Depan Artikel Kesehatan Manfaat Tidur Bagi Kekebalan Tubuh

Manfaat Tidur Bagi Kekebalan Tubuh

8 min read
0
43
manfaat tidur bagi kekebalan tubuh (2)

Manfaat tidur, banyak yang belum mengetahui tentang hal ini. Tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan oleh manusia. Dengan tidur yang cukup akan membuat Anda lebih sehat, menjaga kekebalan tubuh, dan tidak mudah terserang penyakit. Apabila Anda mengalami kurang tidur, maka kondisi kesehatan akan terganggu misalnya tubuh Anda akan lemas, tidak memiliki semangat, dan penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa kekurangan tidur dapat menyebabkan berkurangnya sel dari aliran darah dan timbul penyakit darah rendah. Apabila hal tersebut lama-lama dibiarkan maka akan timbul penyakit yang lebih berbahaya lagi.

Baca juga : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda menjaga pola tidur yang teratur agar kondisi kesehatan selalu terjaga dan terhindar dari serangan penyakit. Sebuah studi membuktikan bahwa apabila Anda memiliki waktu tidur yang cukup akan bermanfaat bagi daya tahan tubuh, mood, hati, dan otak.

Selain itu, hal yang sangat penting dari menjaga pola tidur adalah dapat menjaga kekebalan tubuh Anda agar tetap kuat dan terhindar dari serangan penyakit sehingga kondisi tubuh akan tetap stabil dan kuat untuk menghadapi berbagai virus dari luar. Jika Anda penasaran tentang manfaat tidur untuk Berikut akan diuraikan beberapa manfaat tidur bagi kekebalan tubuh.

Inilah Manfaat Tidur Bagi Kekebalan Tubuh Bagi Manusia

Menjaga berat badan

Dengan menjaga pola tidur, maka akan berdampak pada berat badan. Apabila berat badan Anda terdapat peningkatan, maka salah satu penyebabnya adalah kondisi tidur yang tidak terkontrol, misalnya tidur terlalu larut malam.

Selain itu, pola makan yang tidak terkontrol juga berpengaruh pada pola tidur Anda. Misalnya Anda makan terlalu larut, hal tersebut menyebabkan kondisi badan Anda akan merespon untuk langsung melakukan tidur sehingga kondisi tersebut tidak sehat dan menyebabkan penggemukan badan.

Tubuh lebih sehat

Porsi istirahat dan tidur yang stabil akan membantu Anda menjaga pola hidup sehat. Apabila Anda memiliki jam tidur yang kurang dan jauh dari waktu standar jam tidur, maka dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi karena hormon insulin yang mengontrol gula dalam tubuh akan lebih tinggi dan melebihi batas normal. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyakit diabetes. Oleh karena itu, mulai sekarang tanamkan pola tidur yang teratur agar tubuh Anda lebih sehat.

Pertumbuhan badan

Dengan kondisi tubuh yang sehat, dibarengi dengan pola tidur yang sehat akan membuat Anda memiliki pertumbuhan badan yang baik dan stabil. Kondisi tidur yang nyenyak dapat melepaskan hormon dari tubuh yang dapat mendukung pertumbuhan anak pada masa anak-anak dan remaja. Selain itu, dengan pola tidur dan istirahat yang teratur memiliki peranan yang sangat penting bagi pubertas dan kesuburan pada anak.

Kehidupan seks terjamin

Terlalu lelah dalam beraktivitas akan menimbulkan kondisi tidur yang sangat berkurang dan akan terganggu. Kondisi tubuh yang terlalu lelah dapat menyebabkan kehidupan seksual juga ikut lelah. Apabila terdapat gangguan pada pola istirahat dan tidur maka terjadi kondisi rendahnya kadar hormon testosteron pada pria yang menyebabkan seks berantakan dan lelah.

Terhindar dari kecelakaan atau cedera

Akibat dari tidur yang kurang, maka akan meningkatkan risiko mengalami cidera dan kecelakaan. Kondisi tubuh yang lemas dan lelah akibat kurang tidur akan menyebabkan fokus pada manusia menurun sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dengan Anda menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kondisi tidur yang cukup dan normal akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar sehingga tidak akan lemas dan merasa ngantuk.

Meningkatkan suasana hati

Dengan kondisi tidur yang normal akan membuat Anda bisa mengontrol suasana hati yang dialami. Apabila tidur Anda kurang maka dapat menyebabkan emosi yang tidak terkontrol dengan aksi cepat marah, stres, depresi. Namun sebaliknya, jika berlebihan dalam tidur akan membuat lemas. Oleh karena itu lebih baik pola tidur dengan kadar yang normal saja.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat tidur bagi kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Tahukan Anda, tidur yang normal akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Tidur dalam waktu 7-8 jam per hari akan membuat Anda tetap sehat, jangan sampai Anda tidur dalam waktu yang kurang dari jam normal tersebut.

Mempertajam ingatan

Manfaat tidur bagi kekebalan tubuh yang terakhir adalah mempertajam ingatan. Apabila pola tidur Anda teratur akan membuat Anda tidak cepat pikun. Dengan jam tidur yang normal akan membuat Anda menyimpan segala memori dalam otak dengan benar dan sulit untuk hilang.

Waktu tidur yang paling efektif dilakukan memang berbeda-beda tergantung pada usia manusia. Apabila orang dewasa muda ataupun tua dianjurkan untuk tidur dalam waktu 7-8 jam per hari.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masalah Kesehatan Yang Viral Di Akhir Tahun 2019

Seorang perempuan mengaku terserang tumor payudara karena kebiasaan makan mi instal yang t…