Depan Artikel Review Ketahui Alasan Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan dan Jurusan Agribisnis di Bandung

Ketahui Alasan Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan dan Jurusan Agribisnis di Bandung

8 min read
0
83
Ketahui Alasan Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan dan Jurusan Agribisnis di Bandung

Ketika sudah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat maka biasanya seorang siswa sudah memiliki rencana melanjutkan studi lanjutan ke Perguruan Tinggi. Saat ini banyak kampus-kampus berkualitas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Bandung. Bandung memiliki banyak kampus berkualitas dan menciptakan lulusan yang unggul sehingga mampu bersaing di zaman yang semakin modern. Masing-masing kampus memiliki puluhan jurusan termasuk salah satunya jurusan teknologi pangan di Bandung.

Bila berbicara mengenai jurusan teknologi pangan maka tak bisa terlepas dari Fakultas Pertanian. Dimana biasanya pada Fakultas pertanian tidak hanya terdapat jurusan teknologi pangan tetapi juga jurusan agribisnis. Bagi siswa yang memiliki minat yang tinggi dalam dunia pertanian dan berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman maka bisa memilih berkuliah di jurusan teknologi pangan atau agribisnis. Namun sebelum memilih jurusan tersebut maka sebaiknya ketahui apa itu teknologi pangan dan agribisnis beserta kelebihannya masing-masing.

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Kelebihannya

Bagi anda yang berencana ingin melanjutkan studi dengan memilih jurusan teknologi pangan di Bandung maka ketahui dahulu seputar teknologi pangan. Dimana jurusan teknologi pangan merupakan jurusan yang memperlajari tentang proses produksi makanan serta memastikan makanan tersebut aman dikonsumsi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Untuk itulah dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajak belajar tentang komponen kimiawi dan biologis pada makanan yang bisa berefek di dalam tubuh manusia.

Jurusan teknologi pangan juga mempelajari tentang efek sosial dari makanan yang dikonsumsi mulai dari pengaruh dari aspek ekonomi, psikologi maupun kebudayaan. Selanjutnya mahasiswa bisa belajar juga mengenai teknologi pengawetan, pemrosesan makanan, pengemasan, penyimpanan sampai produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen.

Lalu kenapa harus memilih berkualih di jurusan teknologi pangan di Bandung? Saat ini masyarakat semakin sadar dan peduli pengaruh makanan bagi kesehatan. Sehingga masyarakat menjadi lebih selektif memilih maupun membeli makanan. Dalam jurusan teknologi pangan ini nantinya akan dipelajari cara pengolahan produk makanan untuk menghasilkan makanan berkualitas. Nantinya setelah lulus dari jurusan ini, para alumni bisa bekerja di industri makanan maupun minuman dan memperoleh ilmu yang lebih dalam mengenai pengolahan bahan pangan.

Melihat tingginya jumlah industri makanan dan minuman maka peluang karier lulusan ini juga semakin cerah. Dimana lulusan jurusan teknologi pangan juga akan bekerja sebagai ahli quality control untuk memerika serta melakukan pengecekan kualitas bahan baku,peralatan, serta produk yang dihasilkan. Bahkan alumni jurusan ini juga bisa mengembangkan produk untuk menyumbang produk inovasi terbaru.

Mengenal Jurusan Agribisnis dan Kelebihannya

Mungkin selama ini anak-anak muda kurang tertarik pada dunia pertanian dan enggan melanjutkan studi di Fakultas Pertanian. Padahal Indonesia memiliki sumber daya alam yang bisa dikelola dengan baik oleh masyarakatnya agar hasilnya dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Berkaitan dengan hal itu, di Fakultas Pertanian biasanya terdapat jurusan agribisnis yang sebagian dianggap nanti lulusannya akan bekerja sebagai petani. Anggapan tersebut tidaklah benar karena justru jurusan agribisnis dapat memajukan pertanian di Indonesia melalui bisnis dan manajemen yang baik.

Untuk itulah perlu diketahui bahwa agribisnis merupakan penggabungan dari dua kata yaitu agriculture yang berarti pertanian dan business yang artinya pertanian. Bila digabungkan agribisnis yaitu bisnis atau manajemen yang bergeral dalam bidang pertanian maupun berbagai hal yang mendukung. Mahasiswa jurusan agribisnis di Bandung akan mempelajari tentang ilmu Soshum dan Saintek sehingga nantinya yang akan dipelajari seputar segala aspek budidaya, manajemn usaha, pengolahan hasil pertanian, kewirausahaan serta pemasaran produk.

Lalu kenapa perlu memilih jurusan agribisnis di Bandung? Mungkin sebagian lulusan SMA atau SMK merasa kurang tertarik dengan jurusan agribisnis. Padahal jurusan ini memiliki banyak kelebihan terutama prospek kerja yang cerah. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  1. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi kekayaan alam yang besar terutama komoditi pangan yang besar di dunia. Hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk terus dikembangkan dan tentunya membutuhkan lulusan dari jurusan teknologi pangan sebagai pendukungnya.
  2. Dapat menghasilkan komoditi pangan dan senantiasa dibutuhkan masyarakat. Lulusan jurusan agribisnis dapat menjadi pelopor pangan di Indonesia baik untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan lain sebagainya.
  3. Bagi lulusan dari jurusan IPA maka bisa memilih jurusan agribisnis karena sesuai dengan bakat dan minat terutama bagi siswa yang suka dengan mata pelajaran Biologi.
  4. Peluang kerja lulusan agribisnis memang sangat besar dan cerah namun cukup disayangkan jurusan agribisnis masih sepi peminat. Sehingga peluang masuk di jurusan ini sangat besar dibandingkan jurusan lainnya.

Melalui informasi di atas tentu bisa memberikan gambaran dan pertimbangan bagi lulusan SMA atau SMK yang ingin berkuliah agar tidak ragu memilih jurusan teknologi pangan atau jurusan agribisnis. Jika anda berminat berkualiah jurusan teknologi pangan atau agribisnis di Bandung dan mencari kampus yang berkualitas dan mencetak lulusan yang unggul maka silakan memilih Masoem University.

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang ke alamat kampus di Jalan Raya Cipacing Nomor 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat. Atau bisa menghubungi di nomor telepon 022 7798340 dan nomor whatsapp 08156033022.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Review

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. B…