Artikel Kesehatan

Manfaat minyak ikan untuk suplemen otak terbaik

Manfaat minyak ikan untuk suplemen otak terbaik. Salah satu nutrisi yang paling diperlukan otak bagi kesehatan adalah asam lemak tak jenuh ganda omega 3. Namun sayangnya kandungan ini hanya sedikit ditemukan pada buah dan sayur.

Orang yang jarang makan ikan atau hewan laut, biasanya akan kekurangan asupan omega-3 yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh terutama otak.

Baca juga : Inilah Manfaat Buah Zaitun Untuk Kecantikan

Sebab kandungan omega-3 hanya ada banyak jika kita makan-makanan seafood atau bisa juga dari ikan tawar seperti ikan lele. Sedangkan orang yang jarang makan ikan sama sekali dapat dipastikan kalau kekurangan asupan nutrisi omega-3.

Nah, solusi terbaiknya yaitu dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur agar tubuh kita bisa tetap mendapat nutrisi omega-3 meskipun jarang makan ikan.

Manfaat minyak ikan untuk suplemen otak terbaik

1. Mencegah pikun

Dengan semakin bertambahnya usia maka kemampuan otak kita juga pastinya lambat laun akan terjadi penurunan. Konsumsi minyak ikan yang cukup setiap hari secara teratur dapat mencegah otak kita menjadi pikun.

Memang tidak dapat mencegah 100 persen dalam menjaga kinerja otak. Namun dengan asupan omega-3 yang ada pada minyak ikan dapat memperlambat terjadinya penuaan dini pada otak.

Sama seperti perawatan kulit yang jika ingin selalu terlihat mulus tanpa ada keriput pada usia 40 tahun keatas maka harus mendapat asupan vitamin C dan E yang cukup setiap hari.

Demikian juga otak, apabila anda tidak ingin menjadi pikun pada usia 40 tahun keatas, maka pastikan kalau otak anda mendapat asupan omega-3 yang cukup setiap hari.

2. Mengurangi Risiko terkena ADHD pada anak

Hiperaktif pada anak seringkali dapat terjadi karena perkembangan otak yang tidak normal pada otaknya. Hal ini bisa terjadi karena sewaktu mengandung kekurangan asupan omega-3, sehingga pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi tidak sempurna.

3. Regenerasi Neuron otak

Tahukah anda kalau miliaran neuron di otak kita setiap harinya ada yang mati ? Hal ini sangat umum terjadi pada orang normal karena umur neuron otak terhitung pendek dan memang pasti akan mati.

Nah, neuron otak yang mati tersebut tentunya harus diganti dengan neuron baru yang tentunya membutuhkan peran serta asupan omega-3.

Lahirnya neuron-neuron baru ini memang terjadi secara alami dalam sepanjang hidup manusia untuk menggantikan neuron yang telah mati. Dan tugas kita adalah memastikan lahirnya neuron baru tersebut dengan memberi asupan nutrisi omega-3 yang cukup.

4. Menjaga kesehatan mental

Munculnya gejala gangguan mental yang berhubungan dengan fungsi otak dapat kita minimalisir dengan pemberian nutrisi asam lemak tak jenuh ganda omega 3.

Anda bisa mendapatkan asupan omega-3 berkualitas dari minyak ikan yang biasa ditemukan dalam bentuk kapsul yang berwarna kuning keemasan tersebut.

5. Menghindari gejala depresi

Gejala depresi memang dapat timbul karena banyak hal, namun yang pasti itu masih terkait dengan kesehatan otak. Fungsi otak yang tidak normal karena kekurangan nutrisi penting seperti EPA dan DHA dapat membuat orang itu menjadi depresi berat.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sedang mengalami depresi selalu dikaitkan dengan kadar omega-3 yang rendah dalam darah.

Hasil penelitian juga telah membuktikan bahwa pemberian asupan omega-3 yang berasal dari minyak ikan dapat memperbaiki gejala depresi secara signifikan.

Kandungan EPA dan DHA yang masih termasuk golongan senyawa dari omega-3 dapat berperan aktif untuk pemeliharaan otak agar selalu bisa berfungsi normal.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button