Artikel Kesehatan

Cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah

Cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah. Setiap orang pastinya pernah mengalami kondisi kulit kaki yang pecah-pecah.

Beberapa orang mungkin cenderung mengabaikannya karena memang tidak menimbulkan rasa sakit atau efek serius lainnya. Namun jika dibiarkan maka dapat membuat kondisi kulit kaki khususnya bagian tumit menjadi tambah parah.

Beruntung saat ini sudah ada banyak macam obat yang bisa anda pakai agar bisa menghaluskan tumit secara alami supaya tidak menjadi pecah-pecah lagi.

Merawat kulit kaki khususnya bagian tumit tentunya adalah hal yang penting dilakukan untuk semua orang. Sebab bagian ini yang akan langsung bersentuhan dengan tanah, jadi memang membutuhkan perawatan kulit secara berkala.

Nah, sebelum kita bahas cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah ada baiknya kita bahas dahulu mengenai penyebabnya.

Penyebab kulit kaki bisa pecah-pecah

Makan-makanan bergizi memang menjadi suatu keharusan bagi anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Asupan nutrisi yang tinggi dapat membuat tubuh kita supaya tetap sehat.

Namun tahukah anda jika memberi nutrisi tidak hanya dari dalam saja melainkan juga dari luar khususnya untuk nutrisi kulit ?

Kulit merupakan bagian terluar yang fungsinya untuk melindungi tubuh seperti otot, tulang, ligamen, pembuluh darah, sel saraf, serta organ dalam lainnya.

Tumit pada telapak kaki memang cenderung lebih kering dibandingkan bagian kulit tubuh lainnya. Sebab bagian kulit ini tidak memiliki kelenjar keringat seperti pada bagian kulit lainnya yang bisa membasahi sendiri.

Apabila dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik maka sangat rentan sekali menjadi pecah-pecah karena kekeringan.
Jadi salah satu penyebab utamanya adalah masalah kulit kering yang dibiarkan lama. Kemudian terjadi penumpukan sel-sel kulit mati pada tumit yang menebal dan mengeras.

Sehingga terjadi pecah-pecah pada kulit yang apabila anda raba akan terasa kasar dan juga tampak jelas apabila dilihat oleh mata kita.

Penyebab lain yaitu karena pada tumit merupakan tempat tumpuan dimana saat anda sedang berjalan bagian ini menjadi tumpuan yang mendapat tekanan seluruh berat tubuh.

Alhasil tumit akan menyebar dan menipis seiring dengan berjalannya waktu, dan pada akhirnya akan mengalami pecah-pecah.

Cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah

Ada beberapa cara mengobati kulit kaki yang pecah-pecah supaya menjadi mulus kembali. Sebab kulit kaki yang pecah-pecah memang tidak enak dipandang oleh mata kita.

Terlebih untuk kaum hawa yang sangat peduli dengan perawatan kulit maka pastinya bagian tumit juga menjadi perhatian penting.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa anda coba sendiri di rumah secara aman.

1. Menggunakan pelembap jenis emolien humektan

Pelembap jenis emolien humektan mengandung bahan aktif seperti lanolin dan gliserin. Emolien adalah bahan aktif dalam pelembap yang dapat meresap ke dalam kulit dan mengurangi penguapan cairan.

Jenis pelembab ini dapat menghaluskan kembali kulit yang pecah-pecah.

2. Pelembap oklusif

Berikutnya ada pelembab oklusif yang juga bisa untuk menghilangkan kaki pecah-pecah akibat mengalami kekeringan. Setelah menggunakan pelembap jenis emolien humektan anda bisa oleskan pelembap jenis oklusif pada kulit kaki dan tumit. Pelembap ini mampu mencegah penguapan cairan dari lapisan kulit paling luar.

3. Menggunakan sandal dan sepatu yang tepat

Dengan menggunakan sandal dan sepatu yang tepat maka dapat mengurangi terjadinya pecah-pecah pada tumit kaki. Gunakan sandal dan sepatu yang berbahan halus dan lembut agar tumit bisa tetap terlindungi.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button