Depan Artikel Kesehatan 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

6 min read
0
164
8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Manilkara Zapota adalah nama ilmiah bagi buah yang kita kenal dengan sebutan Sawo Manila. Buah manis ini merupakan salah satu buah yang terkenal di wilayah Asia Tenggara. Diperkirakan Buah Sawo Manila berasal dari negara Amerika tropis seperti Meksiko, Guatemala, dan Hindia Barat. Kemudian penyebaran buah ini masuk ke Asia sebab penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Spanyol yang membawa buah ini dari Meksiko ke Filipina (Wikipedia.org). Sawo manila atau yang sering juga disebut sawo kecik memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.

Buah sawo dengan tekstur daging buah yang lembut, berair, dan rasa yang manis membuatnya banyak disukai. Buah ini dikenal dengan beberapa nama, seperti sauh dan sawo kecik. Di dalam buah ini terdapat biji yang disebut kecik, mungkin inilah mengapa ada yang menyebutnya dengan Sawo Kecik. Buah manis yang satu ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Di Indonesia sendiri sawo bukanlah buah yang sulit ditemukan, dan sawo bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif murah bila dibandingkan harga dengan buah lainnya.

Kandungan Buah Sawo amatlah banyak, di antaranya adalah kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, natrium, kalium, dan energi. Selain itu Buah Sawo juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, protein, lemak, dan karbohidrat. Jika dilihat mungkin anda sudah bisa memperkirakan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah sawo.

Nah, berikut ini akan diulas beberapa Manfaat Buah Sawo yang bisa anda dapatkan ketika mengonsumsinya, yaitu:

  1. Membantu memelihara kesehatan mata. Sawo dengan kandungan vitamin A nya tentu saja sangat bermanfaat untuk keseatan mata kita.
  2. Membantu membentuk sel darah merah. Anda yang kekurangan Hb darah, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sawo, sebab buah ini memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.
  3. Memelihara kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah sawo tentu akan sangat bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi kita.
  4. Baik untuk pertumbuhan. Protein bermanfaat untuk membantu pertumbuhan anak-anak. Salah satu sumber protein yang bisa anda manfaatkan adalah buah sawo.
  5. Menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada sawo tentunya akan membantu kesehatan kulit anda. Jadi saat mengonsumsi sawo anda tidak hanya dapat menik mati rasa manisnya, namun juga manfaatnya untuk kulit cantik anda.
  6. Menangkal radikal bebas. Ini tentunya merupakan tugas dari vitamin C yang juga terdapat di dalam buah sawo.
  7. Serat buah sawo dapat membantu melancarkan pencernaan. Ya, sawo merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung serat. Nah, serat inilah yang nantinya dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh serta melancarkan pencernaan. Jadi, bagi anda yang memiliki masalah susah buang air besar, mengonsumsi sawo adalah salah satu pilihan terbaik.
  8. Membantu meredakan keluhan saat awal kehamilan, seperti moring sickness atau rasa mual dan ingin muntah, sebab sawo mengandung vitamin B.

Demikianlah di antara beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengonsumsi buah sawo. Selain  manfaat di atas ternyata sawo juga bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan sirup, dan pada saat difermentasi sawo bisa menjadi cuka.

Tahukan anda, bahwa di Amerika getah sawo dikentalkan menjadi chicle yang merupakan bahan alami permen karet. Selain itu batang sawo atau kayu sawo tergolong kepada kayu dengan tekstur yang halus dan pola warna menarik serta cukup keras dan kuat. Tentunya kayu sawo bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perabotan dan ukiran, seperti patung. Kayu sawo juga tahan terhadap jamur dan serangga.

Itulah ulasan kita mengenai Manfaat Buah Sawo dan ternyata tidak hanya buahnya, bagian lain dari sawo juga memiliki manfaat tersendiri. Ingat, tetap jaga kesehatan dan lakukan medical check up secara rutin dengan dokter, serta jangan konsumsi sesuatu secara berlebihan, tetaplah pada takaran yang sewajarnya. J

Jika anda memiliki informasi lain terkait buah sawo, maka tidak ada salahnya anda berbagi pengetahuan dengan teman-teman anda. Semoga tulisan ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…