Depan Artikel Kesehatan Cara Menambah Berat Badan Yang Aman

Cara Menambah Berat Badan Yang Aman

8 min read
1
0
88
Cara Menambah Berat Badan Yang Aman

Sekarang Anda sudah berada di situs yang tepat untuk mengetahui  cara menambah berat badan dengan cara yang aman :). Kekurangan berat badan tidak hanya membuat kita merasa kurang percaya diri, tetapi juga terlihat kurang sehat. Di saat orang lain bersusah payah mencari cara untuk menurunkan berat badan, beberapa orang kesulitan untuk menambah berat badan.

Penambahan berat badan tidak melulu harus disertai dengan suplemen. Selain harganya relatif mahal, suplemen tersebut belum tentu aman untuk dikonsumsi. Disini, Anda perlu jeli memilih suplemen yang aman dimana setidaknya terdaftar di BPOM.

Baca juga : Cara Membersihkan Telinga Yang Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mengukur berat badan Anda tergolong kurang atau berlebih bisa menggunakan acuan indeks masa tubuh (IMT). Perhitungan IMT untuk perempuan dan laki-laki berbeda. IMT normal perempuan adalah pada rentang angka 17 hingga 23. Sedangkan IMT normal laki-laki berada pada rentang angka 18 hingga 25. Jika Anda berada di bawah rentang angka tersebut berati Anda termasuk kurang berat badan. Sebaliknya, jika Anda berada di atas angka tersebut maka Anda termasuk kelebihan berat badan.

Indeks Massa Tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan kurang atau tidaknya berat badan seseorang. Cara mendapatkan angka Indeks Massa Tubuh alias IMT yaitu dengan membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Namun perlu Anda ketahui bahwa Indeks Massa Tubuh tidak dapat menjadi patokan utama mengenai ideal atau tidaknya berat badan Anda. Menurut dr. Rexford Ahima seorang profesor kedokteran dari Universiy of Pennsylvania mengatakan bahwa IMT bukanlah metode pengukuran yang ideal dan akurat karena tidak menjelaskan masalah berat badan seseorang. Untuk menentukan cara menambah berat badan yang tepat tidak bisa Anda dapatkan dengan hanya berpedoman pada IMT.

Beberapa alasan kenapa IMT tidak bisa dijadikan satu-satunya alat ukur yang ideal dan akurat

  • Tidak ada perhitungan lemak

Pada perhitungan IMT, usia dan jenis kelamin tidak diperhitungkan secara lebih detil. Wanita memiliki massa lemak yang lebih banyak daripada laki-laki. Jadi, jika Anda seorang wanita dan berdasarkan perhitungan IMT termasuk dalam kategori normal, Anda masih bisa memiliki persentase lemak tubuh yang tinggi.

  • Tidak ada petimbangan usia, ukuran spesifik tubuh, tingkat aktifitas fisik dan lainnya
  • Tidak memperhatikan faktor etnis

Meskipun IMT tidak bisa menjadi satu-satunya standar untuk menentukan kurang lebihnya berat badan seseorang, namun setidaknya perhitungan dengan IMT cukup bisa diterima masyarakat umum.

Sebelum Anda mengetahui cara menambah berat badan yang aman, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab kurangnya berat badan. Hal ini penting untuk memilih cara yang tepat untuk menaikkan berat badan.

Penyebab Kurangnya Berat Badan

Faktor genetika

Faktor genetika kerap menentukan berat badan seseorang. Jika Anda kurus sejak masih kecil dan beberapa anggota keluarga Anda juga demikian, bisa jadi Anda memiliki garis keturunan dengan sistem metabolisme yang tinggi.

Aktifitas fisik yang tinggi

Pekerjaan yang mebutuhkan kekuatan fisik atau jika Anda seorang yang hobi berolah raga, aktifitas fisik yang tinggi akan membuat Anda kurang berat badan. Kalori lebih banyak dibakar oleh tubuh dibandingkan dengan orang yang tidak aktif bergerak.

Masalah psikologis

Permasalah psikologi seperti stres dan depresi mempengaruhi sistem metabolisme tubuh Anda. Masalah ini juga dapat mengganggu nafsu makan sehingga berat badan Anda rendah.

Gangguan kesehatan

Memiliki tubuh yang kurus juga bisa juga disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti gangguan tiroid, diabetes, penyakit pencernaan, atau bahkan kanker.

Cara menambah berat badan yang aman

Untuk menaikkan berat badan tidak selalu harus menggunakan suplemen penambah berat badan. Suplemen pada umumnya hanya membantu mengubah energi dari komponen makanan enjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Beberapa suplemen juga mengandung beberapa vitamin dan protein untuk memaksimalkan proses penambahan berat badan.

Cara menambah berat badan yang utama adalah dengan mengkonsumsi yang memiliki kadungan karbohidrat, kalori, protein dan lemak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda jadikan panduan untuk menaikkan berat badan.

  • Atur pola makan secara teratur dengan porsi yang disesuaikan dengan aktifitas Anda
  • Konsumsi sayuran dan buah setiap hari. Kacang-kacangan, jagung dan kentang memiliki banyak kalori serta mengandung lemak yang sehat.
  • Lengkapi makanan Anda dengan ikan karena ikan mengandung banyak protein yang diperlukan untuk menambah masa tubuh.
  • Jika perlu makanlah cemilan yang sehat. Hindari camilan yang banyak mengandung minyak dan minuman bersoda.
  • Perhatikan banyaknya air yang Anda minum. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 6 hingga 8 gelas air putih sehari.
  • Minum susu.
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
  • Perbaiki pola tidur Anda. Orang dewasa normalnya membutuhkan 8 jam untuk tidur. Jika Anda kurus karena kurang tidur, barengi cara menambah berat badan di atas dengan mengoptimalkan durasi tidur serta waktu tidur. Usahakan tidak tidur terlalu malam.

Demikianlah cara menaikkan berat badan secara umum yang dapat Anda lakukan. Kesimpulannya, pola hidup sehat dan teratur menjadi cara aman yang paling tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Baca Juga : Cara Menambah Berat Badan Yang Aman […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kapan kita harus mempunyai tabungan proteksi ?

Jika Anda bertanya kepada kami, “Kapan kita harus mempunyai tabungan proteksi ?̶…