Depan Artikel Kesehatan Ini Dia Cara Memantau Kesehatan Bayi dari Warna Tinja

Ini Dia Cara Memantau Kesehatan Bayi dari Warna Tinja

4 min read
0
14
Ini Dia Cara Memantau Kesehatan Bayi dari Warna Tinja

Bunda, mempunyai seorang bayi adalah anugerah yang indah diberikan Allah. Untuk itu harus dijaga betul dan dirawat selalu kesehatannya. Merawat bayi memang bukan hal yang mudah bisa dibilang cukup sulit.  Ditambah dengan ia belum bisa bicara itu adalah salah satu faktor yang terkadang kita sebagai orangtua sering mengira-ngira tentang keadaan kesehatannya. Sebenarnya bunda bisa menggontrol kesehatan bayi dari warna tinja yang dikeluarkannya. Lantas, bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak lansirannya dibawah ini.

Baca juga : Ini Dia Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Bayi dan Balita

Beberapa cara memantau kesehatan bayi dari warna tinjau

Hijau kehitaman

Bunda, jika bayi Anda mengeluarkan warna tinja yang hitam jangan panik. Karena warna tinja hitam ini memang akan terjadi pada awal kelahiran. Jadi jika bayi bunda meneluarkan warna yang seperti tidak usah panik dan cemas mengkhawatirkan keadaannya, sebab sang bayi dalam keadaan sehat. Mengapa tinja bayi berwarna hitam? Warna tinja hitam yang dikeluarkan oleh bayi ini disebabkan karena mengandung bilirubin dan kolostrum ASI yang berfungsi sebagai laxative. Adapun kegunaan zat tersebut adalah untuk membantu proses buang air besar pada bayi selama 3 hari pertama.

Kekuningan

Setelah lebih dari 3 hari pertama warna tinja yang dikeluarkan oleh bayi Anda akan berubah, yaitu menjadi kuning. Dan biasanya ini terjadi pada bayi yang hanya mengkonsumsi minuman ASI. Nah, jika bayi bunda mengeluarkan tinja yang warnanya seperti itu, jangan panik dan cemas ya bun! Sebab bayi bunda dalam keadaan normal tidak mengalami gangguan kesehatan.

Kecoklatan

Sedangkan selanjutnya yaitu warna tinja kecoklatan dan bentuknya kental. Warna ini biasanya terjadi pada bayi yang mengkonsumsi suplemen ASI dan susu formula. Nah, jika bayi bunda mengeluarkan warna tinja tersebut, Anda jangan panik dan cemas. Kejadian ini sangatlah wajar sekali terjadi pada bayi, dalam hal ini bayi bunda keadaannya normal atau baik-baik saja. Jadi bunda tidak perlu mengkhawatirkan keadaan kesehatannya.

Hijau kecokelatan

Bayi yang sudah bisa mengkonsi makanan padat biasanya tinja yang dikeluarkan akan berwarna hijau kecoklatan. Apabila bayi bunda yang sudah bisa mengkonsumsi makanan padat ini mengeluarkan tinja yang warnanya hijau kecoklatan, maka bunda jangan khawatir ya! Sebab hal ini tidak membayakan bayi, justru bayi Anda dalam keadaan baik. Sehingga bunda tidak perlu cemas dan mengkhawatirkan kesehatan sang bayi.

Nah, itulah tadi beberapa cara memantau kesehatan bayi dari warna tinjanya. Semoga informasi tadi yang kami berikan mengenai cara memantau kesehatan bayi dari warna tinja bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ini Dia Kelainan Khusus yang Sering Menyerang Balita

Kelainan khusus yang terjadi pada balita bukan tergolong penyakit. Melainkan kondisi tubuh…