Depan Artikel Kesehatan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Berkhasiat

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Berkhasiat

11 min read
0
197
Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Berkhasiat

Jamu kunyit asam menjadi salah satu minuman tradisional orang Indonesia khususnya suku Jawa yang cukup populer. Meski saat ini sudah banyak minuman kesehatan modern, khasiat aneka rempah yang terkandung dalam minuman ini masih menjadi kekhasan tersendiri dan tetap dikonsumsi banyak orang. Cara membuat jamu kunyit asam pun ternyata bisa Anda pelajari sendiri, tanpa harus menunggu pedagang jamu lewat di depan rumah. Selain lebih hemat, Anda pun bisa menjadi kualitas dan komposisi bahan-bahan yang digunakan dalam kondisi dan takaran yang baik.

Baca juga : 5 Obat Batuk Alergi dari Bahan Tradisional yang Harus Anda Coba

Jamu kunyit asam memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain membantu berbagai masalah pencernaan, minuman ini ternyata juga merupakan minuman diet alami yang membantu menghancurkan lemak yang ada di perut. Rasa asam dan manis gula merah juga menjadi cita rasa yang segar, membuat badan terasa lebih bertenaga dan bugar. Minuman tradisional khas Indonesia ini bisa Anda buat sendiri di rumah dengan khasiat yang begitu banyak.

Begini Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Home Made

Mengapa perlu membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah? Pertama untuk menjaga kesegaran minuman jamu itu sendiri. Anda bisa menikmati minuman yang terjamin freshnya saat membuat sendiri sehingga terhindar dari berbagai resiko kesehatan. Kehangatan jamu yang Anda buat sendiri terjamin kualitasnya sehingga Anda tak perlu ragu.

Kualitas bahan-bahan yang digunakan juga bisa Anda pilih yang terbaik. Mulai dari kunyitnya, asam yang digunakan, jenis gula yang dipakai dan air untuk merebusnya. Anda bisa menjamin kebersihan bahan-bahan tersebut serta kualitasnya dari varian yang terbaik.

Dengan membuat sendiri jamu kunyit asam di rumah akan mengajarkan Anda mengetahui bagaimana meramu minuman berkhasiat yang menjadi minuman tradisional khas Indonesia. Terutama jika Anda paham dengan khasiat dan kegunaan setiap komponen yang digunakan. Asam untuk apa gunanya, kunyit untuk apa dan mengapa diberi gula. Ini akan membuat Anda belajar menjadi seorang peramu obat tradisional khas Indonesia. Cara membuat jamu kunyit asam yang enak ternyata juga bisa dibuat meski Anda bukan pedagang jamu.

Sebelum membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah, pastikan Anda menyediakan lebih dulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat minuman ini. Adapun beberapa bahan yang dipakai adalah sebagai berikut:

  • Kunyit

Jenis kunyit terbaik yang digunakan untuk membuat jamu kunyit asam adalah induk kunyit. Induk kunyit ukurannya lebih besar dibandingkan yang lainnya. Biasanya juga berwarna kuning lebih pekat. Ini menandakan jumlah kandungan senyawa kurkumin dan sebagainya dalam kunyit tersebut jauh lebih banyak. Bila membeli di pasar, jenis kunyit ini biasanya lebih mahal. Namun bisa juga Anda temukan dalam campuran kunyit yang kecil. Harus teliti memilah jenis kunyit ini.

  • Asam jawa

Pilih lah asam jawa yang masih segar dan belum kadaluarsa. Saat membelinya, perhatikan teksturnya masih bagus dan segar. Cari yang warnanya masih sedikit coklat dan terlihat segar untuk membuat rasa asam yang lebih segar dan nikmat.

  • Gula jawa

Bila memungkinkan, gunakan jenis gula aren yang lebih sehat untuk tubuh. Kegunaan gula untuk menambahkan cita rasa yang lebih enak dan segar pada minuman. Khususnya untuk diet, sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis gula aren yang lebih rendah kadar glukosanya sehingga bisa membantu proses diet yang Anda jalankan. Jangan menggunakan gula putih, selain rasanya yang akan berubah, juga kandungan glukosanya yang lebih tinggi.

