Depan Artikel Kesehatan Penyakit Maag, Hindari Makanan Ini

Penyakit Maag, Hindari Makanan Ini

11 min read
0
26
Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Para Penderita Penyakit Maag

Tak jauh berbeda dengan jenis penyakit yang lain, untuk jenis penyakit maag ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit maag adalah makan makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Apabila Anda memang menderita atau pun memiliki riwayat jenis penyakit satu ini, ada baiknya Anda kenali terlebih dulu beberapa jenis makanan untuk penderita maag yang memang perlu dikurangi, atau bahkan dihindari.

Baca juga tentang : Sakit Maag dan Cara Mengatasinya Secara Alami Tanpa Efek Samping

Sekadar informasi saja, bahwa sakit maag atau yang juga disebut dengan dispepsia ini pada dasarnya bisa dipicu karena makan yang terlalu banyak atau pun terlalu cepat, stress, mengkonsumsi obat – obatan tertentu, atau pun menderita jenis penyakit tertentu. Sakit maag bahkan juga bisa dikaitkan dengan gaya hidup yang tak sehat, alias buruk. Contohnya saja merokok, mengkonsumsi beberapa makan makanan yang pedas, berminyak, maupun berlemak, dan seringnya mengkonsumsi minum minuman beralkohol, bersoda, berkarbonasi, serta berkafein.

Daripada berlama – lama lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya tentang makan makanan yang wajib dihindari jika Anda menderita sakit maag di bawah ini.

Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Para Penderita Penyakit Maag

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, bahwa jenis makanan maupun minuman memang bisa banget jadi salah satu pemicu atau penyebab penyakit maag. Berikut ini merupakan daftar makanan untuk penderita maag yang pastinya wajib dihindari.

Makanan dan minuman asam

Ada beberapa jenis makanan dan minuman asam yang harus dihindari penderita penyakit maag, diantaranya buah lemon, jeruk, limau, saus tomat, dan juga minuman yang berkarbonasi atau bersoda yang bersifat asam, sehingga bisa sebabkan masalah pada pencernaan. Jika Anda memang menderita sakit maag, ada baiknya hindari makanan maupun jenis minuman tersebut.

Makan makanan pedas

Tak hanya makan makanan asam saja yang harus dihindari penderita penyakit maag, ternyata makan makanan pedas ini juga termasuk dalam daftar makanan yang wajib dihindari penderita maag. Alasannya adalah karena makanan pedas tersebut bisa tingkatkan resiko iritasi di bagian saluran pencernaan, termasuk lambung. Oleh sebab itu apabila Anda memang alami gangguan pencernaan, sangat dianjurkan sekali untuk memilih jenis makan makanan yang lembut, dan menghindari jenis makanan pedas.

Produk olahan susu

Perlu Anda tahu bahwa adanya kandungan laktosa yang ada di dalam susu ternyata bisa membuat susu yang dikonsumsi cenderung jadi sulit dicerna oleh tubuh. Nah, pada saat laktosa tersebut tidak bisa dicerna dengan baik, maka perut akan jadi kembung, sehingga hasilkan gas atau sebabkan diare. Yang demikian ini sudah pasti bisa semakin memperberat keluhan penderita penyakit maag. Walaupun demikian, tak berarti Anda harus jauhi produk susu sepenuhnya.

Susu pada dasarnya mengandung nutrisi yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya kalsium yang penting sekali bagi perkembangan serta kesehatan tulang. Saran kami adalah agar Anda berkonsultasi dengan dokter tentang batasan dalam mengkonsumsi susu, dan pilihlah beberapa produk pengganti susu untuk cukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Makan makanan berlemak dan digoreng

Jenis makanan lain yang perlu, alias wajib banget dihindari penderita Penyakit maag adalah makan makanan yang berlemak dan diolah dengan cara digoreng. Jenis makanan yang berlemak ini memang bisa banget memperlambat otot – otot pencernaan serta memperlambat pengosongan lambung. Tak hanya itu saja, makan makanan yang berlemak juga bisa semakin memperburuk terjadinya konstipasi serta diare. Sementara itu untuk jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng seperti ini akan butuh waktu yang lebih banyak lagi untuk dicerna, rendah serat, dan bisa buat perut jadi kembung.

