Depan Artikel Kesehatan Manfaat Sirsak, kepoin yuk :)

Manfaat Sirsak, kepoin yuk :)

22 min read
0
205

Sirsak, juga dikenal sebagai Graviola, adalah buah tropis berduri, besar, dan hijau. Ini memiliki daging manis sehingga digunakan untuk es krim, minuman segar, dan makanan manis lainnya, yang populer di Amerika Selatan. Selain itu, buah ini mengandung cukup banyak komponen alami dengan khasiat obat, yang membuatnya menjadi bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Baca juga : 9 Khasiat Minuman Sehat bagi Tubuh Anda

Kedua daun dan buah pohon Sirsak bisa dimanfaatkan untuk resep makanan dan perawatan alami. Orang menggunakannya sebagai obat herbal untuk rasa sakit, demam, sakit perut, masalah pernafasan seperti batuk dan asma, dan banyak masalah lainnya. Sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai zat alami termasuk senyawa lemak yang disebut acetogenins, terutama senyawa yang disebut annonacin, yang lain yang disebut annopentocins dan quinolones, bersama dengan 2 alkaloid yang disebut coreximine dan reticulin yang memiliki aktivitas biologis. Dengan khasiat kaya, Sirsak digunakan untuk mengobati kanker, diabetes, nyeri, atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kesehatan rambut dan kulit.

Pada artikel ini, akan menyajikan 14 manfaat kesehatan dari buah & daun sirsak. Artikel ini mencantumkan keunggulan terbaik Sirsak dari sumber terpercaya sehingga Anda benar-benar dapat mempercayainya. Namun, tulisan ini hanya cenderung memasok informasi kesehatan dan tidak bertujuan untuk memberikan saran medis. Teruslah membacanya untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman ampuh ini!

  1. Mengobati Kanker

Manfaat sirsak untuk kanker sudah sangat populer di beberapa asia tenggara, dengan bukti menakjubkan. Ini mungkin manfaat terpenting dari daun sirsak. Banyak penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak benar-benar ampuh untuk melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan kanker, seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, dan lain-lain. Salah satu penelitian terbesar yang telah dilakukan mengatakan bahwa senyawa dalam Daun sirsak bisa menghambat sel kanker dan bisa menyembuhkan kanker lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan metode kemoteraphy muka.

Jadi, daripada menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk membayar kemoterapi Anda, Anda harus mempertimbangkan daun sirsak ajaib ini yang lebih manjur dan juga, khasiatnya terhadap sel kanker sudah terbukti.Lebih jelas lagi, Acetogenins adalah senyawa aktif yang mampu mencegah sel abnormal atau sel kanker memasok energi yang penting untuk pertumbuhan dan reproduksi mereka.

Aktivitas ini tergantung pada cara mereka mengganggu proses enzim yang terlibat dalam memproduksi ATP, yang dikenal sebagai molekul energi yang memicu aktivitas sel. Bila tidak ada molekul, sel tidak dapat melakukan fungsi dasar agar tetap hidup dan tumbuh. Plus, senyawa ini menghambat darah mengalir ke sel abnormal untuk memotong suplai bergizi mereka. Ada beberapa bentuk kanker yang bisa ditangani oleh Sirsak termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker prostat.

Menurut penelitian sebelumnya, Sirsak bisa melawan kanker 10000 kali lebih kuat daripada kemoterapi. Dan untuk menggunakan perawatan ini, Anda bisa merebus 10 daun sirsak dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa satu cangkir. Anda kemudian menyaring dan mendinginkannya, atau minum ramuan ini setiap pagi dalam 3 sampai 4 minggu untuk mendapatkan perbaikan. Kesimpulannya, daun sirsak mungkin merupakan pengobatan alami terbaik untuk kanker.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Saraf

Mencegah risiko penyakit jantung dan penyakit saraf adalah salah satu manfaat kesehatan Sirsak yang akan datang. Tanaman ini dapat meningkatkan metabolisme, merangsang sirkulasi darah yang tepat, dan mencegah kerusakan pada saraf, sehingga membuat jantung berfungsi dan sistem saraf kurang rusak dan lebih baik bahkan ketika Anda bertambah tua.

