Depan Artikel Kesehatan 5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

7 min read
0
89
5 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak sekali manfaat sayur kangkung untuk kesehatan yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Sayur kangkung sudah sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia sebagai makanan yang dapat menambah selera dan nafsu makan. Biasanya di masak dengan cara di tumis, dan menjadi menu favorit sehari-hari. Rasanya memang gurih dan nikmat, namun tahukah Anda di balik rasanya yang nikmat itu ternyata kangkung menyimpan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga :

Berikut ini adalah 5 manfaat sayur kangkung bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Masalah Mulut Berbau

Manfaat kangkung untuk kesehatan yang pertama dalah mencegah mulut berbau tak sedap. Bau mulut adalah masalah yang membuat Anda dan orang lain menjadi tidak nyaman. Meskipun sudah berusaha melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya namun tetap saja bau mulut ini tetap membandel. Nah jika demikian mungkin Anda bisa mencoba kangkung untuk mengatasi masalah bau mulut yang Anda hadapi.

Di dalam kangkung terdapat senyawa minyak esensial phellandrene, estragole, icomeme, dan cineol yang sangat ampuh untuk membasmi mikroba yang ada pada mulut. Dengan memakan kangkung, mikroba yang ada pada mulut Anda akan mati dan hancur. Bau mulut pun perlahan-lahan akan hilang.

2. Mengontrol Trombosit

Kelebihan atau kekurangan trombosit di dalam tubuh dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Trombosit yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah pada otak dan jantung. Tentu saja ini adalah masalah kesehatan yang sangat serius.

Masalah ini dapat di cegah dengan menambahkan sayur kangkung ke dalam menu makan Anda sehari-hari. Di dalam kangkung terdapat senyawa kimia yang memiliki fungsi untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam tubuh. Dengan memasukkan kangkung dalam menu makanan sehari-hari Anda, berarti Anda sudah melakukan pencegahan masalah kesehatan yang di akibatkan oleh kelebihan jumlah trombosit ini.

Dalam memasak kangkung juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama, cukup ditumis hingga layu saja agar kandungan nutrisi penting di dalamnya tidak menguap dan rusak. Bahkan saat ini kangkung sudah dikonsumsi dalam bentuk jus dalam beberapa jenis praktik diet modern. Mungkin sesekali Anda bisa mencoba mengonsumsi kangkung dalam dengan cara dijus, tambahkan buah apel agar rasanya lebih enak.

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan gula darah. Gula Darah yang berlebih akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang serius. Salah satu penyakit yang paling umum di alami oleh orang yang mengalami kelebihan gula darah adalah diabetes.

Terserang diabetes tentu saja akan menjadi sebuah mimpi buruk yang tidak Anda inginkan. Oleh karena itu Anda harus mampu mengatur pola makan sehat agar tidak terjadi kelebihan gula darah pada tubuh Anda. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi kangkung sebagai makanan sehat penangkal diabetes.

Kangkung memiliki khasiat untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Salah satu kandungan dalam kangkung adalah senyawa poli-fenolik yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga kangkung sangat baik di konsumsi untuk mencegah terserang penyakit diabetes. Untuk tujuan terapi pengobatan diabetes, kangkung juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti yang telah di jelaskan di atas. Kangkung juga memiliki khasiat yang tak kalah pentingnya yaitu untuk meningkatkan nafsu makan. Sayur kangkung memiliki senyawa kimia yang menghasilkan rasa dan aroma yang sangat khas. Ini lah yang membuat kangkung terasa sedap dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Jika Anda atau anak Anda sulit makan karena selera nafsu makan yang rendah. Mungkin Anda bisa mencoba untuk memasukkan kangkung ke dalam menu makan Anda di rumah. Cobalah untuk memasak kangkung dengan tumisan yang di variasikan dengan bahan penyedap lain seperti seafood dan saus tiram untuk memancing nafsu makan pada anak Anda. Dengan demikian nafsu makan akan meningkat dan khasiat kesehatannya juga bisa Anda dapatkan.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan yang terakhir adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang sudah kita ketahui jika kadar kolesterol yang tinggi adalah pemicu berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat seperti penyakit jantung.

Cara termudah untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengubah pola makan dan mulai rajin berolahraga. Untuk melengkapi menu sehat Anda mungkin sayur kangkung bisa sesekali ditambahkan ke dalam hidangan sehari-hari. Sayur kangkung mengandung dapat menurunkan lemak jahat bernama Trigliserida yang bisa jadi sumber penyakit jika jumlahnya terlalu tinggi.

Nah itulah 5 manfaat sayur kangkung bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga Anda sehat selalu.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sejarah Asuransi di Indonesia Tahun Ke Tahun

Sebagai warga negara Indonesia, selama ini kita mengenal berbagai macam produk asuransi mu…