Artikel Kesehatan

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh. Siapa sangka jika buah yang mudah kita jumpai ini sepanjang tahun ternyata memiliki gizi yang tinggi.

Buah pepaya memang memiliki rasa manis yang lezat ketika dimakan. Meskipun demikian rasa manis dari buah pepaya ini tidak akan menyebabkan gula darah naik.

Sebab rasa manis dari pepaya ini berasal dari fruktosa yang tidak akan memicu gula darah dalam tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan secara klinis bahwa buah pepaya memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu 60.

Maka dari itu buah yang memiliki warna oranye pada bagian daging buahnya ini bisa memiliki manfaat kesehatan bagi kesehatan tubuh manusia.

Bagus untuk kesehatan mata

Seperti kita ketahui bersama bahwa sepasang mata kita selalu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, terutama vitamin A dan vitamin C.

Tiap 100 gram pepaya mengandung vitamin A yang memiliki angka kecukupan gizi sebesar 19 persen dan vitamin C 102 persen. Jadi hanya dari mengkonsumsi buah pepaya saja maka tubuh kita sudah bisa mendapatkan asupan mikro nutrisi penting ini yang diperlukan oleh tubuh.

Dengan mendapatkan nutrisi vitamin A dan vitamin C yang cukup setiap hari maka bisa menjaga kesehatan mata supaya tetap dapat melihat dengan baik.

Memiliki Antioksidan yang tinggi

Terjadinya radikal bebas dalam tubuh memang selalu menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia. Sebab radikal bebas bisa memicu terjadinya kanker ganas yang bisa merusak sel hingga organ tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur maka bisa menurunkan risiko terkena kanker akibat radikal bebas. Kandungan Vitamin C dan vitamin A yang ada pada buah pepaya juga bisa berfungsi sebagai antioksidan.

Senyawa asam askorbat atau Vitamin C ini bisa reaktif sekali menangkal radikal bebas dalam sel yang berair. Sedangkan kandungan beta karoten yang merupakan pro vitamin A dari buah pepaya ini bisa secara efektif menangkal radikal bebas dari tempa sel berlemak.

Selain itu kandungan senyawa yang bernama kandungan lycopene atau likopen juga memiliki sifat antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas.

Jadi memang tidak salah jika berbagai pakar kesehatan memang menyebut buah ini sebagai buah kesehatan yang sangat efektif untuk meningkatkan imun tubuh.

Anti Inflamasi

Peradangan memang bisa terjadi dalam tubuh manusia akibat berbagai faktor tanpa kita duga sama sekali. Sebagai contoh saat sembarangan makan yang tidak higienis atau makanan junk food yang mengandung tinggi pengawet dan pewarna buatan.

Buah pepaya yang anda makan mampu memberikan anti inlamasi atau anti peradangan yang bisa membuat tubuh tetap menjadi sehat selalu.

Kandungan karotenoid yang ada pada warna orange pada buah pepaya ini memiliki efek sebagai anti inflamasi alami yang baik bagi tubuh kita.

Merawat kulit supaya tetap sehat

Tentunya setiap orang terutama kaum Hawa ingin memiliki kulit yang mulus dan bersinar. Untuk bisa mendapatkan kulit mulus dan bersinar maka tentunya butuh perawatan secara teratur.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah pepaya ini maka bisa secara efektif memberikan pemeliharaan alami untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kandungan asam askorbat dan likopen dalam pepaya dapat melindungi kulit serta membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Jadi dengan kata lain apabila anda makan buah pepaya secara teratur setiap hari dapat membuat tubuh terutama kulit menjadi awet muda.

Nah, itulah beberapa manfaat buah pepaya yang bisa anda dapatkan apabila mengkonsumsinya secara teratur.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button