Baik penyakit jantung maupun saraf berbahaya dan sulit disembuhkan begitu terjadi pada tubuh manusia. Dan alih-alih menggunakan obat biasa, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah sirsak, atau ekstrak daunnya untuk mencegah atau meringankan kondisi buruk ini.

  1. Mengobati Diabetes

Ada banyak penelitian tentang hewan untuk mempertimbangkan bagaimana efek ekstrak Sirsak terhadap diabetes dan hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak ini memiliki efek positif pada penurunan kadar gula darah, penyebab utama diabetes. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa hewan yang menderita diabetes mellitus diindikasikan memiliki peningkatan antioksidan dalam darah saat mengkonsumsi ekstrak Sirsak, dan kemudian ada sedikit kerusakan pada hati.

Dengan bukti tersebut, para ahli menyarankan bahwa ekstrak Sirsak atau Sirsak memiliki efek menguntungkan dan protektif pada jaringan hepatik yang mengalami stres oksidatif dengan mengurangi produksi lipid dan secara tidak langsung mempromosikan produksi antioksidan dan insulin endogen. Meskipun belum ada hasil yang pasti dari efek Sirsak pada manusia dengan diabetes, kita dapat menemukan kemampuannya untuk membantu dalam mengobati kondisi buruk ini. Jadi, disarankan juga mengkonsumsi sirsak secara rutin untuk mencegah risiko diabetes.

Sebenarnya, batas umum kadar gula adalah dari 70 mg sampai 120 mg, dan daun sirsak mengandung bahan yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah normal ini. Selain itu, ekstrak daun sirsak dikatakan digunakan sebagai obat alami untuk diabetes.

  1. Mengobati Eksim Dan Rematik

Manfaat lain dari sirsak adalah mengobati eksim dan rematik .  Sirsak diyakini memiliki kemampuan untuk mengobati eksim dalam waktu lama. Obatnya sangat mudah dengan menumbuk beberapa daun sirsak dan kemudian mengoleskannya ke daerah yang terkena 2 kali setiap hari. Obat ini bisa membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh eksim sekaligus mengobatinya.

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik yang kerap terjadi pada lansia dan kemudian menimbulkan rasa sakit yang hebat. Mereka dikenal sebagai pengobatan alami dari nyeri arthritis ini. Cara menggunakan perawatan alami ini adalah menumbuk beberapa daun sirsak sampai menjadi halus dan kemudian menerapkannya ke daerah yang terkena secara teratur dua kali sehari. Kesimpulannya, daun sirsak sangat bermanfaat untuk pengobatan eksim dan rematik.

  1. Pengobatan asam urat

Sirsak cukup bermanfaat dalam mengobati asam urat dan ini adalah salah satu manfaat kesehatan Sirsak. Itu karena kemampuannya untuk menghambat asam urat, penyebab utama asam urat. Sebenarnya, banyak obat untuk asam urat tersedia di pasaran berdasarkan ekstrak daun sirsak. Jadi, alternatifnya, Anda harus menggunakan pengobatan secara alami dengan melakukan cara ini:

  • Ambil 6 sampai 10 daun sirsak yang berwarna hijau tapi agak tua tapi kemudian bersihkan.
  • Rebus daun ini dengan 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas.
  • Ambil ramuan ini dua kali sehari (satu di pagi hari dan kiri di malam hari)
  1. Penanganan Back Pain atau Sakit Punggung

Mengobati sakit punggung adalah manfaat kesehatan berikutnya dari Sirsak. Sakit punggung adalah fenomena umum akhir-akhir ini ketika orang harus bekerja terlalu banyak atau lebih berolahraga. Anda harus menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal yang efektif untuk nyeri punggung daripada menggunakan obat kimia dengan efek samping lainnya. Anda harus merebus sekitar 20 lembar daun dengan 5 gelas air sampai hanya tersisa 3 gelas. Kemudian cobalah untuk minum ¾ cangkir ramuan sehari sekali untuk merasakan rasa sakit.

