Depan Lainnya Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit

Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit

6 min read
0
0
212
Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit

Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit – Setelah keluar dari rumah sakit pasti badan kita tidak sepenuhnya sehat kembali, masih terasa lemas dan tidak segar. Nah padahal setelah keluar dari rumah sakit kita pasti ingin cepat-cepat beraktifitas kembali. Namun karena kondisi yang belum pulih kita perlu istorahat di rumah untuk beberapa saat. Nah bagaimana caranya agar kita mendapatkan badan segar kembali setelah sakit? Kali ini akan dibahas dalam artikel ini. Langsung simak tipsnya.

Baca juga : Cara Agar Badan Tetap Segar Setiap Hari

Cara Agar Badan Kembali Segar Setelah Sakit

  1. Istirahat.

Setelah sakit tubuh Anda memerlukan waktu untuk “memperbaiki” diri sebelum ke kondisi semula utamanya sistem imunitas pada tubuh. Istirahat akan membuat tubuh terhadap pemulihan imunitas atau sisterm kekebalan tubuh. Nikmati saja masa istirahat Anda namun tetap lakukan streching dan olahraga-olahraga kecil yang mampu Anda lakukan agar tubuh mendapat peregangan dan melatih badan agar tetap bugar. Hindari bermalas-malasan di tempat tidur seharian, Anda bisa melakukan hal-hal kecil yang membuat tubuh tetap aktif misalnya meregangkan otot dengan gerakan-gerakan ringan, membuat minuman hangat sembari meminum obat yang diberi RS, membuat jus buah untuk detoks, mengobrol dengan anggota keluarga, menonton TV dan sebagainya.

  1. Makan makanan sehat

Nutrisi sangat penting bagi tubuh yang telah sakit. Semakin sehat makanan yang Anda konsumsi maka semakin cepat proses penyembuhan tubuh berlangsung. perbanyak konsumsi buah-buah segar, sayuran hijau dan sumber protein sehat seperti ikan atau kacang-kacangan. Penting sekali untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, pastikan Anda minum air putih setiap hari minimal delapan gelas.

  1. Suplemen vitamin dan mineral

Terkadang meski sudah sembuh, biasanya nafsu makan masih juga tidak kunjung muncul seperti sebelumnya. Jika dalam kondisi seperti itu, di sinilah suplemen vitamin dan mineral akan membantu memenuhi nutrisi tubuh Anda agar lebih fit dan membanctu tubuh memenuhi vitamin dan mineral yang hilang setelah sakit. Selama masa penyembuhan, sebaiknya mineral dan vitamin yang Anda konsumsi adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, Zinc, atau terlebih dahulu Anda bisa berkonsultasi dengan ahli medis.

  1. Masalah pencernaan

Salah satu penyakit yang sering terjadi berasal dari gangguan saluran pencernaan. Nah jika Anda salah satu yang seddang mengalaminya sebaiknya konsumsi makanan yang mudah dicerna dan lembut. Misalnya bubur dan makanan halus lainya yang dapat memperingan kerja pencernaan dalam mengolah makanan.

  1. Mandi Air Hangat

Nah mungkin karena badan sakit maka rasanya malas sekali untuk mandi. Padahal ini akan membuat penularan penyakit nosokomial alias penyakit dari RS dimana bakteri dan virus tersebar banyak di RS. Untuk itu salah satu pecegahannya adalah mandi, gunakan air hangat untuk mandi dan sabun anti bakteri.

  1. Minum Air Putih

Minumlah air putih lebih banyak, misal jika biasaya 8 gelas tambahlah 2 gelas lagi. Hal ini akan memudahkan Anda melakukan detoks tubuh dan membuat badan segar.

  1. Kontrol

Jika setelah keluar RS, dokter meminta Anda kontrol maka datanglah tepat waktu sekalipun Anda sudah merasa sehat. Hal ini berfungsi untuk memantau kepulihan tubuh Anda dan mencegah penyakit menular kembali.

  1. Refreshing

Setelah sakit pasti kita merasa badan lelah dan tidak nyaman. Nah Anda bisa refreshing ringan seperti berjalan-jalan di taman rumah atau membaca majalah. Hal ini dapat menyegarkan pikiran Anda dan mencegah stres.

  1. Olah raga ringan

Jika Anda mampu Anda bisa berolahraga ringan setelah sakit, seperti streching dan beberapa gerakan senam. Namun perhatikan intensitasnya, jangan sampai malah memperburuk kondisi Anda.

  1. Hindari pola tidak sehat

Setelah merasakan sakit pasti Anda bisa menilai pola hidup Anda sebelumnya. Misal jika dahulu merokok, maka setelah sakit jangan kembali ke pola tidak sehat tersebut dan ubah mind set hidup sehat pada kebiasaan Anda.

Nah itu dia tadi adalah penjelasan mengenai cara-cara agar badan kembali segar setelah sakit. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Konsep Dasar Asuransi Syariah Yang Belum Banyak Diketahui

Masih banyak orang yang belum mau ikut dalam asuransi syariah dengan alasan dalam asuransi…