Artikel Kesehatan

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak yang efektif. Bagi anda yang sudah menjadi orang tua tentunya butuh perjuangan ekstra agar bisa berhasil mendidik anaknya supaya bisa tumbuh dewasa dan menjadi cerdas.

Setiap orang tua tentunya tidak ingin anaknya menjadi bodoh karena tidak diberi makan yang begizi akibat dari ketidaktahuan orang tua itu sendiri.

Maka dari itu ada beberapa cara meningkatkan kecerdasan otak anak yang bisa anda coba langsung praktekan sendiri. Dan berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak

Makanan yang kita makan memang sangat mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir. Jadi dengan memilih makanan yang tepat maka kecerdasan otak anak dapat berkembang dengan baik.

1. Hindari Mie Instan

Setiap anak modern saat ini pastinya akan menyukai makanan super lezat ini. Selain murah, cara membuatnya juga sangat praktis dan mudah.

Terlebih semakin hari semakin banyak varian mie instan dengan rasa yang bisa membuat lidah bergoyang. Tetapi tahukah anda bahwa dibalik kelezatan mie instan ada bahaya yang mengancam terutama untuk kesehatan otak anak ?

Mie instan sudah tentu menggunakan bumbu yang mengandung penyedap rasa yaitu MSG yang mengandung sodium tinggi. Kadar sodium yang tinggi dapat berdampak buruk pada otak anak menjadi lebih susah untuk fokus belajar.

Jadi rasa lezatnya itu hanya sampai lidah mulut saja, sedangkan jika sudah tertelan maka tidak ada manfaatnya lagi. Oleh karena itu agar kecerdasan otak anak bisa tetap terjaga maka sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan aditif ini.

2. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Tahukah anda hampir semua vitamin dan mineral terdapat pada buah-buahan. Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup setiap harinya.

Sedangkan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi memang dapat ditemukan pada buah-buahan. Jadi bagaimana mungkin jika anak jarang makan buah tetapi bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup ?

Kita tahu bahwa kebanyakan anak pasti tidak suka makan buah karena rasanya yang tidak enak menurut mereka. Namun ada baiknya anda sebagai orang tua untuk mulai mengajarinya bahwa mengkonsumsi buah-buahan dari sejak dini adalah hal yang baik.

3. Perbanyak konsumsi Sayur-sayuran

Jika buah saja sudah sulit makan apalagi mengkonsumsi sayur-sayuran ? Rasa pahit pada sayur hijau memang tidak disukai oleh anak-anak, sehingga sangat jarang sekali anak kecil yang menyukainya.

Namun tahukah anda kalau para orang tua di Jepang telah mendidik anaknya sejak kecil untuk belajar makan sayuran ? Meskipun mereka tidak suka namun para orang tua tetap memaksanya dengan cara halus untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran seperti brokoli, paprika, dan sayur hijau lainnya.

Sehingga tidak heran jika pertumbuhan anak-anak Jepang bisa sangat bagus dan rata-rata menjadi cerdas.

4. Jauhkan anak dari gadget agar tidak main game online

Game online memang bisa bermanfaat positif untuk menghabiskan waktu luang atau hanya untuk melepas rasa stress dan jenuh.

Namun bagi anak-anak, game online bisa berdampak buruk karena bisa membuat kecanduan untuk memainkannya tanpa bisa membagi waktu dengan baik.

Disinilah peran anda sebagai orang tua harus bisa memperhatikan sang anak sejak dini agar tidak sampai kecanduan main game online.

Sebab game online bisa membuat anak menjadi bodoh karena tidak mau belajar lagi dan menjadi anak pemalas. Jauhkan anak dari segala gadget seperti smartphone, game konsol, dll agar tidak main game online lagi.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button