  1. Mengobati bisul

Bisul adalah kondisi kulit yang buruk yang dinyatakan dengan rasa sakit yang luar biasa dan kemudian dapat menyebabkan risiko infeksi. Bisul bisa muncul di bagian tubuh manapun terutama di wajah, sehingga mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit. Sementara itu, daun sirsak dikenal sebagai cara alami untuk menyembuhkan bisul. Jadi, Anda harus mengambil beberapa daun sirsak muda dan dengan lembut memasukkannya ke daerah yang terkena ulkus.

Apalagi Anda bisa menggunakan daun ini untuk mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya. Pulp yang terbuat dari daun sirsak dan air mawar sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya komedo, jerawat dan membuat kulit lebih halus saat dioleskan.

  1. Kurangi Peradangan

Tanaman ini telah dilaporkan memiliki kandungan anti-inflamasi dan pengaruhnya terhadap pengurangan kekebalan tubuh diselidiki pada hewan. Studi pada hewan ini juga menunjukkan bahwa ekstrak etanol Sirsak atau Sirsak telah mengurangi volume eksudatnya. Dan ini adalah dasar untuk menyarankan tanaman sebagai pengobatan peradangan karena zat aktif dengan aktivitas anti-inflamasi dan antinociceptive.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh & Mencegah Infeksi

Selain mengurangi peradangan, daun sirsak juga berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dalam tubuh karena kandungan nutrisinya. Cara yang disarankan adalah mendidih 4/5 daun sirsak dengan 4 gelas air sampai tersisa satu dan kemudian diminum ramuannya sekali sehari untuk hasil yang lebih baik.

  1. Kontrol buang air besar secara teratur

Mengontrol buang air besar secara teratur adalah salah satu manfaat Sirsak. Serat sangat kaya yang membantu Anda menghindari sembelit dan wasir. Karena itu, saat Anda mengonsumsi siraman daun sirsak secara teratur, Anda bisa mendapatkan buang air besar secara teratur.

  1. Mencegah Osteoporosis

Mencegah risiko osteoporosis adalah manfaat kesehatan berikutnya dari sirsak. Sirsak mengandung cukup banyak kalsium dan fosfor yang membantu dalam memperkuat tulang dan mencegah penyakit sendi seperti osteoporosis. Disarankan untuk mencegah risiko penyakit sendi sesegera mungkin karena mereka kemudian bisa membuat banyak rasa sakit dan sulit disembuhkan. Jadi, mengkonsumsi Sirsak adalah obat yang baik untuk melindungi diri dari rasa sakit yang parah kemudian.

  1. Meningkatkan Energi

Sirsak juga membuat Anda energik cukup lama. Itu karena itu memiliki sifat penting yang membantu menjaga agar tubuh tetap aktif dan energik sehingga Anda tidak akan merasa lesu sepanjang hari.

  1. Turunkan Depresi

Menurut penelitian sebelumnya, ekstrak dari daun dan buah sirsak mengandung 3 alkaloid termasuk annonaine, asimilobine, dan nornuciferine yang mampu mencegah pengikatan rauwolscine ke reseptor pada hippocampus betis. Ini berarti buah Sirsak memiliki efek anti-depresif, oleh karena itu, orang harus mengonsumsinya secara teratur untuk meredakan depresi dan stres.

  1. Perbaikan Kesehatan Rambut

Mempromosikan kesehatan rambut dikenal sebagai salah satu keunggulan Sirsak. Rambut Anda sangat sensitif terhadap faktor-faktor di sekitar. Bila Anda memiliki gaya hidup tidak sehat atau terpapar polutan lingkungan dan bahan kimia berbahaya, Anda mungkin menghadapi beberapa masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe, ujung pecah, kelabu pra-matang. Dalam kasus ini, produk herbal dengan bahan alami sangat efektif. Dan sebagai produk herbal, ekstrak daun Sirsak bisa membantu Anda untuk memberi makan dan mencegah masalah ini. Ditambah lagi, mereka mampu menghambat perkembangan parasit sebagai khasiat obat lainnya.

