Depan Artikel Kesehatan Gejala Kanker Tulang, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Gejala Kanker Tulang, Kenali Gejalanya Sejak Dini

6 min read
0
126
Gejala Kanker Tulang, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya yang umumnya menyerang bagian tulang manusia. Jenis penyakit tersebut umumnya diidap oleh anak – anak hingga orang dewasa. Perlu Anda tahu bahwa kanker tulang ini dibagi menjadi dua bagian, yakni kanker tulang primer dan sekunder. Disebut kanker tulang primer apabila kanker tersebut muncul serta berkembang secara langsung di dalam tulang. Sementara itu untuk kanker tulang sekunder ini sendiri merupakan kanker yang asalnya dari bagian tubuh lain yang kemudian melakukan penyebaran ke tulang – tulang.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Meskipun semua tulang di dalam tubuh bisa terserang oleh jenis penyakit satu ini, akan tetapi sebagian besar terjadi di tulang lengan dan kaki. Gejala umum penyakit kanker tulang ini biasanya diawali dengan rasa nyeri tulang yang semakin lama semakin memburuk, muncul benjolan atau bengkak di tempat sel kanker tersebut tumbuh, dan tulang yang lebih rentan untuk alami patah. Tak hanya itu saja, kanker tulang ini juga bisa sebabkan tangan dan kaki terasa lebih dingin hingga kesemutan, bahkan mati rasa di area yang terkena kanker.

Walaupun demikian, gejala penyakit kanker tulang ini sendiri juga bisa semakin bervariasi pada saat sel kankernya sudah menyebar jadi beberapa tipe. Bisa dibilang kanker tulang ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya, sehingga Anda harus mengenali gejalanya sejak dini sebelum akhirnya terlambat.

Mengenali Gejala Kanker Tulang Sejak Dini

Osteosarcoma

Perlu Anda tahu bahwa osteosarcoma ini umumnya lebih cenderung terjadi di bagian lapisan luar tulang lengan, akan tetapi bukan tak mungkin muncul di bagian tulang kaki. Kanker dengan jenis ini biasanya mempengaruhi anak – anak. Di bawah ini ada beberapa gejala osteosarcoma yang harus Anda tahu.

  • Nyeri di bagian tulang. Awalnya mungkin muncul rasa sakit, dimana munculnya rasa sakit tersebut memang terjadi secara tidak terus menerus, tetapi akan lebih buruk lagi terjadi saat malam hari. Rasa nyeri akan meningkat seiring dengan aktifitas yang dilakukan si penderita dan bisa akibatkan lemas apabila tumor ada di tulang tungkai.
  • Munculnya benjolan dan memar yang tak sampai beberapa minggu setelah rasa nyeri di tulang tersebut muncul. Gejala satu ini sering sekali muncul pada anak – anak, tetapi sangat jarang sekali terjadi pada orang dewasa.
  • Tulang patah. Osteosarcoma lebih cenderung menjadikan tulang di tempat tumor jadi lemah dan pada akhirnya patah, sering sekali tidak menjadikan tulang pecah.

Ewing sarcoma

Sementara itu untuk jenis kanker ewing sarcoma ini sendiri termasuk jenis kanker langka yang umumnya terjadi di bagian jaringan lunak yang mengelilingi tulang, atau pun langsung di bagian tulang itu sendiri. Umumnya terjadi di tulang lengan, panggul, dan tulang tungkai. Di bawah ini adalah beberapa gejala ewing sarcoma harus Anda tahu.

  • Demam berkepanjangan.
  • Nyeri tulang. Perlu Anda tahu bahwa ada sekitar 85% anak dan remaja dengan kanker jenis ini alami beberapa keluhan yang tak menentu di tulangnya, seperti bengkak, nyeri, dan kaku.
  • Ada benjolan. Munculnya benjolan di bagian permukaan kulit apabila disentuh akan terasa hangat dan lembut.
  • Patah tulang. Terjadinya patah tulang tanpa cidera. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh pertumbuhan tumor di tulang yang pada akhirnya menjadikan tulangnya jadi lemah dan patah.

Chondrosarcoma

Sementara itu untuk jenis kanker berikutnya adalah chondrosarcoma yang umumnya terjadi pada bagian panggul, paha, dan bahu yang biasanya terjadi pada orang dewasa. Sel kanker ini terbentuk dari jaringan subchondral, yakni jaringan ikat diantara tulang. Berikut adalah beberapa gejala dari kanker chondrosarcoma harus Anda ketahui.

  • Nyeri tulang. Nyeri satu ini tak akan terjadi secara terus – terusan, akan tetapi bisa semakin memburuk saat malam hari atau ketika penderita melakukan aktifitas berat.
  • Tubuh lemas.
  • Munculnya benjolan di tulang.
  • Jika kanker ini terjadi di bagian panggul, maka kemungkinan besar Anda juga akan alami gangguan saluran kencing.

Itulah beberapa gejala kanker tulang yang harus Anda kenali sejak dini bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…