Depan Artikel Kesehatan 5 Pelembab Alami Untuk Kulit Kepala

5 Pelembab Alami Untuk Kulit Kepala

8 min read
0
160
5 Pelembab Alami Untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering Dan Ketombe

Pelembab alami kita butuhkan untuk mengatasi berbagai masalah bisa saja muncul ketika Anda memiliki jenis kulit kepala yang kering. Mulai dari ketombe, rambut kusam, bahkan yang paling parah juga dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Kulit kepala yang kering memang bukanlah masalah yang bisa Anda sepelekan. Anda perlu melakukan beberapa tindakan perawatan khusus untuk mengurangi dampak buruk yang akan di timbulkannya di kemudian hari.

Baca juga : 5 Bahan Alami Untuk Menumbuhkan Rambut Yang Rontok

Mengatasi kulit kepala yang kering bisa dengan pelembab alami, jadi tidak selamanya harus di lakukan dengan obat-obatan atau mengunjungi dokter spesialis yang memiliki tarif mahal. Tentu saja bagi sebagian orang terasa berat jika harus mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk mengatasi permasalahan kulit kepala yang kering. Solusinya, Anda bisa menggunakan cara-cara alami yang sudah terbukti ampuh namun tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sebenarnya sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

5 Pelembab Alami Untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering Dan Ketombe

Berikut ini kami akan memberikan kepada Anda tips mengenai 5 pelembab alami yang dapat mengatasi permasalahan kulit kepala kering yang Anda alami:

1. Madu Murni dan Minyak Zaitun

Bahan alami untuk mengatasi kulit kepala kering dan berketombe yang pertama adalah madu. Madu sudah sejak lama di kenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Madu yang di campurkan dengan minyak zaitun terbukti mampu mengurangi kekeringan yang terjadi pada kulit kepala.

Cara menggunakannya adalah dengan menghangatkan 5 sendok minyak zaitun kemudian campurkan dengan 2 sendok madu murni. Setelah di aduk rata, balurkan pada seluruh bagian kepala sambil di pijat-pijat dengan lembut. Biarkan hingga meresap selama 15 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menggunakan shampoo herbal yang lembut.

2. Sari Lemon

Sari lemon juga bisa jadi bahan alami untuk mengatasi kulit kepala yang kering dan berketombe. Di dalam sari lemon terkandung khasiat yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul akibat kulit kepala yang kering. Caranya adalah dengan memeras lemon hingga di dapatkan sarinya. Ratakan cairan ini ke seluruh bagian kulit kepal sambil di pijat-pijat dengan lembut.

Lakukan terapi ini 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini juga di percaya mampu membasmi ketombe yang sering muncul pada orang yang memiliki jenis kulit kepala yang kering. Dengan melakukan terapi ini secara rutin, ketombe akan segera hilang dari kepala Anda.

3. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa atau Coconut Oil juga telah di kenal sejak lama memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Ternyata minyak ini juga memiliki khasiat yang sama baiknya untuk mengatasi masalah kekeringan pada kulit kepala. Minyak kelapa mampu mengikat oksigen yang ada di udara dan mengikatnya di lapisan kulit, sehingga mampu menjaga kulit tetap lembap.

Cara menggunakannya adalah dengan menghangatkan minyak kelapa secukupnya kemudian gunakan untuk memijat-mijat kulit kepala secara merata. Lakukan terapi ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Jika dilakukan secara rutin, perawatan dengan menggunakan minyak kelapa ini tak hanya mengatasi masalah kulit kepala kering dan berketombe saja, akan tetapi juga bisa membuat rambut menjadi lebih hitam dan subur.

4. Tea Tree Oil

Bahan alami untuk melembapkan kulit kepala yang kering dan berketombe selanjutnya adalah Tea Tree Oil. Minyak dari ekstrak tanaman Tea Tree yang berasal dari Australia ini sudah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit sepeti jerawat dan gatal. Nah untuk rambut kering Tea Tree ini juga bisa digunakan.

Tea Tree Oil memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya serangan bakteri penyebab infeksi. Selain itu tea tree oil juga ampuh untuk mengusir ketombe yang membandel. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok tea tree oil dengan air dingin. Kemudian gunakan untuk membilas kepala setelah Anda keramas, diamkan kepala Anda hingga mengering dengan sendirinya.

Dalam menggunakan Tea Tree sebaiknya Anda harus menguji dulu apakah Anda cocok atau memiliki alergi. Coba dulu gunakan sedikit pada punggung tangan, tunggu sebentar dan lihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi alergi seperti rasa gatal atau panas maka pemakaian bisa dilanjutkan, tapi jika terjadi reaksi alergi sebaiknya Anda hentikan penggunaan Tea Tree ini.

5. Cuka Apel

Bahan alami terakhir untuk mengatasi kulit kering dan ketombe yang terakhir adalah sari cuka apel. Cuka apel sangat baik di gunakan sebagai conditioner alami yang mampu menjaga kelembaban kulit kepala. Selain itu cuka apel juga berkhasiat untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lembut. Gunakan cuka apel sebagai pelembab jika Anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Anda bisa menghentikan terapi ini jika kulit kepala Anda yang kering sudah menjadi normal kembali.

Demikian penjelasan mengenai 5 pelembab alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kepala yang kering. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Syariah Terbaik 2019 Itu ..

Allianz Syariah, Terpilih kembali menjadi Asuransi Syariah Terbaik untuk Kategori Asuransi…