Depan Artikel Kesehatan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

7 min read
0
178
Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Ginjal merupakan sebuah organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring darah, mengatur kadar asam dan basa didalam tubuh, merangsang pembentukan sel darah merah didalam tubuh manusia, membentuk urin dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya. Tentunya dengan segudang fungsi tersebut peranan ginjal sangat penting didalam tubuh manusia.

Baca juga : Ketahui Penyebab Serta Bahaya Penyakit Gagal Ginjal

Bayangkan saja jika ginjal bermasalah tentu semua fungsi tersebut tidak akan bisa dilakukan oleh ginjal dan pada akhirnya akan terjadi suatu masalah didalam tubuh. Salah satunya ginjal yang bermasalah dapat menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal. Selain itu ada beberapa penyebab lain mengapa penyakit gagal ginjal dialami. Berikut apa saja penyebab gagal ginjal yang Anda harus tahu dan waspadai!

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Kurang cairan atau kondisi dehidrasi yang dialami seseorang

Salah satu aspek yang menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal adalah karena dehidrasi atau kondisi kurang cairan. Masalah ini bahkan bisa terjadi jika manusia kurang memperhatikan asupan cairan ke dalam tubuhnya. Ketika seseorang mengalami kondisi kurang cairan kemudian ginjalnya tidak akan bekerja secara normal dimana pada akhirnya dapat menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Karena itu sangat dianjurkan untuk Anda memenuhi asupan cairan harian agar tercukupi. Hindari juga makanan dan minuman yang berpotensi merusak kesehatan ginjal seperti alkohol dan yang lainnya.

Efek mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan juga minuman tertentu dapat menjadi penyebab seseorang mengalami sakit ginjal. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan sakit ginjal seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang tinggi kandungan gula dan juga garam. Sementara minuman juga ada yang menyebabkan sakit ginjal seperti minuman yang berenergi semisal soda termasuk juga berbagai minuman beralkohol yang lain.

Efek mengonsumsi obat – obatan tertentu

Obat – obatan juga ada yang dapat menyebabkan efek samping sakit ginjal. Utamanya jika Anda mengonsumsinya dalam kadar yang banyak untuk jangka panjang. Karena itu ketika Anda mengonsumsi obat – obatan Anda harus cek dosisnya agar tidak menyebabkan efek samping mengalami gagal ginjal.

Biasanya obat yang dapat berbahaya bagi kesehatan ginjal adalah obat keras. Obat ringan seperti antibiotik yang dikonsumsi jangka panjang tanpa resep dokter juga dapat menimbulkan efek samping ini sehingga Anda harus berhati – hati dalam mengonsumsinya.

Terjadinya sumbatan di saluran kencing

Sumbatan di area saluran kencing juga menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang mengalami sakit ginjal. Sumbatan ini juga menjadi salah satu ciri ketika seseorang mengalami penyakit batu ginjal dan hal tersebut juga dapat menghambat frekuensi buang air kecil pada seseorang yang mengakibatkan ketika ia mengalaminya dalam waktu yang lama maka akan berpengaruh pada kesehatan ginjalnya. Ginjal akan kotor dan kesulitan untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Kebiasaan menahan rasa ingin buang air kecil

Kebiasaan buruk yang selalu suka menahan rasa ingin buang air kecil juga dapat menjadi penyebab gangguan serius yang terdapat pada area ginjal. Jika hal ini terjadi secara berulang dan secara terus menerus tentu menjadikan ginjal dan saluran kemih Anda bisa mengalami infeksi bahkan mengalami resiko sumbatan. Karena itu Anda harus segera buang air jika sudah merasa ingin buang air, jangan ditahan atau bahkan ditunda terlalu lama karena berbagai alasan.

Tekanan darah tinggi pada seseorang

Seseorang yang mengalami kondisi tekanan darah tinggi juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan ginjalnya. Hal ini menyebabkan seseorang yang bersangkutan berpotensi terserang penyakit ginjal. Jika kemudian tekanan darah pada tubuh terlalu tinggi, kemudian darah akan lebih sulit dicuci oleh ginjal dimana jika hal ini terjadi maka kinerja ginjal pada tubuh seseorang tidak akan berjalan maksimal.

Radang pada ginjal

Radang yang terjadi pada ginjal pada awalnya bisa berupa penyakit ringan dan mungkin tidak akan menunjukkan gejala ginjal yang mengalami kerusakan. Akan tetapi jika Anda tidak mengobatinya dengan baik atau jika kemudian sistem pertahanan tubuh penderita sedang melemah, penyakit ini bisa menjadi semakin parah dan menjadi penyebab seseorang mengalami infeksi serius pada ginjal dan jaringan yang ada di sekitarnya.

Itulah apa saja aspek yang menjadi penyebab penyakit gagal ginjal terjadi. Jika Anda mengalami beberapa penyebab diatas maka Anda harus waspada dan harus segera cek dan konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…