Depan Artikel Kesehatan 5 Menu Masakan Sehat ala Indonesia yang Bergizi

5 Menu Masakan Sehat ala Indonesia yang Bergizi

8 min read
0
1,277
5 Menu Masakan Sehat ala Indonesia yang Bergizi

Indonesia terkenal sebagai negara penghasil rempah terbesar di dunia, semua jenis rempah-rempah dapat ditemui di Indonesia dengan mudah. Kekayaan rempah yang melimpah ini mejadikan Indonesia juga kaya akan beragam Jenis Masakan Daerah, dan yang paling penting masakan khas setiap daerah di Indonesia ini termasuk Jenis Masakan Sehat, karena di olah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang jauh dari bahan pegawet. Ikan contohnya, adalah salah satu Menu Masakan Sehat yang dapat anda jumpai di manapun, apalagi di daerah pesisir Indonesia, di sana anda bisa merasakan kesegaran ikan yang baru ditangkap oleh para nelayan.

Baca juga : Kacang sebagai Маkаnаn Terbaik untuk Dіеt

5 Menu Masakan Sehat ala Indonesia yang Bergizi

Banyak Menu Masakan Sehat Indonesia yang dapat anda beli atau anda masak sendiri di rumah, bagi anda yang baru belajar memasak dan ingin Memasak Makanan Bergizi dan tentu saja Sehat, anda dapat mencari resep-resep terbaik yang banyak beredar di dunia maya. Di antara berbagai Resep Masakan Sehat tersebut, berikut beberapa Hidangan Masakan Sehat yang bisa anda coba.

  1. Gado-gado

Mendengar nama gado-gado, pasti yang terlintas pertama kali di pikiran anda adalah makanan yang dipenuhi oleh sayuran segar dan ditambah sedikit bumbu kacang dan dilenkapi dengan kerupuk. Benar sekali, gado-gado adalah makanan khas Jakarta yang mulai dikenal pada tahun 1980-an. Terdiri dari berbagai jenis sayuran segar, membuat gado-gado menjadi salah satu Menu Masakan Sehat yang harus anda coba. Banyak jenis sayuran yang bisa anda olah menjadi gado-gado, seperti kentang, mentimun, tauge, kacang panjang, tomat, dan daun selada. Semua sayuran ini diaduk dan disajikan dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, dan kacang tanah.

Dengan campuran sayuran yang beragam menjadikan gado-gado sebagai Masakan Bergizi dan bisa menjadi pilihan untuk anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, gado-gado bisa menjadi Menu Masakan Sehat pilihan ibu untuk mengajarkan anak-anak mengkonsumsi sayuran sejak dini.

 

  1. Sop Tomat Khas Jawa Timur

Bagi penyuka Sop, Sop Tomat tentu bukanlah Jenis Masakan Sehat yang asing untuk anda. Menu Masakan Sehat yang satu ini terdiri dari campuran tomat, potongan daging ayam, buncis, dan wortel. Semua bahan ini dimasak dengan rempah yang melimpah namun mudah ditemui, seperti garam, gula pasor, merica bubuk, saos tomat,kaldu ayam, dan kecap manis. Sop Tomat ini kaya akan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata, gigi, dan tulang anda. Menjadikan tomat sebagai salah satu menu wajib anda, akan membuat anda terhindar dari penyakit degeneratif. Di samping itu, tomat juga dipercaya dapat membantu memaksimalkan kecantikan anda. Kandungan lycopene dalam tomat mampu menjadikan kulit anda putih alami.

  1. Jamur Crispy

Bosan dengan kentang crispy yang bisa anda temui di berbagai rumah makan?.cobalah untuk mengeksplor kemampuan memasak anda dengan mencoba Menu Masakan Sehat, Mudah, dan Bergizi ini, yaitu Jamur Crispy. Jamur adalah salah satu tanaman yang dapat anda beli dengan mudah juga murah (tergantung jenis jamur yang diinginkan). Jamur Crispy ini bisa menjadi lauk pendamping nasi, juga bisa menjadi cemilan untuk anda dan keluarga. Bentuk yang kecil tidak menghalangi jamur untuk memberikan nutrisi yang melimpah untuk anda. Berdasarkan penelitian, jamur mengandung nutrisi yang lebih besar dari asparagus yang mampu membantu sel regenerasi dalam tubuh anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadikan Jamur Crispy sebagai Menu Masakan Sehat dan Bergizi untuk keluarga anda.

  1. Kerang tepung crispy

Indonesia yang mayoritas adalah kepulauan, menyebabkan penduduk Indonesia dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bersumber dari laut. Selain ikan ada lagi kerang yang juga mempunyai cita rasa yang unik. Dengan mencoba mengolah kerang dengan campuran tepung dan lada bubuk, anda bisa mengajak si kecil untuk menyukai Makanan Sehat yang berasal dari lautan. Selain enak, kerang juga mengandung banyak gizi yang berguna bagi tubuh anda, seperti zync yang bagus untuk membantu menyembuhkan luka. Untuk anak-anak kandungan mineral yang ada dalam kerang juga baik untuk membantu tumbuh kembang mereka.

  1. Perkedel Ikan Tuna

Tidak hanya jagung yang bisa diolah menjadi perkedel, Ikan Tuna pun bisa dimasak menjadi perkedel yang disukai banyak orang, terutama anak-anak yang tidak menyukai olahan ikan. Anda hanya harus men-fillet ikan tuna dan mencampurnya dengan kentang, tepung, bawnag merah, bawang putih, dan telur. Setelah itu goreng dan sajikan setelah meniriskan minyaknya terlebih dahulu. Ikan Tuna merupakan salah satu Menu Masakan Ikan Sehat yang terkenal dengan anti oksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Banyak jenis Menu Masakan Sehat Indonesia yang bisa anda olah dan kreasikan di rumah, tetapi pilihlah Bahan Masakan Bergizi dan Segar, agar manfaat yang terkandung di dalamnya dapat meresap ke tubuh anda dengan sempurna.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Syariah Terbaik 2019 Itu ..

Allianz Syariah, Terpilih kembali menjadi Asuransi Syariah Terbaik untuk Kategori Asuransi…