Depan Artikel Kesehatan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

5 min read
0
82
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan (3)

Yang kita tahu, jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan. Namun apakah Anda tahu bahwa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan itu banyak sekali?. Aroma dan rasanya yang kecut dan segar, menjadikan air perasan jeruk nipis tidak begitu disukai orang. Selain untuk makanan, jeruk nipis juga digunakan untuk campuran minuman.

Baca juga : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Berbeda dengan jeruk yang biasanya, jeruk nipis tidak dimakan dengan cara langsung. Jeruk ini lebih sering dicampurkan pada makanan atau minuman agar lebih sedap. Walaupun begitu, tidak banyak orang tahu bahwa jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Penasaran? Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang Belum Diketahui

Meremajakan Kulit Anda

Jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Jeruk Nipis ini bisa berguna sebagai skincare supaya kulit Anda terlihat lebih muda. Hal ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis dapat memperkuat kolagen. Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat awet muda? Konsumsi perasan jeruk nipis dengan rutin maksimal satu hari sekali. Ini bisa membuat kulit terhidrasi dan meremajakannya.

Mencerahkan Wajah Berseri

Selain meremajakan kulit dan membuat awet muda, jeruk nipis juga mampu membuat wajah lebih cerah. Kulit akan terasa lebih cerah karena jeruk nipis mampu mengangkat kulit mati. Caranya, Anda dapat menggunakan perasan jeruk nipis yang pada wajah dengan cara mengoleskannya. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan aktivitas tersebut 1 kali sehari.

Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam Bekas Jerawat

Anda memiliki masalah dengan jerawat dan bekas jerawat yang tak kunjung hilang? Kini kami informasikan bahwa jeruk nipis dapat mengatasi masalah tersebut. Jeruk nipis ternyata juga mengandung antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang membuat jerawat. Selain bisa mengatasi jerawat, jeruk nipis juga bisa untuk menghilangkan flek pada wajah akibat bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu, kemudian oleskan pada wajah atau pada area jerawat. Tunggu beberapa menit dan bilas luluran jeruk nipis dengan air bersih.

Mencegah Ketombe dan Rambut Rontok

Selain untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga bagus untuk mencegah kerontokan rambut. Bahkan ketombe pun akan diusirnya. Bagaimana caranya? potong jeruk nipis menjadi 3 bagian, kemudian oleskan pada kulit kepala sampai merata. Biarkan rambut yang sudah diolesi jeruk nipis tersebut semalaman dengan membungkus kepala menggunakan handuk. Paginya keramasi rambut Anda dengan shampoo. Lakukan cara tersebut 3 kali seminggu, maka tidak akan ada lagi rambut rontok dan ketombe di kepala Anda.

Memperlancar Pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai obat memperlancar pencernaan. Pencernaan yang tidak lancar tentu sangat menghambat aktivitas Anda. Namun, dengan kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Sifat asam pada jeruk nipis tersebut dapat merangsang usus menyembuhkan sembelit. Oleh karena itu, mengonsumsi air perasan jeruk nipis juga dapat memperlancar buang air besar.

Demikian berbagai manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Tapi perlu diingat bahwa mengonsumsi jeruk nipis di atas tidak disarankan bagi penderita maag karena dapat memperparah penyakit maag. Namun, cara di atas aman digunakan untuk yang tidak memiliki riwayat penyakit maag. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balita Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika Balita Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya? Banyak orang merasa gemas d…