Makanan dan minuman yang manis – manis

Kandungan fruktosa dan makanan atau pun minuman dengan pemanis buatan diklaim bisa sebabkan dispepsia. Hal ini dikarenakan pemanis buatan ternyata tak sepenuhnya bisa dicerna dan juga diserap di dalam tubuh sebelum akhirnya mencapai usus.

Minuman beralkohol

Alkohol juga memiliki kandungan vitamin, protein, dan nutrisi lainnya. Alkohol ternyata bisa sangat berbahaya bagi lapisan lambung serta metabolisme hati, sehingga alkohol bisa sebabkan terjadinya gangguan pada pencernaan dalam tubuh. Alkohol bahkan juga bersifat iritatif, sehingga bisa semakin memperparah keluhan para penderita maag.

Minuman yang berkafein

Minuman berkafein juga harus banget dihindari para penderita sakit maag. Beberapa jenis minuman berkafein yang tak baik bagi penderita maag diantaranya, kopi, soda, teh, dan coklat. Alasannya adalah karena bisa merangsang saluran pencernaan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dan sering, maka minuman berkafein ini bisa memicu atau pun semakin memperburuk gejala maag yang di derita.

Walaupun penderita sakit maag ini harus menghindari berbagai macam makanan yang sudah kami sebutkan di atas, ternyata masih ada banyak pula pilihan jenis makanan untuk penderita maag yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu penderita penyakit maag juga sangat disarankan sekali untuk makan sedikit akan tetapi sering, dan mengunyah makanan secara perlahan sebelum akhirnya ditelan. Apabila perlu saran yang lebih lanjut mengenai pola makan bagi penderita maag, ada baiknya konsultasikan ke dokter. Namun untuk lebih gampangnya, berikut kami informasikan juga tentang beberapa jenis makanan yang baik dan aman bagi penderita maag.

Daftar Makanan yang Baik dan Aman Bagi Penderita Penyakit Maag

Gandum dan biji – bijian

Jenis makanan yang terbuat dari gandum atau biji – bijian yang kami maksudkan di sini seperti roti maupun sereal yang biasanya memiliki kandungan serat baik di tubuh, juga pastinya bisa ditolerir kandungannya untuk dicerna lebih dalam di lambung. Biji – bijian memang kaya akan kandungan serat, contohnya saja beras merah, quinoa, barley, dan juga oatmeal. Apabila dikonsumsi ternyata bisa membantu lancarkan aliran makanan yang sudah dicerna di dalam lambung dengan baik.

Makanan kaya protein

Kebanyakan jenis makanan untuk penderita maag seperti makanan jenis daging serta ikan yang memang bisa dicerna baik oleh lambung. Akan tetapi ada baiknya lagi silakan Anda pilih daging yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Misalnya saja, Anda bisa pilih daging rendah lemak tanpa kulit, atau pun konsumsi ikan penuh dengan manfaat protein.

Makanan dengan menu sayur brokoli

Jenis sayuran yang satu ini pada dasarnya memang sangat bagus sekali untuk makanan bagi para penderita penyakit maag atau lambung. Sayur brokoli memiliki kandungan bahan kimia yang biasanya disebut dengan sulforpahane. Yang mana zat tersebut sangat berguna sekali untuk bantu bunuh helicobacter pylori atau bakteri negatif sebab punya sifat anti bakteri.

Ada sebuah study yang menunjukkan bahwasannya pada beberapa orang yang memiliki pencernaan mengandung helicobacter pylori apabila orang tersebut konsumsi masakan yang mengandung setengah cangkir brokoli per harinya selama 2 bulan ternyata bisa bantu kurangi sakit di bagian lambung. Yang demikian ini pastinya saja terbalik pada seseorang yang jarang sekali mengkonsumsi brokoli, sebab pada asupannya tak didapatkan zat sulforphane yang bisa bantu lancarkan pencernaan di lambung.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang daftar makanan yang wajib dihindari para penderita maag. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…