Depan Artikel Kesehatan 5 tips sederhana membantu mengatasi diabetes

5 tips sederhana membantu mengatasi diabetes

8 min read
0
302
5 tips sederhana membantu mengatasi diabetes

Banyak orang beranggapan mengatasi penyakit diabetes tidak mudah untuk dilakukan, dengan 5 tips sederhana berikut akan membantu Anda menjaga kesehatan Anda serta mengatasi semua kecemasan Anda tentang diabetes.

Baca juga : 4 hal yang sering keliru tentang diabetes tipe 2

Hampir 14% orang Indonesia didiagnosis dengan pra-diabetes, suatu kondisi di mana kadar glukosa darah meningkat dan berpotensi mengembangkan diabetes dalam 5-10 tahun mendatang. Namun, hampir 64% penderita diabetes tidak tahu mereka sakit. Tingkat ini di negara-negara maju adalah 20 – 30%.

5 tips sederhana membantu mengatasi diabetes

Anda dapat membalikkan status pradiabetes Anda dan menghilangkan kekhawatiran diabetes Anda dengan tips sederhana ini:

  1. Mulai makan dengan saus salad sayuran

Para peneliti di Arizona State University telah menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 atau pradiabetes memiliki kadar gula darah lebih rendah jika mereka mengkonsumsi sekitar 2 sendok teh cuka sebelum makan gula. Cuka mengandung asam asetat, yang menonaktifkan beberapa enzim pencernaan pati yang memperlambat pencernaan karbohidrat. Bahkan, efek cuka mungkin mirip dengan efek obat acarbose (Precose). Alih-alih memulai dengan hidangan utama, Anda dapat mulai makan dengan salad 2-3 sdm cuka, 2 sendok makan minyak biji rami, 1 sendok makan bawang putih cincang, 1/4 sendok teh madu. Sendok yogurt, garam dan lada hitam.

  1. Berjalan sebisa mungkin

Olahraga teratur selama sekitar 4 jam seminggu, atau 35 menit sehari, dapat mengurangi risiko diabetes. Ini adalah hasil penelitian oleh para ahli Finlandia. Namun, ini bukan satu-satunya studi yang menunjukkan hubungan antara diabetes dan olahraga.

Nurses ‘Health Study, sebuah kelompok penelitian terkenal tentang faktor risiko untuk penyakit kronis pada wanita, menemukan bahwa wanita yang rutin berolahraga, berkeringat lebih dari sekali seminggu memiliki dapat mengurangi risiko diabetes hingga 30%.

Lebih banyak penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin pada sel Anda. Insulin membantu gula darah bergerak ke sel di mana energi dan nutrisi dibutuhkan.

  1. Prioritaskan makanan yang bisa menurunkan gula darah

Tidak hanya kontrol gula darah yang efektif, apakah Anda tahu bahwa diet tinggi sereal yang diperkaya juga dapat membantu mengurangi insiden kanker payudara, tekanan darah tinggi dan stroke?

Ketika membeli sereal, Anda harus memprioritaskan mereka yang memiliki kandungan serat tinggi dan kadar glukosa darah lebih rendah dari 55, menyediakan setidaknya 5g serat per porsi. Anda juga harus melihat label nutrisi pada label. Hindari biji-bijian olahan. Ini dapat ditambahkan ke gula, lemak dan kolesterol jahat.

Juga, daripada makan camilan sehat seperti kentang goreng, permen, kue kering … Anda harus makan sayuran hijau, buah atau kacang. Suplemen diet yang dirancang khusus untuk penderita diabetes juga merupakan pilihan yang harus Anda pertimbangkan.

Suplement dengan kromium picolinate dan indeks glikemik rendah, terbukti secara klinis untuk mengontrol glukosa darah, dan suplemen nutrisi untuk pasien diabetes. Suplement untuk penderita diabetes juga harus memenuhi rekomendasi dari American Diabetes Association (ADA) dan pedoman European Dietetic Association (EASD) untuk nutrisi yang tepat bagi penderita diabetes.

Gunakan suplement makanan sebagai bagian dari diet yang dikontrol kalori untuk menghindari bertambahnya berat badan jika Anda memiliki BMI sehat atau turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas.

  1. Tidur nyenyak

Penelitian Yale University terhadap 1.709 pria menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam sehari dua kali lebih mungkin menderita diabetes dibandingkan mereka yang tidur cukup nyenyak. Orang yang tidur terlalu banyak, lebih dari 8 jam sehari, juga memiliki peningkatan risiko diabetes tiga kali lipat.

Menurut para ahli, alasannya adalah karena sistem saraf Anda akan selalu waspada jika Anda tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ini akan memblokir aktivitas hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur gula darah. Studi lain oleh Columbia University menemukan bahwa tidur kurang dari 5 jam sehari menggandakan risiko tekanan darah tinggi. Untuk tidur malam yang nyenyak, hindari minum teh atau kopi di malam hari, tidak tidur nyenyak untuk waktu yang lama, makan dengan baik atau berolahraga pada waktu tidur.

  1. Jauhi daging merah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada 2013 menemukan hubungan antara diet daging merah tinggi dan diabetes. Studi lain yang dilakukan pada 37.000 wanita di Brigham dan Rumah Sakit Wanita juga menemukan bahwa wanita yang makan daging merah setidaknya 5 kali seminggu memiliki risiko 29% lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Orang makan kurang dari sekali seminggu. Risiko ini bahkan meningkat menjadi 43% pada orang yang makan bacon dan sosis setidaknya 5 kali seminggu dibandingkan dengan orang yang makan kurang dari sekali seminggu.

Anda juga harus menjauhi makanan cepat saji jika Anda tidak ingin diabetes. Itulah yang ditemukan oleh para peneliti Universitas Minnesota setelah mempelajari 3.000 orang berusia 18 hingga 30 tahun dalam 15 tahun. Semua orang dalam penelitian dimulai dengan indeks massa tubuh normal (BMI). Namun, setelah 2 minggu mengonsumsi makanan cepat saji dua kali seminggu, kenaikan berat badan telah meningkat setidaknya 5kg. Pada saat yang sama, tingkat resistensi insulin dalam tubuh juga berlipat ganda dibandingkan dengan mereka yang hanya makan makanan cepat saji sekali seminggu.

Menurut para ahli, bahkan jika beratnya tidak berubah, makan lebih banyak makanan cepat saji dengan karbohidrat lemak dan olahan yang tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko diabetes.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Jaga Kesehatan Lansia Sejak Dini Dengan Tips Ini

Mungkin saat ini anda sedang merawat lansia? Merawat lansia memang susah – susah gampang. …