Depan Artikel Kesehatan Ini Dia Kelainan Khusus yang Sering Menyerang Balita

Ini Dia Kelainan Khusus yang Sering Menyerang Balita

3 min read
0
56
Ini Dia Kelainan Khusus yang Sering Menyerang Balita

Kelainan khusus yang terjadi pada balita bukan tergolong penyakit. Melainkan kondisi tubuh yang muncul karena ketidak normalan pada beberapa organ tubuh, seperti kromosom, darah otot, jantung, paru-paru dan masih banyak organ tubuh lainnya. Adapaun kelainan yang terjadi biasanya terjadi pada saat dalam kandungan, yakni kelainan bawaan sejak lahir. Seangkan bagian dalam organ tubuh yang sering terjadi kalainan khusus, diantaranya ginjal, paru-paru dan jantung. Nah, kira-kira apa saja kelainan khusus yang sering menyerang balita ini? Ingin tahu jawabannya? Yuk, kita intip informasinya dibawah ini

Baca juga : Ini Dia Jenis Batuk yang Sering Dialami Anak

Inilah beberapa kelainan khusus yang bisa menyerang balita

Penyakit jantung bawaan

Selama ini yang sering terjadi kelainan khusus pada balita adalah penyakit bawaan. Kalainan ini sering kali terjadi pada balita sejak ia masih berada didalam kandungan. Adapun kelainan ini dibagi kedalam 2 hal yaitu sianotik dan asianotik. Pada kelainan sianotik tanda-tanda yang muncul, diantaranya bagian ujung kuku dan bibi yang berwarna biru. Sedangkan yang terjadi pada kelainan asianotik, yakni kelainan yang tidak ada tanda-tanda munculnya warna biru pada organ tubuh.

Meskipun kelainan ini sama-sam terjadi disebabkan karena jangtung bawaan tetapi memiliki tanda-tanda yang berbeda. Sehingga antara kelainan sianotik dan asianotik bisa dibedakan dengan mudah. Nah, jika balita mengalami gejala yang seperti ini segera bawa ke dokter agar pendapat penanganan yang tepat.

Sindrom Down

Merupakan kelainan yang disebabkan bagian kromosom yang tidak normal. Pasalnya, balita yang mengalami kelainan sindrom down memiliki kromosom ekstra 21 pasang. Baliat yang mengalami sindrom down ini akan kelebihan kromosom pada organ tubuhnya. Adapun dampak yang akan terjadi, yaitu balita mengalami mongoloid, tidak bisa konsentrasi, telinga lebih kecil, dan psikisnya bermasalah.

Epilepsi

Salah satu kelainan khusus yang disebabkan oleh fungsi otak tidak normal adalah epilepsi. Sedangkan hal ini diakibatkan karena terlepasnya muatan listrik secara berlebihan pada organ tubuh balita. Sehingga balita yang mengalami hal tersebut akan kejang-kejang secara mendadak. Nah, jika seperti ini itu tandanya balita sedang mengalami gangguan kelainan khusus pada fungsi otaknya.

Nah, itulah tadi beberapa gangguan kelainan khusus sering terjadi pada balita. Semoga informasi tadi yang kami berikan kepada Anda mengenai kelainan khusus yang sering terjadi pada balita bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…