Artikel Kesehatan

Makanan yang Mengandung potassium tinggi

Rekomendasi makanan yang mengandung potassium tinggi. Salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah pottasium.

Potassium atau Kalium ini memegang peranan penting untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap normal. Selain itu potassium juga memiliki manfaat untuk mengangkut nutrisi ke dalam sel tubuh serta mendukung fungsi saraf dan otot yang sehat.

Angka kecukupan gizi yang dibutuhkan orang dewasa perharinya adalah 4,7 gram potassium. Namun sayang disayangkan bahwa banyak orang saat ini kekurangan asupan mineral penting ini.

Sehingga tidak heran jika penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi masih banyak saat ini. Sebab apabila tubuh mendapat asupan sodium yang tinggi namun tidak dibarengi dengan asupan potassium yang tinggi maka bisa menyebabkan tekanan darah tinggi tak terkendali.

Untuk itulah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi makanan yang mengandung potassium tinggi yang dapat anda konsumsi.

Rekomendasi Makanan yang Mengandung potassium tinggi

1. Pisang

Rekomendasi pertama sudah pasti adalah buah pisang yang memiliki lebih tinggi potassium dibanding buah pada umumnya.
Buah yang memiliki warna kulit kuning apabila sudah matang ini mengandung potassium sebesar 422 mg untuk ukuran sedang.

Sehingga tidak heran jika kebanyakan para dokter merekomendasikan buah pisang kepada para pasien yang sedang menderita tekanan darah tinggi.

2. Alpukat

Selain buah pisang, Alpukat bisa menjadi asupan potassium yang baik untuk mengendalikan tekanan darah anda supaya tidak tinggi.

Buah alpukat mengandung sumber vitamin K dan folat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tiap 100 gram buah alpukat mengandung 487 mg potassium.

Jadi apabila anda minum jus alpukat yang lezat dan segar ini setiap hari secara rutin maka bisa membantu menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kandungan mineral potassium atau yang disebut juga dengan Kalium ini mampu mengeluarkan sodium dalam tubuh.

Sehingga nutrisi ini menjadi komponen penting agar tubuh anda bisa merasa tetap enak setiap harinya. Keunggulan lain pada buah alpukat yaitu adanya kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang baik bagi metabolisme tubuh.

Buah alpukat ini memiliki kandungan ALA yang merupakan bagian dari omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama organ otak.

Jadi dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur maka akan ada banyak manfaat yang anda dapatkan karena mengandung nutrisi yang berlimpah.

3. Ubi

Siapa sangka makanan rakyat jelata yang harganya murah ini memiliki kandungan potassium yang tinggi. Di negara barat seperti eropa dan amerika telah menjadi trend populer bagi orang yang menjalani pola hidup sehat mengkonsumsi ubi jalar rebus.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsi ubi jalar ini. Untuk ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 541 mg potassium.

Selain mengandung tinggi kalium, ubi jalar yang rasanya manis ini juga memiliki kandungan lemak rendah. Sehingga tidak perlu khawatir karena makanan sehat ini tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Dan tidak kalah menariknya, ubi ini juga mengandung tinggi beta karoten yang merupakan pro vitamin A untuk kesehatan mata.

Apabila stok Wortel sedang langka atau harga tinggi, mengkonsumsi ubi jalar bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan nutrisi pro vitamin A.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung tinggi potassium atau kalium agar tubuh bisa tetap sehat dan selalu mendapatkan nutrisi yang cukup.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button