Jadi, menggunakan ramuan ramuan sirsak untuk rambut Anda tidak hanya membuat rambut Anda tetap sehat tapi juga bisa menyingkirkan kutu kepala.Selain manfaat Sirsak di atas, Sirsak juga digunakan untuk mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menstimulasi pencernaan dan meningkatkan nafsu makan, dan membuat pemulihan lebih cepat dari penyakit. Kesimpulannya, sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tahukah Anda bahwa daun sirsak akan sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik? Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mempromosikan tidur karena merupakan sumber aromaterapi yang baik. Aromaterapi daun sirsak ini akan membuat Anda menjadi rileks dan dengan demikian, Anda akan mendapatkan kualitas tidur di malam hari. Jadi, jika Anda menderita insomnia, Anda bisa mencoba aromaterapi herbal ini.

  1. Mengobati Penyakit Hati dan Menurunkan Tingkat Glukosa

Daun sirsak, jika Anda mencampurnya dengan teh, akan mengobati penyakit hati karena daun sirsak bisa merangsang produksi hormon insulin dengan membantu sel beta di pankreas. Selain mengobati penyakit hati, daun sirsak juga bisa menurunkan kadar glukosa Anda karena kenaikan produksi hormon insulin, yang akan mengubah glukosa menjadi energi.

  1. Senyawa Anti-Penuaan

Daun sirsak mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang akan sangat bermanfaat untuk melepaskan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan kulit Anda yang terkait dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan pigmentasi berat yang dapat mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan. Antioksidan ini akan melindungi Anda dari gejala tersebut, sehingga Anda akan lebih percaya diri dari sebelumnya.

  1. Lindungi Anda dari Kolesterol

Karena kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dapat meningkat secara tiba-tiba karena gaya hidup Anda yang tidak sehat, Anda mungkin bertanya-tanya sumber herbal apa yang dapat membantu Anda menyingkirkan kadar kolesterol jahat ini dari tubuh Anda. Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirsak juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda. Daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh Anda.

Berikut adalah daftar manfaat kesehatan daun sirsak untuk perawatan keseluruhan:

  • Antibakteri: Daun sirsak adalah sumber alami untuk membunuh bakteri pada tubuh.
  • Antivirus: Daun sirsak memiliki kemampuan mencegah virus tumbuh.
  • Anti tumor: Dengan demikian, Anda bisa mengambil daun sirsak untuk mencegah tumor.
  • Anti parasit: Perlawanan parasit untuk tumbuh.
  • Anti Malaria: Untuk mencegah malaria.
  • Diuretik: Daun Sirsak memiliki zat untuk mempromosikan diuresis.
  • Vermifuge: Obat anthelmintik.
  • Astringent: Untuk meminimalkan kulit kering.
  • Antimutagenik: Zat untuk mencegah gen mutasi.
  • Hipotensi: Membantu penyembuhan tingkat darah rendah.
  • Analgesik: Untuk menurunkan rasa sakit.
  • Nervin: Untuk menguatkan saraf.
  • Anti peradangan: Untuk menurunkan rasa sakit akibat peradangan.
  • Hipoglikemik: Daun sirsak memiliki zat untuk menurunkan glukosa.
  • Galactogogue: Untuk menghasilkan lebih banyak ASI bagi ibu.
  • Cardio-depressant: Tahan aktivitas jantung.
  • Vasogilator: Zat untuk pembuluh darah.

Catatan:

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan buah atau puniran sirsak karena tidak ada keamanan pada bayi dan janin yang ditentukan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat bahan lain, silakan kunjungi  halaman Kesehatan utama kami . Setelah membaca artikel dari serba serbi manfaat kesehatan Sirsak, semoga Anda bisa mengetahui manfaat terbaik dari tanaman ini. Namun, artikel ini hanya untuk tujuan informasi, jadi Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan lebih banyak saran.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…