Depan Artikel Kesehatan 11 Tips Merawat Gusi yang Baik Dalam 5 Menit

11 Tips Merawat Gusi yang Baik Dalam 5 Menit

9 min read
0
170
11 Tips Merawat Gusi yang Baik dan Benar Dalam 5 Menit

Gusi yang baik itu yang bagaimana sih :),. Apakah Anda sedang mengalami gusi bengkak atau radang gusi? Bagaimana rasanya? Menyakitkan bukan? Nah, untuk itu tips merawat gusi yang baik dan benar dalam hitungan menit berikut ini bisa Anda coba untuk menyembuhkan sekaligus mecegah penyakit gusi tersebut datang lagi.

Tips Perawatan Gusi yang Baik dan Benar

Anda yang sedang menderita sakit gusi, jangan dibiarkan berlarut-larut ya karena sakitnya akan semakin mmenjadi-jadi dan bisa menjalar ke gigi Anda. Selain itu gusi yang tidak sehat juga merupakan faktor utama penyebab bau mulut. Tak ingin ini terjadi, kan? Inilah tipsnya untuk Anda.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dalam 3 Hari

  1. Sikat gigi dengan rutin dan benar

Sikat gigi dianjurkan minimal 2 kali sehari yaitu pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur, juga pastikan untuk menyikat gigi dengan teknik yang benar. Jangan terburu-buru. Selain itu perhatikan juga sikat gigi yang Anda gunakan jangan gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah mekar, lebih baik gantilah 3 bulan sekali agar nyaman digunakan. Pilihlah sikat gigi yang berpermukaan halus agar tidak mengikis kesehatan gigi dan gusi

  1. Lakukanlah flossing

Flossing sangatlah membantu Anda dalam hal membersihkan mulut selain dengan menyikat gigi, flossing juga memiliki manfaat mencegah abses gusi yakni pembengkakakn gusi hingga mnyebabkan sakit dan keluar nanah, dan mencegah kerak gigi.

  1. Hindari Minuman Sejenis Teh, Kopi, soda dan Alkohol

Sebaiknya jangan keseringan untuk mengkonsumsi minuman sejenis teh, kopi, dan soda, terlebih alkohol sebaiknya hindari sebisa mungkin. Keempat jenis minuman tersebut bisa membuat mulut Anda cepat kering dan pada akhirnya jika terus dibiarkan akan muncul kerak gigi yang dapat mengganggu kesehatan gusi itu sendiri seperti radang hingga gigi keropos dan bau mulut.

  1. Hindari Bruxsim (menggeretakkan gigi)

Menghindari kebiasaan bruxsim juga merupakan tips merawat gusi yang baik. Kebiasaan bruxism yaitu kebiasaan menggesekan gigi atas dan bawah dengan keras ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menimbulkan luka pada gusi Anda sendiri, sebagian dari Anda mungkin tidak sadar telah melakukan kegiatan ini terlebih saat sedang tidur.

  1. Hindari Mengisap Jempol

Mengisap jempol juga merupakan kebiasaan buruk terhadap mulut tak terkecuali gusi. Kebiasaan ini harus segera dihidari. Mengisap jempol biasanya terjadi saat anak-anak namun tak jarang juga masih dilakukan sebagian orang dewasa. Penting untuk diketahui, kebiasaan mengisap jempol bisa membuat bakteri pada tangan masuk ke mulut juga kuku pada jempol mampu melukai bagian gusi.

  1. Tidak Merokok

Tidak dapat dipungkiri kalau merokok itu merupakan penyuplai penyakit terbanyak terhadap tubuh, satu di antaranya adalah penyakit mulut. Kebiasaan merokok akan membuat gigi dan gusi Anda berwarna keruh.

  1. Madu

Madu merupakan asupan nutrisi nikmat yang mempunyai manfaat beragam. Manfaat  madu untuk gusi adalah membantu memerangi bakteri akibat radang gusi dan mengobati gusi yang berdarah. Selain itu kandungan vitammin dan meneralnya juga baik untuk mencerahkan warna bibir.

  1. Konsumsi Susu Murni

Susu atau olahan produk lainnya yang berbahan dasar susu murni seperti yoghurt dan keju, ternyata tidak hanya mengandung kalsium yang baik untuk tulang, tapi juga mengandung senyawa kasein protein yang baik untuk gigi dan gusi. Menurut sejumlah penelitian kandungan kasein protein dalam susu murni akan mengurangi kadar asam di mulut dan membantu melunturkan bakteri/ plak gigi.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Sudah jadi rahasia umum kalau sayuruan hijau sangat baik dikonsumsi untuk menutrisi dan menjaga mulut Anda tetap sehat dan bersih. Sayuran hijau banyak mengandung kalsium, asam folat, zat besi, vitamin E dan beragam vitamin lainnya. Sayur-mayur yang kaya vitamin ditambah seratnya yang tinggi akan menghasilkan air liur berlebih saat menguyah, dan membantu menetralisir bakteri jahat dalam mulut. Sayuran hijau seperti saledri, bayam dan kangkung bisa Anda pilih.

  1. Lengkapi nutrisi Anda dengan makanan berikut

Selain sayuran hijau, nutrisi untuk mulut juga bisa Anda peroleh dari ragam jenis makanan berikut ini.

  • Jeruk dan nanas : Kandungan asam pada buah jeruk dan nanas mampu meningkatkan produksi air liur, mencegah perkembangan bakteri jahat, dan menghilangkan plak pada gigi.
  • Jamur shitake : Kandungan lentinan pada jamur shitake dipercaya mampu mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut sehingga gusi bisa terhindar dari ancaman penyakit.
  • Stroberi: Mengandung malic adrid yang berguna menghilangkan plak-plak penyebab radang pada gusi.
  • Biji Wijen : Memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga mampu menutrisi gigi dan gusi agar lebih kuat.
  • Buah-buah kaya akan vitamin C : Banyak buah yang tinggi akan kandungan vitamin C seperti buah jeruk, jeruk nipis, mangga dan anggur. Vitamin C sendiri sangatlah membantu melawan bakteri, radikal bebas dan sejenisnya yang mampu membuat gusi Anda mengalami penyakit.
  • Kiwi : Bebrapa nutrisi penting yang dibutuhkan gigi dan gusi ada dalam buah kiwi, buah kiwi efektif mencegah kerusakan kolagen gusi dan melindunginya dari berbagai bakteri akibat makanan manis berlebih.
  • Apel : Buah apel bagus untuk membantu membersihkan dan memutihkan gigi.

 

  1. Lakukan pemeriksaan berkala pada dokter

Disarankan untuk rutin mmemeriksakan kesehatan mulut Anda setiap 6 bulan sekali dan jangan tunggu gusi Anda bermasalah lalu baru datang ke dokter.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga ataupun memperbaiki gusi Anda agar selalu sehat dan kuat. Tips merawat gusi yang baik di atas itu hanya sebagiannya saja karena masih terdapat banyak alternatif lain yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan gusi.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…