Artikel Kesehatan

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi agar tidak rewel

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi agar tidak rewel. Bagi orang tua yang baru punya bayi pastinya akan cukup kewalahan untuk menenangkan bayi yang sulit tidur.

Hal ini sebenarnya sudah cukup umum karena bayi memang cenderung sulit untuk diam ketika sedang dalam kondisi sadar. Sehingga harus dijaga dengan baik secara terus menerus hingga sang bayi bisa tertidur pulas.

Saat baru berumur kurang dari satu bulan biasanya bayi pada umumnya memang tidak teratur jam tidurnya. Hal ini dipengaruhi juga oleh jam kelahiran dari bayi itu sendiri yang pada setiap orang tua bisa berbeda-beda.

Nah, untuk anda orang tua yang ingin supaya bayinya tidak berisik saat malam hari maka ada cara tersendiri untuk membantu mengatur jam tidur bayi dengan baik.

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi agar tidak rewel

1. Jangan ajak main bayi menjelang waktu tidur

Sebenarnya tidak berlaku hanya untuk bayi saja melainkan orang dewasa yang juga harus menenangkan diri sebelum waktu tidur.

Saat sebelum mau tidur jangan biarkan bayi anda terus bermain yang malah membuatnya menjadi semakin energik atau semakin bersemangat.

Sebab jika sudah demikian akan membuat bayi semakin aktif dan menjadi susah tidur. Maka dari itu usahakan 1 jam menjelang tidur biarkan bayi dalam kondisi tenang tanpa bermain apa-apa.

Jauhkan semua mainan dari penglihatan si bayi agar tidak ingin bermain sama sekali.

2. Ciptakan suasana yang tenang dan tidak berisik

Kondisi ruangan sangat mempengaruhi bayi untuk tidur. Usahakan saat menjelang tidur pada malam hari dengan menciptakan suasana yang tenang dan tidak berisik.

Hindari berbicara dengan suara keras atau suara TV yang bisa membuat bayi menjadi terganggu dan tidak mau tidur lagi. Pastikan juga pencahayaan kamar dalam kondisi yang tidak terlalu terang atau redup.

Anda bisa membuat ruangan kamar tidur bayi menjadi gelap atau paling tidak hanya menyalakan lampu tidur saja. Selain itu suasana yang nyaman dan tenang juga dapat anda ciptakan dengan memberikan bayi baju tidur yang pas.

Apabila anda secara konsisten berhasil menciptakan suasana yang konsisten sama seperti ini. Maka secara perlahan sang bayi akan mulai mengingatnya.

Dengan demikian bayi akan mulai paham bahwa saat dalam kondisi seperti ini maka itu berarti tandanya untuk mulai tidur.

3. Berikan Aktivitas yang Cukup pada Pagi hingga Siang Hari

Susun jadwal sebaik mungkin meskipun masih bayi. Sebab kondisi pada saat siang hari akan sangat mempengaruhi bayi pada malam harinya untuk tidur.

Bayi yang sulit tidur pada malam hari biasanya karena masih banyak tenaga akibat siang harinya tidak beraktivitas yang cukup melelahkan.

Agar supaya bayi tidak sulit tidur pada malam harinya. Maka tugas anda sebagai orang tua adalah memastikan sang bayi memiliki aktivitas yang cukup pada siang hari.

Dengan demikian energinya akan banyak yang terpakai pada siang harinya. Dan pada malam harinya menjadi lelah yang bisa membuat bayi menjadi tertidur pulas.

4. Beri makan yang cukup

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi agar tidak rewel berikutnya adalah dengan memberikan asupan makanan yang cukup. Bisa saja bayi menjadi susah tidur karena masih lapar.

Sehingga pastikan bahwa saat jam makan, bayi anda mau memakannya hingga habis. Sehingga saat waktunya tidur maka bayi itu tidak akan kelaparan lagi.

Nah, itulah beberapa tips cara mengatur tidur bayi supaya tidak rewel lagi pada malam harinya.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button