Artikel Kesehatan

Daftar makanan yang mengandung fruktosa

Daftar makanan yang mengandung fruktosa. Buat anda yang sedang membatasi diri karena takut kena gula darah tinggi maka bisa gunakan tips berikut ini.

Makanan manis memang sangat nikmat, entah itu buah atau makanan lainnya pasti akan lebih menggairahkan jika rasanya manis. Namun sayangnya tidak semua orang bisa makan-makanan manis, terutama penderita diabetes yang sangat sensitif sekali.

Untungnya ada fruktosa yang yang jika anda makan tetap bisa memberikan rasa manis namun tidak akan membuat gula darah naik. Jadi anda bisa tetap mengkonsumsi makanan manis terutama yang mengandung fruktosa tanpa perlu khawatir akan memperburuk kondisi badan.

Apa itu Fruktosa ?

Meskipun Glukosa dan Fruktosa sama-sama bisa memberikan rasa manis pada makanan. Namun keduanya memiliki efek yang berbeda sekali dalam tubuh manusia.

Fruktosa adalah karbohidrat sederhana yang jika kita makan maka tidak akan langsung masuk ke pembuluh darah terlebih dahulu. Melainkan akan masuk ke organ hati terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk ke pembuluh darah untuk diedarkan menjadi sumber energi.

Berbeda dengan fruktosa, glukosa justru ketika sudah masuk ke dalam tubuh tidak akan masuk ke organ hati terlebih dahulu. Melainkan langsung masuk ke pembuluh darah yang apabila anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan maka dapat membuat gula darah menjadi naik.

Untuk itulah pakar kesehatan lebih merekomendasikan makanan manis yang mengandung fruktosa ketimbang glukosa karena bisa menstabilkan gula darah dalam tubuh.

Daftar makanan yang mengandung fruktosa

Sumber makanan yang mengandung fruktosa kebanyakan berasal dari buah-buahan yang bisa anda lihat berikut ini.

Pisang, semangka, wortel, pepaya, apel, dan buah lainnya. Mereka semua memiliki rasa manis ketika dimakan, namun rasa manis itu lebih dominan fruktosa ketimbang glukosa.

Hal ini telah terbukti dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Itulah sebabnya jika anda makan-makanan yang manis dari buah tetap tidak akan membuat gula darah naik dengan mudah.

Sebab kandungan rasa manisnya itu lebih dominan atau setidaknya 50:50 antara glukosa dan fruktosa. Selain itu mengkonsumsi buah seperti pisang, semangka, atau melon dapat memberikan asupan nutrisi yang banyak bagi tubuh.

Buah-buahan tersebut mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin dan mineral. Kandungan potassium yang tinggi dalam buah juga sangat berguna sekali untuk menstabilkan tekanan darah agar tidak naik.

Dengan demikian kesehatan tubuh tetap dapat terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Ingin minum teh manis tanpa mencegah gula darah naik ? Ini caranya !

Teh manis sudah pasti menggunakan gula pasir atau gula batu yang secara umum itu adalah senyawa glukosa. Namun bagi anda yang sedang mengontrol gula darah agar tidak tinggi dapat menggunakan pemanis buatan yang asalnya dari gula jagung.

Sebut saja merk ternama seperti tropicana slim yang merupakan brand terkenal asal nutrifood. Pemanis buatan ini menggunakan fruktosa yang bisa memberikan rasa manis pada teh atau minuman lainnya tanpa membuat gula darah menjadi naik.

Gula jagung diperoleh dari proses pembuatan sirup jagung dan sudah tidak asing lagi menggunakan gula jagung sebagai tambahan pemanis pada makanan atau minuman saat ini.

Meskipun masih kontroversi, namun bagi anda yang ingin sekali minum atau makan dengan tambahan rasa manis. Sirup gula jagung yang lebih dominan fruktosa ini bisa menjadi alternatif terbaik ketimbang menggunakan glukosa langsung yang bisa meningkatkan gula darah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung fruktosa.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button