Depan Artikel Kesehatan Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

4 min read
1
0
22
Manfaat Ubi Jalar

Banyak yang mengira ubi jalar hanyalah makanan pengganti nasi saja tanpa tahu manfaat lainnya. Sebenarnya ubi jalar memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. ubi jalar memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga cocok sebagai sumber karbohidrat pengganti pasien diabetes tipe 1. Selain itu didalam ubi jalar terkandung kalium yang besarannya hampir sama dengan yang dimiliki pisang. Senyawa kalium memiliki khasiat yang melimpah untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Menambah Berat Badan Yang Aman

Selain sumber kalium, didalam ubi jalar juga terdapat vitamin C, zat besi hingga anti inflamasi yang semuanya memiliki perannya sendiri untuk menjaga sistem kekebalan dan kesehatan tubuh. maka dari itu cobalah untuk mengkonsumsi ubi jalar secara cukup. Selain mengenyangkan dan berguna sebagai sumber tenaga, ubi jalar juga memiliki banyak manfaat yang melimpah bagi kesehatan yang selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

  1. Mencegah diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemiks yang rendah berdasarkan hasil dari penelitian terbaru. Indeks glikemiks yang rendah ini mampu mengurang kadar gula darah dan resistensi insulin. Penderita diabetes tipe 1 sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi serat yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menormalkan kapasitas insulin dalam darah.

  1. Mengurangi tekanan darah

Didalam ubi jalar juga terkandung kalium yang tinggi yang bermanfaat menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Manfaat kalium yang tinggi ini sama besarnya dengan yang terdapat pada pisang. Dalam 1 buah ubi jalar terdapat kandungan kalium sebanyak 542 miligram yang bermanfat menurunkan resiko kematian karena tekanan darah tinggi sebesar 20%.

  1. Meningkatkan kesuburan wanita

Sintesis hormon menjadi lebih stabil dengan konsumsi ubi jalar. Menurut Harvard Medical School Havard Health Publication, didalam ubi jalar terdapat zat besi yang merupakan zat penting yang bisa mempengaruhi kesuburan. Selain itu vitamin A dikonversi menjadi betakaroten sehingga sangat baik menjaga kesehatan kehamilan serta ketika menyusui karena sintesis hormon yang cukup.

  1. Meningkatkan imunitas

Betakaroten dan vitamin C pada ubi jalar bermanfaat baik meningkatkan kekebalan tubuh. kandungan senyawa alami ini bermanfaat mencegah resiko penyakit yang timbul karena virus dan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Vitamin C memang erat kaitannya dengan kekebalan tubuh yang baik, maka konsumsilah ubi jalar untuk mendapatkan manfaat vitamin C nya.

  1. Mengatasi peradangan

Kolin berfungsi mempertahankan membran sel dan transmisi implus saraf tubuh. hal inilah yang bermanfaat mengurangi resiko inflamasi dan membantu penyerapan lemak secara maksimal. Resiko inflamasi yang diturunkan ini akan bermanfaat mengatasi peradangan pada sendi. Pada jenis ubi jalar ungu kandungan anti radangnya lebih tinggi dn memiliki natilipogenic positif yang lebih besar dari jenis ubi lainnya.

Masih banyak manfaat lain yang terkandung dalam ubi jalar. Jadi selain sebagai sumber karbohidrat dan makanan pengganti manfaatnya untuk tubuh juga sangat melimpah. semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Baca juga : Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…