Depan Artikel Kesehatan Kesadaran Mencegah Kanker Pankreas

Kesadaran Mencegah Kanker Pankreas

5 min read
0
0
36
Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah penyakit yang di sebabkan oleh tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. kanker pankreas bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan biasanya terjadi padaa orang-orang yang berusia lanjut atau di atas 75 tahun. Pankreas memiliki fungsi penting bagi tubuh, karena memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi menguraikan makanan agar dapat di serap oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga memproduksi hormone termasuk insulin, yangberfungsi menjaga kstabilan gula darah dalam tubuh.

Kanker pankreas merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya sel tidak normal yang tumbuh pada organ pangkreas seseorang. Penyakit ini sangat berbahaya, karena pasien yang mengidapnya memiliki kemungkinan yang lebih besar terhadap berbagai ganguan kesehatan lain.

Ciri Ciri Awal Kanker Pankreas Tidak Terdeteksi

Ciri-ciri dari kanker pangkreas ini awalnya memang tidak di tandai oleh ciri-ciri kanker yang menyakitkan, sehingga dalam banyak kasus, penyakit ini terdeteksi ketika kanker telah berkembang dan menjadi sulit untuk di sembuhkan. Sakit pada perut bagian atas yang dapat menyebar ke punggung bagian tengah atau atas. Sakit ini bisa menjadi lebih parah ketika anda makan atau ketika anda berbaring. Kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan yang tidak direncanakan cirri-ciri kanker pankreas. Kehilangan berat badan terjadi pada kebanyakan jenis kanker sebab sel-sel kanker yang berbahaya dapaat menghilangkan sel-sel nutrisi  yang sehat, dan hal ini khususnya bisa terjadi pada kanker pangkreas. Kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan (Jaudice). Selain itu, urine anda menjadi berwarna cokelaat gelaap cirri-ciri kanker pangkreas.

Baca juga : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia

Sekitar setengah dari orang-orang yang terkena kanker pangkreas akan mengalami Jundice, yang terjadi ketika bilirubin-produk pecahan dari sel darah yang letih, terakumulasi dalam darah anda.secara normal, billirubin akan di seraap oleh empedu, tetapi jika tumor pangkreas memblok aliran empedu, kelebihan bilirubin akan merubah warna kulit dan bagian putih mata anda menjadi kuning.  Gatal juga menjadi salah satu cirri dari kanker pangkreas.

Pada kanker pangkreas stadium lanjut, anda mungkin akan merasakan rasa gatal yang hebat karena tingkat asam empedu yang tinggi terakumulasi pada kulit anda. Mual dan muntah. Pada kasus kanker pangkreas yang sudah parah, tumor atau kanker akan menghalangi bagian system pencernaan, biasanya bagian atas usus dua belas jari anda, menyebabkan rasa mual dan juga muntah.

Penyakit kanker pada umumnya sebenarnya bukan penyakit yang datang secara tiba-tiba tetapi membutuhkan proses untuk dapat mngerogoti tubuh seseorang. Salah satunya kanker tidak dapat disembuhkan adalah sikap dan tindakan dari si penderita itu sendiri dan di perparah lagi tentang kurangnya pemahaman penyakit kanker.

Untuk itulah di perlukannya kesadaran masyarakat untuk mau secara teratur memeriksakan kondisi kesehatan mereka ke dokter terdekat agar masalah sekecil apapun bisa secepat mungkin terdeteksi dan di tangani dengan tepat. Pengobatan pada jenis kanker pangkreas ini bisa di lakukan jika sel kanker belum menyebar dan menginfeksi organ lain dengan operasi, namun jika telah menyebar ke bagian lainnya seperti ke hati, maka hal yang bisa dilakukan hanya kemoterapi saja, tapi itu belum bisa menjamin sembuh 99%. Pada kasus ini operasi pembedahan jarang dilakukan karena tidak menyembuhkan secara maksimal dan cenderung mengundang resiko berbahaya lainnya bagi pasien.

Untuk permohonan illustrasi asuransi klik disini

Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Ada 49 Penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh Allianz Syariah. Penyakit adalah keti…