Depan Artikel Kesehatan Berbagai Jenis Penyakit Hati yang Berbahaya dan Perlu Diwaspadai

Berbagai Jenis Penyakit Hati yang Berbahaya dan Perlu Diwaspadai

12 min read
0
48
Berbagai Jenis Penyakit Hati yang Berbahaya dan Perlu Diwaspadai

Sebetulnya apapun jenis penyakit yang menyerang kesehatan manusia itu akan jadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan segera, apalagi untuk jenis penyakit yang satu ini, yakni penyakit hati. Perlu untuk kita tahu bersama, bahwa penyakit hati adalah jenis penyakit yang memang tak bisa dianggap sepele. Bagaimana tidak, karena memang pada dasarnya hati ini memiliki peranan yang cukup penting sekali dalam mencerna makanan yang masuk di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, hati juga berperan penting untuk memberi perlindungan bagi tubuh dari berbagai zat yang beracun. Jadi, bisa dibayangkan sendiri apa jadinya jika hati alami masalah dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya? Makanya penting sekali bagi kita semua untuk selalu menjaga hati kita agar senantiasa sehat.

Baca juga : 49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Karena hati memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, makanya pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang berbagai jenis penyakit hati, atau yang biasanya dikenal dengan penyakit liver tersebut. Beberapa diantaranya pasti saja wajib untuk Anda waspadai sebab memang bisa sebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius.

Berbagai Jenis Penyakit Hati yang Berbahaya dan Perlu Diwaspadai

Sebelum kami akan membahas mengenai jenis – jenis penyakit hati, perlu untuk Anda tahu juga bahwa sampai saat ini ternyata masih ada banyak orang yang tidak sadar pada saat hatinya alami masalah. Alasannya adalah karena sering sekali di tahapan awal, jenis penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala baru muncul dan dapat dirasakan pada saat gangguan hati sudah masuk ke tahapan lanjut, atau bahkan pada saat kondisi hati seseorang sudah rusak cukup parah.

Sementara itu juga ada banyak orang yang tidak mengira apabila nyeri dan rasa penuh di perut adalah gejala dari jenis penyakit hati tersebut. Oleh sebab itulah, pemeriksaan medis jadi salah satunya cara yang paling tepat untuk bisa deteksi penyakit hati sebelum akhirnya penyakit tersebut berkembang jadi semakin parah. Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit hati yang perlu Anda tahu.

Hepatitis

Jenis penyakit hati pertama adalah hepatitis. Ini merupakan jenis penyakit yang biasanya sebabkan terjadinya peradangan hati. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi virus, akan tetapi bisa juga disebabkan oleh seringnya seseorang konsumsi obat – obatan tertentu, minum minuman beralkohol, atau pun dikarenakan orang tersebut memang memiliki jenis penyakit autoimun.

Baca juga : Bagaimana merawat keluarga yang terkena hepatitis?

Perlu untuk diketahui juga bahwa gejala dari jenis penyakit hepatitis tersebut tergantung dari penyebab utama yang melatarbelakanginya, dan jenis penyakit hepatitis yang di derita. Akan tetapi, biasanya gejala dari jenis penyakit hepatitis ini berupa kehilangan nafsu makan, muntah, diare, urine berwarna gelap, kulit dan mata yang menguning. Penyakit ini biasanya juga bisa pengaruhi semua sistem metabolisme tubuh, sehingga penting sekali untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter apabila memang alami beberapa gejala dari jenis penyakit hepatitis tersebut.

Biasanya dokter akan lakukan beberapa pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, dan menyarankan kepada Anda untuk lakukan tes darah, biopsi hati, tes fungsi hati, atau pun USG perut. Tujuan dari hal ini tak lain adalah untuk mengetahui jenis – jenis penyakit hepatitis yang di derita. Penanganan jenis penyakit hepatitis yang diberikan pastinya juga bergantung sekali dengan jenis penyakit hepatitis yang di derita seseorang.