  • Air yang digunakan

Pilih lah air dengan kualitas yang terbaik, yang tidak terkontaminasi rasa dan aromanya. Perhatikan sumber air yang digunakan, pastikan sumber air terbaik sehingga tidak menimbulkan efek aroma dan rasa pada minuman yang akan dibuat.

Langkah-Langkah Membuat Jamu Kunyit Asam

Untuk cara membuat jamu kunyit asam yang enak dan sehat, perhatikan bahan-bahan dan takaran yang digunakan sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  1. Sediakan induk kunyit sebanyak 0,5 kg, bersihkan kulitnya dan cuci hingga bersih. Potong-potong ukurannya hingga sedikit kecil.
  2. Sediakan ¼ kg gula aren, bila tungkulnya besar, potong agar ukurannya sedikit mengecil.
  3. Sediakan 0,5 kg asam jawa yang masih segar.
  4. Sediakan air sebanyak 2 liter

Cara membuat:

  1. Tumbuh halus atau blender kunyit yang sudah dipotong-potong tadi, pastikan hingga ukurannya halus.
  2. Rebus air sebanyak 2 liter tadi hingga mendidih.
  3. Selanjutnya masukkan kunyit yang diblender ke dalam air, lalu tambahkan juga secara bertahap, asam jawa dan gula merah yang sudah disiapkan.
  4. Aduk hingga rata dan pastikan hingga semuanya mendidih.
  5. Setelah dingin, ambil penyaring lalu saringlah minuman tadi dan buang ampasnya.
  6. Minuman ini lebih enak dinikmati pada saat hangat, karena akan terasa lebih hangat di tubuh dan membuat tubuh berkeringat dan lebih sehat. Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan cukup tahan dengan ampas kunyit yang ada, Anda bisa langsung meminum tanpa harus menyaring lebih dulu, tergantung selera masing-masing. Untuk kebutuhan diet, minuman ini bisa diminum sebelum dan sesudah makan.

Meskipun cara membuat jamu ini cukup mudah, namun banyak orang yang tidak telaten membuatnya. Terlebih lagi biasanya warna kunyit sulit dihilangkan pada blender sehingga akan membuat orang malas membersihkannya. Selain menggunakan asam jawa, ada pula yang menggantikan asam jawa dengan jeruk nipis. Meskipun cita rasanya jadi berbeda, namun tujuan penggunaan asamnya tetap sama, yakni membantu menghancurkan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Takaran di atas bisa disesuaikan dengan jumlah dan ukuran kunyit yang akan dibuat, dengan menggunakan perbandingan di atas. Selama mengkonsumsi minuman ini, untuk yang diet juga harus mengatur pola makan. Untuk yang bermasalah dengan organ pencernaan juga harus menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya penderita maag, juga dianjurkan mengkonsumsi jamu kunyit asam. Selama senyawa dalam kunyit memperbaiki luka pada organ lambung, penderita juga harus menjaga jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak merusak lambung.

Buat sendiri minuman jamu kunyit asam Anda untuk memastikan kualitas dan kesegaran rasa yang didapatkan. Komposisi yang pas perlu didapatkan untuk menghasilkan rasa yang pas pula. Jangan terlalu manis karena tidak baik untuk yang sedang diet. Dan jangan terlalu asam, apalagi menggunakan jeruk nipis karena akan mengganggu asam lambung bagi penderita maag. Untuk cara yang lebih aman, penderita maag cukup menggunakan kunyit, gula merah dan air saja sebagai jamu penyembuh tukak lambung.

Cara membuat jamu kunyit asam yang enak tergantung pada jenis bahan yang digunakan, komposisi takaran yang pas serta pengalaman Anda menyajikannya. Rasa jamu yang dijual pedagang jamu terasa lebih enak, bisa jadi karena faktor pengalamannya dalam meracik dan membuat jamu. Pelajari sendiri dan temukan cita rasa yang paling pas untuk selera Anda. Bukan sekedar memasak, tapi sejatinya Anda sedang menjadi sosok peramu obat untuk tubuh Anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…