Depan Artikel Kesehatan 8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Alami

8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Alami

11 min read
0
24
8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Alami

Memiliki flek atau noda hitam pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi kaum wanita. Aplikasi make up menjadi tidak maksimal. Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan flek hitam tersebut, mulai dari memakai aneka bahan kosmetik di pasaran, hingga mencoba bahan-bahan alami seperti madu. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu diakui sebagai salah satu cara paling efektif mengingat kandungan madu yang sangat kaya dengan nutrisi untuk perawatan kulit.

Baca juga : 5 Cara Membersihkan Wajah Yang Benar dan Tepat

Madu merupakan bahan alami yang mengandung karbohidrat (fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan gula). Selain itu, madu juga kaya dengan komponen lain yang paling dibutuhkan kulit untuk perawatan, diantaranya senyawa antioksidan (chrysin dan pinobanksin), katalase dan pinocembrin. Vitamin C yang cukup tinggi juga terkandung dalam madu, yang menjadi alasan mengapa bahan ini sangat tepat dijadikan sebagai bahan penghilang flek hitam di wajah.

Vitamin C berfungsi mencerahkan jaringan kulit, antioksidan membantu meremajakan sel-sel kulit, dan mineral lain yang ada di dalam madu membantu tampilan wajah agar lebih bersih dan cerah. Penggunaan bahan alami madu ini akan lebih efektif lagi jika dikombinasikan lagi dengan bahan alami lainnya yang juga kaya dengan vitamin C dan senyawa antioksidan. Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan madu bisa Anda coba sendiri di rumah.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu

Mengapa di wajah kita bisa muncul noda atau flek hitam? Sebagai kaum wanita kita pantas mengetahui penyebabnya, sebab penyebab tersebut bisa menjadi cara bagaimana kita mencegah dan mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi mengapa di wajah kita bisa muncul flek hitam yang mengganggu penampilan:

  1. Bekas jerawat, memencet jerawat pada saat tumbuh akan menyebabkan flek hitam di wajah yang sulit dihilangkan. Ikuti langkah menyembuhkan jerawat yang tepat dan hindari memencet jerawat. Karena selain menimbulkan flek hitam, juga akan menyebabkan bakteri menular ke bagian kulit yang lain.
  2. Terpapar sinar UV, disarankan bagi kaum wanita untuk memakai tabir surya yang mengandung SPF saat akan beraktivitas di siang hari. Bahkan ketika di rumah saja pun dianjurkan, sebab kondisi panas seperti di dapur juga akan menggangu kulit Anda. Pemakaian tabir surya pun harus diulang lagi ketika cuaca di luar sangat terik, dalam rentang waktu tertentu.
  3. Bahan kimia kosmetik yang berbahaya, hati-hati memilih kosmetik yang ada di pasaran, pastikan kandungannya bebas dari bahan berbahaya seperti merkuri. Selain tampak hitam, biasanya juga akan timbul rasa panas di kulit. Bila masih bisa, upayakan dengan bahan alami.
  4. Pigmentasi, cara menghilangkan noda hitam di wajah yang mengalami pigmentasi atau penumpukan zat warna kulit pada satu titik bagian kulit adalah dengan memperbanyak asupan vitamin C pada kulit. Para selebritis bahkan memilih melakukan suntik vitamin C untuk merubah warna kulit yang gelap menjadi lebih cerah.
  5. Gonta –ganti kosmetik, sebelum memilih jenis kosmetik yang akan Anda pakai, kenali lebih dulu jenis kulit Anda dan bagaimana cara perawatannya. Apakah kosmetik tersebut sesuai untuk kulit Anda atau tidak. Jangan memaksakan suatu kosmetik yang sedang trend di kulit Anda, padahal itu tak cocok untuk kulit wajah Anda. Akibatnya kerusakan pada kulit berupa flek hitam atau jerawat yang tak diinginkan.

Mengolah Madu Menjadi Penghilang Flek dan Noda Hitam di Wajah

Pada dasarnya, kandungan madu yang kita butuhkan untuk menghilangkan noda hitam di wajah adalah vitamin C dan senyawa antioksidan. Efek lain dari madu adalah untuk melembabkan kulit serta mampu mengusir jerawat karena madu juga bersifat antiseptik. Berikut ini beberapa cara pengolahan madu untuk menghilangkan noda atau flek hitam:

  • Madu murni

Madu murni bisa langsung Anda jadikan sebagai masker di wajah dengan cara meratakan madu ke kulit wajah selama 5 hingga 10 menit secara rutin setiap hari. Hasilnya akan Anda lihat secara bertahap.

  • Madu dan lemon

Lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, memadukan lemon dan madu merupakan cara pintar untuk perawatan kulit wajah. Selain bisa membantu menghilangkan flek hitam, juga bisa membantu mengusir jerawat dan menghambat penuaan dini. Campurkan satu sendok makan madu murni dengan air perasan jeruk lemon, jadikan sebagai masker wajah selama 5 hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan secara rutin setiap hari.

  • Madu dan tomat

Tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Campurkan madu murni dengan tomat yang sudah dibuat pasta. Jadikan sebagai masker alami di wajah selama 5 hingga 10 menit. Untuk melihat hasil yang lebih maksimal, lakukan setiap hari dengan posisi berbaring. Posisi ini dapat membantu penyerapan nutrisi ke dalam kulit wajah bisa lebih maksimal.

  • Madu dan jeruk nipis

Jika lemon cukup mahal harganya, maka bisa Anda ganti dengan jeruk nipis yang juga kaya dengan vitamin C. Selain mampu mengatasi flek hitam di wajah, campuran madu dan jeruk nipis juga dikenal sebagai bahan alami pengusir jerawat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Madu dan pisang

Buah alami lainnya yang kaya vitamin C adalah pisang. Selain membantu mengusir noda hitam, pisang juga akan membuat kulit lebih halus dan lembab secara alami, terutama jika Anda memiliki jenis kulit kering. Campurkan madu dan pisang hingga membentuk pasta, lalu jadikan masker harian Anda.

  • Madu dan susu

Rahasia kecantikan dan putihnya kulit perempuan timur tengah banyak yang menggunakan bahan alami susu. Anda pun bisa mencobanya untuk menghilangkan noda hitam di kulit wajah. Campurkan susu murni dan madu murni untuk perawatan masker wajah setiap hari.

  • Madu dan timun

Untuk memutihkan kulit, membersihkan dan membuat kulit lebih segar, Anda bisa mencoba masker campuran dari timun dan madu murni. Buat pasta dari timun dan madu lalu jadikan sebagai masker harian Anda. Bisa digunakan di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

  • Madu dan pepaya

Pepaya dan madu juga bisa dijadikan sebagai bahan alami cara menghilangkan noda hitam di wajah. Kandungan vitamin C pada pepaya dibutuhkan kulit untuk mencerahkan dan membuatnya tampak lebih muda. Rutinkan penggunaan masker madu dan pepaya setiap hari.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu pada prinsipnya sangat simpel. Bahkan ketika Anda hanya memiliki madu saja pun, hal itu bisa tetap Anda lakukan. Selama masa perawatan, sebaiknya Anda menghindari berbagai penyebab terjadinya noda hitam seperti yang dijelaskan di atas. Rawatlah kulit sedini mungkin, jangan menunggu usia kepala tiga.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…