Sirosis

Lalu untuk jenis penyakit hati yang tak kalah berbahaya dan perlu untuk Anda waspadai lainnya adalah sirosis. Ini merupakan jenis penyakit hati yang biasanya disebabkan oleh terbentuknya jaringan parut di dalam hati, sebab kerusakan hati dalam jangka panjang. Pada saat awal penyakit hati tersebut di derita, mungkin saja Anda tidak akan merasakan gejala apapun. Umumnya gejala dari jenis penyakit sirosis tersebut akan muncul pasca kerusakan hati sudah makin memarah. Gejalanya bisa berupa rasa lelah yang hebat, tubuh yang melemah, mual – mual, kehilangan selera makan, dan kehilangan dorongan hubungan suami istri.

Jika memang kondisi tersebut tak segera ditangani dengan baik dan cepat oleh dokter, maka bisa dipastikan penyakit sirosis yang di derita akan semakin parah dan memburuk. Gejala yang muncul pastinya juga akan semakin parah, termasuk kulit yang terasa sangat gatal, muntah darah, tinja yang berwarna gelap, tubuh yang mudah memar, terjadinya pembengkakan di kaki dan perut atau yang biasanya disebut dengan edema, hingga alami penyakit kuning.

Penting sekali untuk diketahui bahwa, untuk bisa mencegah terjadinya penyakit sirosis menyerang hati Anda, sangat disarankan sekali agar Anda menerapkan gaya hidup yang sehat. Contohnya saja dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat, berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, menghindari konsumsi makanan berlemak, menghindari hubungan suami istri yang beresiko, dan menjaga berat badan dengan baik.

Abses hati

Abses hati juga termasuk sebagai salah satu jenis penyakit hati yang paling berbahaya dan perlu diwaspadai. Umumnya munculnya lubang – lubang berukuran kecil yang berisikan nanah jadi pertanda dari jenis penyakit abses hati tersebut. Biasanya penyebab abses hati yang di derita seseorang adalah karena infeksi bakteri, bisa juga dikarenakan oleh infeksi parasit. Ada satu hal yang paling mengejutkan bahwa ternyata di beberapa negara maju jenis penyakit ini sudah menyerang banyak orang. Umumnya abses hati disebabkan oleh infeksi bateri yang merupakan abses hati atau pun abses hepar yang paling sering dijumpai. Ini juga dikenal sekali dengan sebutan abses hepar piogenik.

Selain itu juga perlu untuk Anda tahu bahwa, abses hepar dengan jenis tersebut tak hanya sebabkan terjadinya peradangan atau pun pembengkakan hati, akan tetapi juga bisa sebabkan sakit serta pembengkakan di bagian perut. Gejalanya bahkan termasuk sakit perut di bagian kanan atas, muntah, panas dingin, demam, terjadinya penurunan berat badan secara tiba – tiba, urine yang berwarna gelap, diare, serta tinja yang berwarna keabu – abuan.

Sekadar informasi saja, bahwa selain abses hepar piogenik, ternyata juga ada pula abses hepar amuba. Jenis abses satu ini umumnya disebabkan oleh terjadinya infeksi parasit. Gejala dari jenis penyakit tersebut diantaranya adalah nyeri di bagian dada sebelah kanan bawah, nyeri perut di bagian kanan atas, dan urine yang berwarna gelap, serta tinja yang berwarna abu – abu. Gejala lainnya yang juga bisa muncul adalah menggigil, demam, berkeringan di malam hari, hilangnya selera makan, mual dan muntah, lelah yang berlebihan, kulit yang menguning, serta terjadinya penurunan berat badan secara tiba – tiba.

Baca juga : Bahaya minum alkohol untuk pasien hepatitis

Ya, jenis penyakit hati ini memang bisa sangat membahayakan kesehatan seseorang. Untuk mencegahnya, sangat disarankan sekali agar Anda menghentikan segera konsumsi minuman beralkohol, melakukan hubungan suami istri yang aman, menghindari penggunaan jarum suntik yang sembarangan, mengkonsumsi obat yang bijak, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Baca juga : 8 Penyakit Kritis Yang Menghabiskan Dana Paling Besar

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang berbagai jenis penyakit hati yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat, dan jika Anda atau pun kerabat yang menderita jenis penyakit ini, segera konsultasikan dengan dokter penyakit dalam, dan jalani pengobatan yang teratur.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…