Depan Artikel Kesehatan Khasiat Buah dan Daun Sirsak

Khasiat Buah dan Daun Sirsak

7 min read
0
0
31
Khasiat Buah dan Daun Sirsak

Sirsak (Annona Muricata) adalah salah satu buah yang memiliki banyak nama sebutan di Indonesia, seperti sirsak, Nangka Belanda atau Durian Belanda. Buah ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Nama sirsak diambil dari bahasa Belanda yang berarti kantung yang asam. (Wikipedia.org)

Banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah sirsak. Nutrisi-nutrisi ini tentunya sangat baik untuk tubuh kita. berikut akan dipaparkan mengenai kandungan dan Khasiat Buah Sirsak yang dapat kita ambil saat mengonsumsi buah ini:

  1. Karbohidrat

Satu gelas Jus Sirsak mengandung 38 gram karbohidrat. Karbohidrat ini tentu sangat bermanfaat sebagai sumber energy yang alami.

  1. Kalium

Sirsak mengandung kalium yang dapat membantu otot-otot di dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan mengatur tekanan darah.

  1. Serat

Serat disinyalir dapat membantu melancarkan system pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, dan juga bisa mengontrol berat badan. Asupan serat anda juga bisa dicukupi dengan meng-Konsumsi Buah Sirsak.

  1. Vitamin C

Vitamin C berperan dalam sebagai antioksidan di dalm tubuh kita. antioksidan sangat menbantu dalam mencegah berbagai penyakit dan juga mempercepat penyembuhan luka, serta menyehatkan kulit. Asupan vitamin C anda bisa anda lengkapi dengan mengonsumsi si kantung asam atau buah sirsak.

  1. Air

Buah sirsak jga dapat membantu mencegah dehidrasi. Pasalnya buah sirsak mengandung banyak air, satu gelas jus sirsak mengandung 183 gram air.

Itulah beberapa Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak yang akan anda peroleh jika rutin mengom=nsumsi buah dengan rasa asam manis ini. Mengonsumsi buah sirsak bisa dengan cara memakan secara langsung dan juga bisa dijadikan jus ya sobat.

Tahukah anda, ternyata tidak hanya buah sirsak yang diambil manfaatnya, baik sebagai makanan ataupun juga sebagai obat. Daun sirsak juga digunakan sebagai bahan obat-obatan dan memiliki khasiat yang tidak kalah penting bagi kesehatan. Berikut beberapa Khasiat Daun Sirsak untuk kesehatan:

  1. Mengobati kanker

Daun sirsak ternyata dapat mengobati kanker, bahkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker lebih cepat bila dibandingakan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung acetogenin yang sangat kuat melawan kanker. Acetogenin 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dalam melawan kanker. Zat ini juga membantu menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap kemoterapi Adriamycin.

Cara mengonsumsi daun sirsak sebagai penangkal kanker adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak. Ambillah 10 lembar daun sirsak, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Rebuslah hingga tersisa lebih kurang 1 gelas air.

  1. Mengobati asam urat

Rebusan daun sirsak juga bisa mengobati keluhan asam urat. Kandungan acetogenin, annocotalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam loinoleat, dipercaya dapat membantu meringankan asam urat. Caranya sama, yaitu dengan meminum rebusan 10 lembar daun sirsak.

  1. Mengobati kista ovarium

Kista ovarium adalh penyakit yang bisa diderita oleh wanita. Kista ovarium atau tumor jinak jika tidak segera diobati akan bisa berkembang menjadi sel kanker. Cara mendapatkan manfaat dari daun sirsak untuk pengobatan kista sama dengan di atas, yaitu dengan meminum rebusan air daun sirsak.

  1. Mengobati kolesterol

Keluhan kolesterol sangat sering dirasakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Kolesterol terjadi sebab pola makan yang tidak sehat. Mengobati kolesterol dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak, dan caranya sama dengan yang sudah disebutkan di atas.

  1. Mengobati diabetes

Kadar gula darah yang tinggi bisa distabilkan dengan senyawa yang terdapat di daun sirsak. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung antioksidan yaitu senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Caranya tetap sama dengan meminu air rebusan daun sirsak.

  1. Mengobati penyakit paru-paru

Daun sirsak juga berfungsi sebagai anti-bakteri yang juga bisa membantu menyembuhkan penyakit patu-paru basah ataupun kering. Caranya tetap sama dengan meminu air rebusan daun sirsak.

  1. Meningkatkan kesuburan

Beberapa kesempatan membuktikan bahwa daun sirsak juga berkhasist meningkatkan kesuburan. daun sirsak dipercaya membantudalam meningkatkan produksi sperma pada laki-laki dan menguatkan Rahim pada wanita. Caranya tetap sama dengan meminu air rebusan daun sirsak.

  1. Menghilangkan kutu

Daun sirsak juga dipercaya dapat mengatasi serangga atau parasite. Sebab itulah daun sirsak dipercaya bisa mengatasi masalah kutu dan ketombe. Caranya hanya dengan menggunakan air rebusan daun sirsak saat mencuci rambut.

Demikianlah ulasan mengenai Khasiat Buah Sirsak Dan Daunnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jika ada yang kurang jelas anda bisa menanyakan langsung pada dokter atau pakar kesehatan. Terima kasih.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

3 Pertanyaan Yang Sering Diajukan tentang Hepatitis A

Orang mungkin sudah tahu tentang hepatitis, tetapi tidak semua orang memiliki pengetahuan …