Depan Artikel Kesehatan 7 Fakta Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Rokok

7 Fakta Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Rokok

6 min read
0
265
7 Fakta Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Rokok

7 Fakta Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Rokok – Berbicara mengenai masalah rokok yang sekarang menjadi salah satu topik hangat menjadi buah bibir masyarakat memang tidak ada habisnya, dan selalu menjadi kontroversial di masyarakat. Terlebih setelah pemerintah mengganti label rokok dengan kalimat “ROKOK MEMBUNUHMU” wah ngeri juga ya? Tak lama juga masyarakat mendengar bahwa harga rokok akan naik hingga menjadi 50.000 rupiah. Lalu, sebenarnya apa yang menjadi alasan harga rokok itu dinaikan dan tujuannya apa? Dan mengapa pemerintah begitu sentimentil dengan rokok?

Fakta-Fakta Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Rokok

Nah semuanya pasti ada alasannya, sekarang yang akan dibahas artikel kali ini adalah apa aja sih fakta dari rokok itu sendiri? Baik Anda yang perokok aktif maupun pasif, perlu tahu mengenai fakta-fakta dari rokok itu sendiri utamanya mengenai kesehatan dan dampak lainnya.

Baca juga : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia

Berikut ini adalah fakta-fakta berbahaya yang disebabkan oleh rokok :

  1. Rokok Membunuhmu.

Rokok itu mematikan, baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Tahukah Anda di dalam satu batang rokok terdapat 3.500 zat senyawa kimia yang 40 diantaranya merupakan racun dan karsinogenik yang dapat merusak tubuh dan membunuh perokok secara perlahan dengan merusak sistem organ seperti hati, paru-paru dan sebagainya. Tidak heran pemerintah tegas memberlakukan ketentuan agar kalimat ROKOK MEMBUNUHMU dituliskan di bungkus rokok bersamaan dengan berbagai foto mengerikan akibat merokok.

  1. Efek Ketenangan

Bagi orang yang sudah kecanduaan pasti akan sulit lepas dari merokok, nah mereka akan mengalami rasa kekhawatiran berlebih mengapa?. Rokok ternyata dapat memberikan efek ketenangan bagi para pengonsumsi. Efek yang dimaksud ini tergantung pada pengonsumsi yang menikmati rokok atas dasar apa alasannya. Setiap orang mempunyai alasan tersendiri kenapa mereka sebagai pelaku rokok dan alasan dasarnya adalah karena rokok memberikan efek ketenangan bagi para pelaku rokok tersebut.

  1. Merusak Paru-paru

Rokok dapat berisi lebih dari 4.000 bahan yang ketika dibakar akan menghasilkan lebih dari 200 senyawa kimia. Banyak dari senyawa tersebut yang dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru.

  1. Perokok Indonesia

Di Benua Asia, Badan Kesehatan Dunia dibawah naungan PBB yaitu WHO menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ketiga dengan jumlah terbanyak perokok yang angkanya mencapai 146.860.000 jiwa.

  1. Efek Asap Rokok

Sekitar 50% penyebab orang mengidap penyakit paru berasal dari asap rokok yang mereka hirup sehari-hari

  1. Bahaya Nikotin

Banyaknya nikotin yang terkandung dalam setiap batang rökok itu sekali menghirup nikotin dalam waktu 10 detik nikotin tersebut telah mencapai otak. Jadi Anda bisa membayangkan setiap batang yang rokok yang Anda hirup, berapa banyak nikotin yang meresap kedalam jaringan otak Anda.

  1. Zat pada 1 batang Rokok

Apa saja yang terkandung dalam sebatang rokok? Faktanya, rokok itu mengandung arsenik, formaldehyde, lead, hidrogen sianida, oksida nitrogen, karbon monoksida, amonia dan 43 jenis karsinogen yang telah dikenal. Dimana kandungan yang terdapat dalam rokok merupakan kandungan yang beracun dan mematikan.

Itu tadi adalah beberapa fakta tentang rokok. Jadi buat Anda yang mengonsumsi rokok sehari-hari, lebih baik berpikir lagi demi menjaga kesehatan Anda di masa depan nanti. Anda juga tidak perlu panik dengan berita simpang siur mengenai kenaikan harga rokok. Daripada Anda membeli rokok setiap hari satu bungkus rokok, mending uang untuk membeli rokok itu ditabung untuk masa depan seperti mengikuti program asuransi syariah dari Allianz 🙂

Mari kita budayakan hidup sehat sejak dini. Hindari rokok agar diri kita dan orang di sekitar kita terjaga akan kesehatannya. Mau hidup sehat? Jauhi diri Anda dari rokok dan asap rokok mulai sekarang!

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Pengertian Surplus Underwriting Dalam Asuransi Syariah

Surplus underwriting adalah selisih lebih antara dana tabarru’ yang digunakan untuk menang…