsung selama 2 minggu. Bagi mereka yang merokok, flu akan semakin berat.

Gejala pilek termasuk:

  • Hidung berair, hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit telinga, gatal dan kekeringan tenggorokan, dan batuk.
  • Makan tidak enak, capek.
  • Kemampuan rasa dan bau bisa dikurangi, kering, tetapi hidungnya kencang.
  • Orang dewasa mungkin demam ringan, tetapi anak-anak bisa menjadi lebih panas.
  • Gejalanya disebabkan oleh respon imun tubuh, di mana bakteri masuk ke hidung dan tenggorokan.

Tidak ada tes untuk mendiagnosis flu sekarang, tetapi dokter bergantung pada gejala untuk mendiagnosis penyakit.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Agar Hubungan Cіnta Awet Sampaі Ke Pernіkahan

Ketika dua sejoli memiliki perselingkuhan, tentu saja mereka berharap bisa bertahan hingga…