Artikel Kesehatan

Cara mencegah asam urat secara alami

Cara mencegah asam urat secara alami yang ampuh. Tidak sedikit orang yang mengalami penyakit mengganggu ini bisa merasakan nyeri yang berlebihan.

Umumnya penyakit ini di derita pada orang dewasa yang sudah cukup berumur. Penyakit asam urat sendiri merupakan kondisi dimana sendi-sendi pada tubuh merasakan gejala nyeri yang amat sangat tidak nyaman sekali.

Pada beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan pembengkakan serta adanya rasa panas di area persendian. Setiap orang yang menderita asam urat bisa secara acak merasakan nyeri pada bagian sendi tertentu.

Dan setiap orang bisa berbeda-beda terkena asam urat pada bagian sendi seperti jari tangan, lutut, pergelangan kaki, hingga jari-jari kaki.

Pada umumnya penyakit asam urat ini bisa muncul pada orang dewasa yang usianya sudah lebih dari 30 tahun. Meskipun demikian saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang dibawah 30 tahun juga bisa kena.

Apabila sampai terkena penyakit ini maka bisa berlangsung lama mulai dari 3 harian hingga 2 minggu yang tak kunjung hilang rasa nyerinya.

Cara mencegah asam urat secara alami

Untuk bisa mencegah dan mengobati supaya asam urat bisa segera sembuh maka anda harus perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu menu makanan harian supaya asam urat tidak mudah kambuh lagi. Hindarilah makanan-makanan yang mengandung purin tinggi.

Sebab makanan yang mengandung purin tinggi dapat menjadi pemicu utama munculnya gejala asam urat yang bisa membuat rasa nyeri berlebihan.

Daftar makanan yang mengandung purin tinggi

1. Ikan sarden
2. Ikan makarrel
3. Kerang
4. Kepiting
5. Tahu
6. Asparagus
7. Alkohol

Apabila sudah sering muncul gejala asam urat maka sebaiknya anda mulai kurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi lagi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sebab jika tidak dapat menyebabkan gejala asam urat semakin parah yang bisa menimbulkan rasa nyeri lebih lama hingga berhari-hari.

Kehadiran rasa nyeri itu tentunya akan membuat si penderita menjadi terganggu aktivitasnya dan juga saat tidur yang dapat menyebabkan menjadi tidak nyenyak.

Cara mengobati Asam urat supaya cepat sembuh

Untuk anda yang sudah terlanjur makan-makanan yang mengandung purin tinggi lalu terkena asam urat dengan rasa nyeri yang mengganggu maka perlu ditindak lanjuti dengan pengobatan.

Mengkonsumsi Vitamin C

Segala makanan yang mengandung vitamin C termasuk suplemen dapat membantu sekali meredakan gejala nyeri sendi pada asam urat.

Para pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya penderita asam urat harus mendapatkan asupan vitamin C yang cukup sekitar 500 mg per hari.

Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C terbaik dari buah-buahan seperti semangka, pepaya, dan buah jeruk manis.
Atau jika buah tersebut sedang susah didapat maka bisa gunakan suplemen vitamin C baik dalam bentuk tablet maupun cair.

Minum banyak air putih

Untuk anda yang sedang menderita asam urat jika ingin cepat sembuh maka harus minum lebih banyak air putih. Minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal penderita untuk melepaskan kelebihan cairan yang dapat mengurangi pembengkakan asam urat.

Minum air putih yang banyak tentu saja tidak dibarengi dengan minuman bersoda apalagi minuman beralkohol.

Kompres pada bagian sendi yang nyeri

Dengan melakukan Kompres pada bagian sendi yang nyeri maka setidaknya dapat membantu mengobati penderita asam urat supaya lebih merasa nyaman.

Gunakan kompres es yang dibalut dengan handuk dan tempelkan pada bagian sendi yang terasa nyeri supaya lebih baikkan.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button