Depan Artikel Kesehatan 5 Cara Menghitamkan Rambut Beruban Dengan Bahan Alami

5 Cara Menghitamkan Rambut Beruban Dengan Bahan Alami

8 min read
0
225
5 Cara Menghitamkan Rambut Beruban Dengan Bahan Alami

Menghitamkan rambut beruban dengan cara yang alami memang jauh lebih aman di bandingkan menggunakan bahan kimia. Apalagi jika dibandingkan dengan menggunakan pewarna rambut yang justru dalam jangka panjang akan menyebabkan rambut menjadi rusak, tentu saja cara alami cenderung menjadi pilihan banyak orang. Namun tidak semua orang tahu caranya atau minimal tidak punya waktu untuk melakukannya. Sehingga kebanyakan mereka lebih memilih cara-cara yang instan dan mudah meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Baca juga : Mengatasi Rambut Uban Di Usia Muda

Padahal tidak selamanya menghitamkan rambut dengan bahan-bahan alami itu sulit di lakukan. Faktanya ada banyak sekali bahan yang bisa anda gunakan untuk menghitamkan rambut secara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan apapun. Berikut ini kami berikan 5 cara mudah menghitamkan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya akan bisa anda rasakan hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan.

1. Menggunakan Kemiri

Kemiri sudah sejak lama di kenal sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat ampuh untuk membuat rambu menjadi lebih hitam dan tebal. Orang-orang tua zaman dulu biasanya menggunakan kemiri yang di bakar untuk melukis alis dan melumasi rambut agar menjadi lebih tebal dan hitam.

Setelah di lakukan penelitian, ternyata kemiri memang memiliki kandungan fosfor dan berbagai mineral penting yang mampu merangsang produksi pigmen pada rambut. Selain itu kandungan asam protein pada kemiri juga mampu membuat rambut menjadi lebih subur dan tebal.

Cara menggunakan kemiri untuk menghitamkan rambut pun cukup mudah, Anda bisa mengekstrak minyaknya dengan cara memasak kemiri kemudian menumbuknya. Cara memasak yang terbaik adalah dengan di sangrai yaitu memasak tanpa minyak.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghitamkan rambut beruban secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun atau dikenal juga dengan nama olive oil. Di dalam minyak zaitun terdapat nutrisi seperti vitamin E dan mineral yang dibutuhkan untuk rambut agar menjadi lebih sehat. Minyak Zaitun juga mengandung antioksidan yang bisa membantu rambut memproduksi sel-sel yang baru sehingga rambut bisa menjadi lebih hitam.

Selain itu minyak zaitun juga bagus sebagai pelembab alami yang bisa menjaga kelembapan rambut, terutama untuk mengatasi rambut yang kering dan sering patah diujungnya. Saat ini minyak zaitun sangat mudah didapatkan di toko-toko herbal dengan harga yang cukup terjangkau. Pemakaian minyak zaitun bisa dilakukan secara rutin 1-2 kali sehari dengan cara dibalurkan langsung ke rambut lalu didiamkan.

3. Menggunakan Merang Padi

Di era modern ini telah banyak di kembangkan berbagai produk shampoo dan perawatan rambut yang terbuat dari ekstrak merang padi. Hal ini wajar mengingat khasiatnya yang sangat ampuh untuk menghitamkan dan menguatkan rambut.

Anda pun bisa menggunakan merang padi untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah. Ambillah beberapa ikat merang padi, kemudian bakar hingga menjadi abu yang berwarna hitam. Ambillah abunya kemudian masukkan ke dalam wadah terpisah. Masukkan air bersih sebanyak 1-2 gelas. Ambil 2 buah jeruk nipis kemudian peras airnya ke dalam air merang padi tadi. Diamkan selama semalam suntuk.

Besok paginya anda bisa menggunakan ramuan ini untuk keramas. Atau anda juga bisa menggunakannya sebagai masker. Caranya dengan mengoleskan ramuan merang pandai secara merata pada seluruh bagian rambut anda kemudian bungkus dengan handuk yang telah di basahi air hangat. Biarkan selama 1-2 jam kemudian bilas dengan air bersih.

4. Minyak Cem-ceman

Bahan alami untuk menghitamkan rambut beruban selanjutnya adalah minyak cem-ceman. Mungkin Anda masih sedikit asing dengan namanya, tapi minyak herbal ini merupakan salah satu produk penghitam rambut yang sudah banyak pemakainya.

Minyak cem-ceman berisi bahan-bahan alami seperti ekstrak kemiri dan minyak kelapa, yang mana keduanya sudah terkenal khasiatnya dalam menghitamkan dan menyuburkan rambut. Minyak cem-ceman bisa didapatkan dengan mudah di tokok obat herbal, biasanya dikemas dalam botol kecil. Cara penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan dioleskan pada bagian rambut yang beruban atau bisa juga dipakai secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Menggunakan Biji Pepaya

Biji pepaya yang selama ini selalu kita masukkan ke dalam tong sampah ternyata juga memiliki khasiat yang tidak kalah ampuh dalam menghitamkan rambut. Di dalam biji pepaya terkandung senyawa bernama glucoside, karparin, dan cacirin yang merupakan senyawa pigmen yang mampu membuat rambut anda menjadi lebih hitam. Cara menggunakannya hampir sama dengan kemiri. Untuk membuat ramuan biji pepaya, ambillah biji pepaya secukupnya kemudian di sangrai hingga kering. Setelah itu tumbuk biji pepaya hingga halus. Campurkan dengan air hangat lalu gunakan sebagai masker rambut selama 1-2 jam. Setelah itu bersihkan dengan membilasnya menggunakan shampoo.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Syariah Terbaik 2019 Itu ..

Allianz Syariah, Terpilih kembali menjadi Asuransi Syariah Terbaik untuk Kategori Asuransi…