Depan Artikel Kesehatan 5 Tips Sederhana Untuk Otak Lebih Cerdas dan Optimal

5 Tips Sederhana Untuk Otak Lebih Cerdas dan Optimal

7 min read
0
140

Otak ialah salah satu organ vital pada manusia. Otak terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar, perilaku , gerakan, dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Tak hanya itu otak manusia juga berfungsi untuk mengatur semua gerak tubuh dan berfikir. Oleh sebab  itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Selain itu, Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai bisa mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Selain itu, Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. Ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Baca juga : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Mengingat pentingnya fungsi otak pada pada manusia maka kita wajib merawatnya supaya otak tetap sehat dan berkinerja optimal, sebab  1 saja saraf di otak terganggu maka akan mengganggu kinerja organ tubuh. Beberapa cara sederhana dibawah ini terbukti membuat kinerja otak lebih optimal dan lebih sehat dan berikut akan kami rangkum tips –tipsnya yaitu

1. Memberi Nutrisi yang tepat untuk otak kamu

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan tubuh manusia yang mempunyai  volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Neuran otak mengandung dan terdiri dari dua jenis asam lemak PUFA (polyunsaturated fatty acids) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), Otak terdiri dari 60 persen lemak. Ini berarti semakin banyak lemak baik yang kita konsumsi maka semakin baik pula kesehatan otak kita. Perbanyaklah makan makanan dengan kandungan lemak baik seperti ikan mackerel, biji bunga matahari, salmon, tuna, sarden, telur kaya omega 3, dan lain-lain.

Bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan banyak orang akan membuat otakmu lebih sehat
Sebuah penelitian di California yang tercatat dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa orang orang tua yang mempunyai  hubungan sosial yang luas menurunkan risiko mereka terkena demensia. Ini berarti dengan bersosialisasi terbukti sanggup  meningkatkan kinerja otak tetap optimal sebab  pada dasarnya manusia ialah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian. Berada di tengah orang-orang ialah cara yang menyenangkan untuk menjaga otak kamu tetap sehat. Habiskan waktumu untuk saling bersenda gurau bersama kawan. Ketika kamu tertawa atau tersenyum otak akan melepaskan enzim yang membuat kita merasa lebih bahagia seperti enzim dopamine.

2. Banyak Pelajari hal hal baru

Dengan mempelajari hal hal baru yang ada disekitarmu terbukti sanggup  membuat otakmu lebih cerdas, selain itu ketika otak bekerja rutin dengan mempelajari hal hal baru otak akan terlatih untuk selalu bekerja dengan optimal. Pelajari hal hal baru seperti belajar bahasa asing, mencoba menyelesaikan teka teki silang, bermain strategi game dsb. Mempelajari bahasa asing bisa meningkatkan fokus, meningkatkan kesanggup an bahasa lokal kamu, dan mencegah penyakit yang mungkin menyerang otak. Bahkan, belajar bahasa baru dapat mencegah atau menunda penyakit Alzheimer dan demensia selama 4,5 tahun. Ini jauh lebih kuat daripada obat terbaik yang hanya menunda gejalanya dengan 6-12 bulan.

3. Olahraga teratur

Olahraga merupakan obat pencegah dari segala macam jenis penyakit termasuk gangguan masalah kesehatan. Seseorang bisa dikatakan sehat jika tidak ditemukan gangguan masalah kesehatan pada tubuh, peredaran lancar dan mekanisme tubuh berjalan normal. Nah untuk mencapai semua itu dengan berolahraga secara teratur terbukti mencegah penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit, melancarkan peredaran darah.

Selain hal itu berolahraga secara teratur terbukti baik untuk otak kamu, juga bisa menghilangkan stres dari otak kamu. Mark McDaniel, PhD profesor psikologi dari Washington University menyarankan, kombinasi program aerobik dengan latihan beban sangat baik. Penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir dari orang yang melakukan keduanya sangat memuaskan.

4. Merencanakan masa depanmu

Penelitian menunjukkan individu yang merencanakan sebuah perjalanan liburan misalnya, mereka mempunyai  level dopamin yang lebih tinggi di otak mereka. Ini berarti dengan merencanakan masa depanmu sendiri bisa memberikan manfaat pada otak, meskipun perjalanan itu belum terwujud. Mempunyai  target atau tujuan di masa depan juga akan membuat otakmu akan bekerja optimal untuk merealisasikan apa tujuan maupun targetmu dimasa mendatang.

Mempunyai  sesuatu untuk dicapai akan membantu kita untuk tetap merasa optimis, di mana hal ini sangat penting untuk otak dan keseluruhan kesehatan kita. Jadi teruslah memperbaiki diri, kembangkan kesanggup an baru, dan jangan pernah berhenti belajar.

5. Buang stres, kecemasan atau kekhawatiran berlebihan

Khawatir, stres maupun ketakutan memang hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap orang. Tetapi  ketika kamu bisa memanage semua itu dalam level terendah hal itu akan membuat pikiran kamu lebih kuat dan optimal, tahan terhadap tekanan, ujian.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Alami dan Aman Putihkan Kulit Wajah Secara Alami

Memiliki kulit wajah putih, bersih dan bersinar merupakan impian banyak orang tidak peduli…