Artikel Kesehatan

Manfaat protein bagi tubuh untuk building block

Manfaat protein bagi tubuh untuk building block, pemeliharaan dan untuk meningkatkan masa otot. Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan pemeliharaan.

Protein merupakan komponen struktur utama dari semua sel didalam tubuh, termasuk rambut, kulit dan otot. Makro nutrisi ini mempunyai banyak fungsi vital bagi tubuh kita, seperti untuk perbaikan sel, sistem kekebalan tubuh, untuk membentuk sel-sel darah, dan juga terlibat dalam pembentukan hormon, enzim, dll.

Jadi pada intinya asupan nutrisi protein adalah kebutuhan pokok bagi tubuh kita. Tidak bisa kita mengkonsumsi hanya dari karbohidrat saja tanpa mengkonsumsi protein.

Dengan kata lain karbohidrat dan protein tidak bisa anda pilih karena keduanya sumber makro nutrisi penting yang harus ada setiap harinya.

Protein terdiri dari bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut dengan Asam amino.

Setidaknya Ada sembilan asam amino dasar yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita, sehingga mau tidak mau harus diperoleh dari makanan.

Ke 9 asam amino esensial itu adalah sebagai berikut :

1) Threonin (Threonine)
2) Methionin (Methionine)
3) Phenilalanin (Phenylalanine)
4) Histidin (Histidine)
5) Lisin (Lysine)
6) Valin (Valine)
7) Isoleusin (Isoleucine)
8) Leusin (Leucine)
9) Triptofan (Tryptophan)

Nah, selain kesembilan asam amino tersebut, masih ada lagi asam amino lainnya yang bukan esensial tetapi akan lebih baik jika anda tetap mengkonsumsinya.

Ada sebelas asam amino yang bisa disintesis tubuh kita, sehingga sering disebut asam amino non esensial.

Ke 11 asam amino non esensial itu adalah :

1) Alanin (Alanine)
2) Asam Aspartat (Aspartic Acid)
3) asparagine
4) Asam Glutamat (Glutamic Acid)
5) Serin (Serine)
6) Arginin (Arginine)
7) Sistein (Cysteine)
8) Glisin (Glycine)
9) Glutamin (Glutamine)
10) Prolin (Proline)
11) Tyrosin (Tyrosine)

Sumber Protein

Sumber protein bisa didapat dari daging hewan atau kacang-kacangan. Nutrisi protein yang berasal dari tanaman atau berbagai jenis olahannya disebut protein nabati. Nutrisi protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani.

Sumber protein nabati : Tahu, tempe, kacang kedelai, kacang polong, dll.

Sumber protein hewani : Daging sapi, daging ayam, ikan, telur, susu, dll.

Yang perlu diperhatikan saat menentukan pilihan adalah kandungan nutrisi lain yang terdapat pada sumber makanan. Contoh, anda bisa dapatkan ± 22 gram protein dari 100 gram ikan salmon dengan kandungan asam amino esensial yang lengkap. Tetapi masih ada kandungan nutrisi lain pada salmon seperti asam lemak tak jenuh omega 3 yang tinggi.

Sedangkan kacang polong yang termasuk protein nabati juga mengandung 9 asam amino esensial yang lengkap. Tetapi total kandungan protein nya lebih rendah dari salmon. Dari 100gram kacang polong hanya mengandung ± 5,4 gram protein. Sedangkan asam lemak tak jenuh nya hanya 0,1 gram atau hampir tidak ada sama sekali.

Manfaat protein bagi tubuh

Manfaat protein bagi tubuh yang utama adalah sebagai building block. Seperti kita ketahui bahwa tubuh kita mengalami pertumbuhan dan butuh pemeliharaan secara berkala.

Mulai dari organ dalam hingga pada bagian luar seperti rambut, kulit dan lainnya membutuhkan protein untuk bisa meregenerasinya.

Protein juga bisa bermanfaat sebagai sumber energi apabila tubuh sedang dalam keadaan kekurangan karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, namun jika sewaktu-waktu kekurangan maka tubuh bisa menyedotnya dari lemak maupun protein.

Untuk anda yang sudah punya otot besar dan ingin tetap demikian maka sebaiknya cukupi asupan protein serta nutrisi lainnya setiap hari.

Sebab jika sampai kekurangan nutrisi maka tubuh akan mulai mengambil protein dari otot sebagai energi cadangan.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button