Depan Artikel Kesehatan 5 Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

5 Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

7 min read
0
82
5 Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

Banyak orang yang beranggapan bahwa Sarapan Pagi hanya akan membantu meningkatkan berat badan dan membuat mareka cepat mengantuk saat sedang beraktifitas, sehingga mereka memilih untuk melewatkan Sarapan Pagi. Padahal itu semua hanyalah Mitos tenatng Sarapan di Pagi Hari yang banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Sarapan dengan Teratur, yang terpenting pintar memilih Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan aman dikonsumsi.

Baca juga : Manfaat makan telur setiap hari yang harus diketahui

Inilah 5 Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

Selain itu, beredar berbagai Mitos Seputar Sarapan Pagi yang mempengaruhi masyarakat dengan begitu kuat hingga masyarakat enggan untuk membiasakan diri Sarapan Pagi, berikut beberapa Mitos tentang Sarapan Pagi yang harus anda ketahui.

  1. Menurunkan berat badan

Mitos ini tidak sepenuhnya salah, salah satu manfaat dari Sarapan Pagi adalah dapat membantu menurunkan berat badan anda, karena Sarapan Pagi akan membantu melancarkan metabolisme tubuh anda. Namun manfaat ini hanya bisa anda dapatkan dengan melakukan olahraga teratur sebagai penyeimbang asupan makanan yang anda peroleh setiap pagi.

  1. Asupan nutrisi utama, hingga makan siang dan makan malam tidak lagi dibutuhkan.

Anggapan ini aneh, bagaimana bisa hanya dengan Sarapan Pagi seseorang tidak lagi merasakan lapar atau tidak membutuhkan makan siang dan makan malam, padahal ia melakukan berbagai aktifitas sehari penuh yang tentu membutuhkan tambahan energi yang tidak sedikit. Makan siang dan malam mempunyai perannya sendiri yang tidak bisa digantikan oleh Sarapan, karena tubuh akan mencerna makanan selama 8 jam, setelah itu tubuh membutuhkan tambahan nutrisi lain yang harus dipenuhi, jika tidak maka tubuh anda tidak akan bekerja dengan maksimal.

  1. Dapat membakar Kalori di tubuh dengan cepat

Pernyataan ini harus segera diperbaiki, karena yang menjadikan kalori dalam tubuh cepat terbakar adalah semangat pagi dalam menjalankan aktifitas yang berasal dari cukupnya nutrisi pada pagi hari. Jadi, seseorang yang rutin Sarapan Pagi biasanya memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan berbagai kegiatannya, sehingga pembakaran kalori berlangsung dengan lebih cepat. Sedangkan seseorang yang jarang Sarapan di Pagi hari akan menyebabkan metabolisme tubuhnya melambat dan pembakaran kalori pun semakin lambat.

  1. Menyebabkan anda mengantuk

Mitos ini ada benarnya juga, sebab seseorang yang saat sarapan mengkonsumsi makanan-makanan berat dengan jumlah yang banyak akan lebih cepat mengantuk, karena kondisi tubuh yang terlalu kenyang. Oleh karena itu, anda harus pintar memilih Menu Sarapan Pagi yang sehat dan tidak menyebabkan aktifitas anda terhenti.

  1. Mampu meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi anda tidak akan langsung meningkat akibat Rutin Sarapan Setiap Pagi, namun dengan Sarapan Pagi, akan mengurangi rasa lapar anda di waktu-waktu produktif untuk bekerja, seperti jam 09.00 atau 10.00. Rasa laparlah yang sebenarnya mengganggu konsentrasi anda, jadi biasakanlah Sarapan pada Pagi hari, agar pekerjaan anda bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Itulah 5 Mitos dan Fakta tentang Sarapan di pagi hari yang banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat. Namun, seperti yang disebutkan di awal ulasan tadi, Sarapan yang Sehat adalah Sarapan yang menyajikan menu-menu tertentu dan tidak terlalu berat. Ada beberapa menu yang dapat anda jadikan referensi untuk Sarapan Pagi Berkualitas, di antaranya: gandum utuh (seperti granola, muesli, dan seral), makanan berprotein tinggi (telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan), susu rendah lemak (yoghurt, susu yang tidak mengandung lemak, atau keju rendah lemak), sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi langsung saat sarapan.

Menu Sarapan Sehat ini dapat anda kombinasikan antara satu dengan yang lainnya, seperti mencampur smoothies dengan sereal dan kacang-kacangan, atau membuat sereal yang ditaburi buah-buahan segar, serta ditambah dengan segelas susu. Untuk pecinta kopi, jangan khawatir, anda boleh meminum kopi pada pagi hari tetapi setelah sarapan agar dapat menghindari iritasi lambung. Selain itu, berusahalah untuk menghindari makanan instan atau makanan siap saji, karena makanan tersebut biasanya memiliki kandungan gula atau garam yang sangat tinggi, sehingga Program Hidup Sehat anda tidak bisa berjalan dengan lancar. Dan satu hal lagi, atur porsi makan anda, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Pengertian Surplus Underwriting Dalam Asuransi Syariah

Surplus underwriting adalah selisih lebih antara dana tabarru’ yang digunakan untuk menang…