Artikel Kesehatan

Cara fokus belajar untuk menghadapi ujian

Cara fokus belajar untuk menghadapi ujian. Otak merupakan sistem saraf pusat yang merupakan tempat untuk berpikir. Ukurannya memang tidak seberapa namun organ yang bernama otak ini membutuhkan energi yang cukup besar untuk berpikir.

Otak menyerap 20 persen dari total energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sangat tidak mungkin anda bisa berpikir fokus ketika sedang lapar.

Untuk bisa fokus belajar maka sudah tentu ada hal-hal yang harus anda perhatikan dan persiapkan dengan baik. Sebab cara kerja otak tentu tidak sama dengan komputer yang bisa dengan cepat menyimpan data dan menjalankan perintah.

Otak manusia membutuhkan metode khusus agar bisa fokus belajar terlebih untuk menghadapi ujian agar bisa dapat nilai yang bagus.

Cara fokus belajar untuk menghadapi ujian

Ada cara fokus belajar yang jitu supaya semua pelajaran dapat masuk ke otak dengan mudah. Agar otak bisa mempunyai performa terbaiknya maka anda harus mempersiapkan beberapa hal yang akan kita bahas berikut ini.

1. Jangan begadang

Apa gunanya tidak tidur semalaman tetapi saat siangnya mudah mengantuk ? Dalam keadaan seperti ini sudah pasti otak anda tidak akan lagi bisa fokus belajar dengan mudah.

Perlu anda ketahui bahwa setiap otak manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup setiap harinya. Barulah setelah mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka pada keesokan harinya otak bisa kembali berpikir fokus dengan maksimal.

Cobalah untuk memulai hidup disiplin dengan tidur 8 jam sehari dan dalam waktu yang sama setiap harinya. Dengan demikian barulah anda bisa fokus belajar dengan lebih mudah.

2. Jangan minum kopi sebelum tidur

Kopi memang mengandung senyawa kafein yang bisa merangsang otak untuk berpikir fokus. Tetapi memaksa tubuh yang sudah mengantuk dengan asupan kafein justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Efek fokus memang dapat anda rasakan namun hanya sementara saja. Setelah beberapa jam kemudian maka efek fokus akan hilang dan kepala akan terasa sakit.

Jika sudah demikian maka sudah tentu anda menjadi tidak bisa belajar fokus sama sekali. Belum lagi keesokan harinya juga tidak akan terasa bugar karena efek kafein yang membuat otak menjadi sangat kelelahan.

3. Olah raga teratur

Jika ingin bisa belajar dengan lebih fokus, ada cara fokus belajar yang lebih alami. Caranya yaitu dengan melakukan olah raga secara teratur setiap hari.

Olah raga yang dimaksud adalah aktivitas fisik yang bisa mengeluarkan keringat dan rasa cape karena gerakan tubuh yang banyak.

Jadi e-sport sudah tentu tidak termasuk, karena jenis olah raga ini hanya tangan dan mata saja yang aktif, sedangkan tubuh lainnya hanya terdiam duduk saja.

Anda bisa pilih olah raga yang disukai seperti lari, berenang, badminton, atau jenis olah raga lainnya. Yang terpenting adalah agar tubuh bisa bergerak secara cukup supaya metabolisme tubuh bisa bekerja dengan baik.

4. Tidak multitasking

Seperti kita ketahui bersama bahwa otak manusia tidak memiliki kemampuan multitasking seperti halnya pada gadget canggih saat ini.

Jika ingin bisa fokus belajar dengan baik maka matikan ponsel serta gadget lainnya agar tidak multitasking. Sebab jika sebelum belajar anda bermain sosial media atau melihat youtube yang tidak ada hubungannya dengan belajar akan membuat otak menjadi lelah.

Jadi menggunakan energi otak yang masih fit sejak pagi untuk langsung belajar adalah cara terbaik yang bisa anda coba lakukan.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button