Artikel Kesehatan

Manfaat polifenol pengertian dan efeknya bagi tubuh

Manfaat polifenol pengertian dan efeknya bagi tubuh. Polifenol adalah kelompok zat kimia yang sering ditemukan pada tumbuhan. Seperti sayuran, buah-buahan, daun teh, kacang kacangan dan masih banyak lagi.

Warna pada tumbuhan juga dipengaruhi Polifenol. Seperti warna oranye, merah, biru, ungu pada daun, bunga dan buah.
Polifenol menjadi subjek yang menarik bagi kalangan peneliti dan dunia kesehatan sampai saat ini.

Senyawa ini menjadi menarik untuk diteliti karena manfaatnya yang dapat memberikan kontribusi bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini juga menjelaskan mengenai orang yang rajin makan buah dan sayur biasanya menjadi lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak.

Setidaknya itulah pengertian polifenol secara sederhana. Karena jika anda pelajari lebih dalam lagi, polifenol punya banyak macam yang jumlahnya mencapai ribuan. Tetapi untuk mempermudah biasanya dibagi menjadi 4 kategori utama yaitu flavonoids, lignans, stilbenes, asam fenolat.

Jadi jika anda menyebut polifenol / polyphenols maka yang dimaksud adalah senyawa-senyawa itu. Karena ke empat senyawa itu masih termasuk golongan polifenol.

Manfaat Polifenol

Bicara tentang manfaat polifenol berarti membicarakan tentang antioksidan. Tetapi ketika membicarakan tentang antioksidan, kita biasanya jarang menyebut kata polifenol.

Itu karena mikronutrisi seperti vitamin A dan Vitamin C juga sudah bisa berfungsi menjadi antioksidan.

Kemudian muncul pertanyaan :

Jika vitamin C saja sudah bisa berfungsi menjadi antioksidan, lalu kenapa kita masih membutuhkan polifenol untuk antioksidan juga ?

Jawabannya adalah karena dengan menggabungkan vitamin C dan polyphenol, maka akan menghasilkan level antioksidan yang lebih tinggi.

Kita tentunya tidak ingin sampai terjadi kalau ada proses oksidasi yang terlewatkan atau tidak segera ditangani oleh zat antioksidan.

Jadi menggabungkan mikronutrisi seperti vitamin A, C dengan polifenol akan jauh lebih aman bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Polifenol bagi kesehatan

1. Kesehatan Otak

Konsumsi makanan yang mengandung polifenol dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer, serta melawan tanda-tanda demensia.

Demensia merupakan kumpulan penyakit seperti gangguan memori jangka pendek, gangguan kemampuan berbicara dan gangguan kemampuan berpikir.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung polifenol secara teratur telah terbukti dapat menjaga otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

2. Kesehatan Kulit

Polifenol yang berfungsi menjadi antioksidan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Paparan sinar UV matahari bisa mengakibatkan kerusakan kulit seperti kulit keriput karena penuaan dini dan bahkan kanker kulit.

Untuk melindungi kulit dari dalam tubuh kita membutuhkan makanan tinggi antioksidan yang mengandung polifenol. Manfaat polifenol bagi kulit akan terlihat lebih sehat dan bercahaya.

3. Menjaga kadar gula darah

Polifenol terutama yang sumber makanannya dari buah beri seperti strawberry dan blueberry, mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Diet polifenol secara teratur sangat menguntungkan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Karena polifenol khususnya flavonoid dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sumber makanan lain yang juga mengandung flavonoid antara lain apel, anggur, brokoli dan teh hijau.

4. Kesehatan Jantung

Ketika anda memutuskan untuk melakukan diet polifenol secara teratur, seperti mengkonsumsi buah dan sayur. Maka manfaat yang didapat selain antioksidan adalah kesehatan jantung.

Senyawa polifenol mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Sirkulasi darah menjadi lebih lancar seperti dibagian kapiler dan arteri. Ini artinya jantung anda bisa memompa darah dengan lancar tanpa hambatan.

Selain itu beberapa macam polifenol juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Sehingga tidak heran jika diet polifenol membawa manfaat bagi kesehatan jantung jangka panjang.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button