Depan Artikel Kesehatan Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

5 min read
0
54
Cara Mencegah Kanker Payudara

Upaya pencegahan kanker payudara sangatlah penting untuk diketahui, khususnya bagi perempuan karena ini adalah penyakit yang mematikan dan sangat ditakuti oleh kaum perempuan. 10 tahun yang lalu, para peneliti beranggapan jika kanker payudara ini merupakan sebuah penyakit yang tidak bisa dicegah. Namun sekarang, para peneliti telah menemukan Cara Mencegah Kanker Payudara, setidaknya bisa mengurangi resiko dari terkenanya penyakit kanker tersebut.

Baca juga : Kenali Masalah Umum dan Hal Penting Tentang Kanker Payudara

Adapun 6 Cara Mencegah Kanker Payudara yang ampuh adalah sebagai berikut :

Hindari Alkohol

Mengkonsumsi alkohol adalah cara yang paling jitu untuk terkena kanker payudara ini. Studi Kesehatan telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi minuman alkohol lebih dari satu minuman maka bisa meningkatkan resiko terkenanya penyakit kanker payudara ini sekitar 20 – 25 %.

Menjaga Berat Badan

Cara ini sudah terbukti manjur dalam menjaga kesehatan Anda, termasuk sebagai salah satu cara untuk mencegah kanker payudara. Anda bisa menghitung Body Mass Index (BMI) dengan cara berat badan Anda dalam satuan kilogram dibagi dengan kuadran tinggi dalam meter. Cara ini sudah terbukti dengan signifikan apabila peningkatan BMI tersebut lebih dari keadaan normal, yaitu 25, maka bisa meningkatkan resiko dari kanker payudara. Selain itu juga, peningkatan pada BMI ini sudah meyakinkan terbukti bisa meningkatkan resiko akan kanker payudara di pasca – menopause.

Mengkonsumsi Sayuran Dan Buah – Buahan

Cara Mencegah Kanker Payudara yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi 7 atau lebih porsi dari sayur dan buah setiap harinya. Sayuran yang bisa menjadi pelindung dari kanker payudara adalah hampir mencakup semua jenis sayuran, seperti kecambah brussels, kubis, brokoli, kembang kol, sawi, bayam, kangkung, tomat dan wortel. Adapun buah yang memiliki kandungan yang lebih dalam mencegah kanker payudara tersebut adalah ceri, jeruk dan berry. Nah, langkah terbaik bagi Anda adalah dengan memakan sayuran mentah ataupun dimasak sebentar, karena beberapa zat phytochemical diyakini mampu menawarkan perlindungan dari kanker payudara yang bisa dihancurkan panas.

Berolahraga Dengan Teratur

Sudah banyak penilitian yang menunjukkan jika berolahraga dengan teratur bisa memberikan perlindungan yang begitu kuat pada kanker payudara. Lakukanlah beberapa aktifitas aerobik sedang seperti jalan cepat dengan rutin dalam waktu 30 menit.

Mengkonsumsi Karbohidrat Sesuai Dengan Porsi

Anda bisa meminimalkan konsumsi indeks dari glikemik tinggi seperti kentang putih, nasi putih, gula serta berbagai produk olahan dari gula, kentang dan nasi. Makanan yang satu ini juga bisa menjadi pemicu perubahan hormonal yang telah menyebabkan pertumbuhan sel pada jaringan payudara. Gantilah karbohidrat Anda dengan kacang – kacangan/polong – polongan dan biji – bijian karena makanan ini mengandung serat yang tinggi dan juga mengandung lignan terutama yang khusus.

Mengkonsumsi Produk Kedelai

Cara Mencegah Kanker Payudara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi produk yang terbuat dari kedelai secara teratur, misalnya tahu, susu kedelai, dan tempe. Para peneliti epidemiologi sudah menunjukkan hubungan yang positif antara mengkonsumsi kedelai terhadap pengurangan akan resiko kanker payudara.

Itulah tadi 6 Cara Mencegah Kanker Payudara yang bisa Anda lakukan. Semoga berhasil dan terimakasih.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…