Artikel Kesehatan

Rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan

Rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan supaya cepat sembuh. Setiap orang tentunya memiliki resiko terkena radang tenggorokan yang bisa membuat demam atau badan menjadi terasa tidak enak.

Apabila anda memiliki aktivitas yang tinggi tentunya akan merasa tidak nyaman akan radang tenggorokan ini. Sebab tubuh menjadi tidak enak dan menjadi lebih sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan jika dibiarkan saat sedang radang tenggorokan ini dapat membuat waktu telan menjadi sakit. Maka dari itu anda perlu melakukan pencegahan sedini mungkin dengan berpantang makanan seperti gorengan agar bisa cepat sembuh.

Nah, buat anda yang sedang bingung dengan menu makanan apa yang paling pas agar radang tenggorokan bisa tidak tambah parah. Silahkan simak beberapa rekomendasi makanan terbaik yang bisa membuat tenggorokan supaya bisa cepat sembuh.

Rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan

1. Sup ayam

Makanan gorengan sudah tentu harus anda hindari apabila sedang mengalami radang tenggorokan. Maka dari itu solusi pengganti menunya adalah makanan berkuah seperti sup ayam.

Hampir segala makanan berkuah seperti kuah jauh lebih bersahabat dengan tenggorokan yang sedang radang. Makanan yang disajikan dengan hangat ini dapat memiliki sifat anti radang yang justru bisa membuat tenggorokan menjadi cepat sembuh.

Selain anti radang, gizi sup ayam juga terbilang tinggi yang baik bagi nutrisi tubuh. Kandungan protein yang tinggi pada daging ayam dapat mencukupi angka kecukupan gizi harian anda.

2. Buah Pisang

Apabila radang tenggorokan sudah parah maka biasanya memang menjadi lebih sulit ketika ingin menelan makanan. Untuk itulah buah pisang bisa menjadi makanan yang tepat untuk anda konsumsi apabila sedang menderita radang tenggorokan.

Tekstur yang lembut pada buah berkulit kuning ini memang bisa membuat tenggorokan terasa nyaman ketimbang makanan lainnya.

Dan perlu anda ketahui juga bahwa buah pisang ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineralnya mampu memberikan sistem imun tubuh supaya lebih kuat lagi.

Kadar potassium yang tinggi pada buah pisang juga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Selain itu ada juga kandungan vitamin C, dan B6 yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan lebih cepat.

3. Telur rebus

Makan telur rebus sewaktu radang tenggorokan juga bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika ingin menelan makanan. Kandungan gizi telur juga terbilang sangat tinggi, terutama asam amino yang lengkap serta kandungan omega-3 yang baik untuk otak.

Jauh lebih disarankan agar anda mengolah telur tersebut dengan cara merebusnya ketimbang menggorengnya. Sebab jika telur goreng maka justru bisa memperparah radang tenggorokan.

Maka dari itu sebaiknya anda mengkonsumsi telur rebus tanpa tambahan bumbu yang macam-macam agar saat menelannya tidak terasa sakit.

4. Jahe

Tanaman herbal yang bernama Jahe ini sudah terkenal manjur sekali dalam menyembuhkan radang tenggorokan. Cara mengkonsumsi jahe terbaik sudah pasti dengan cara menyeduhnya dengan air hangat.

Dengan meminumnya secara perlahan maka tenggorokan akan terasa lebih enak dan bisa cepat sembuh. Disarankan untuk meminumnya hingga beberapa kali agar radang tenggorokan bisa cepat sembuh.

Dan perlu anda ketahui juga bahwa agar khasiat jahe bisa lebih ampuh dalam menyembuhkan radang tenggorokan maka sebaiknya tidak perlu menambahkan gula sama sekali.

Sebab apabila diberi gula maka rasa manis itu dapat membuat tenggorokan menjadi gatal yang bisa memperparah keadaan tenggorokan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan yang bisa anda konsumsi.

Facebook Comments

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button