Depan Artikel Kesehatan Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

5 min read
0
1,750
Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya

Menghilangkan karang gigi merupakan salah satu masalah yang hampir semua orang menginginkannya. Masalah kesehatan gigi ini terjadi akibat penumpukan plak pada gigi yang mengeras dan akhirnya membentuk lapisan karang. Jika masalah ini terus dibiarkan, karang akan mempengaruhi warna gigi dan kekuatan akar gigi anda. gigi menjadi lebih rapuh karena adanya karang. Selain itu karang gigi juga menjadi faktor lainnya penyebab bau mulut. Maka dari itu perlu mengetahui cara pencegah dan pengobatannya.

Baca juga : Kaki Kesemutan, Waspada Penyakit Berbahaya Ini

Karang gigi bisa dicegah dengan rutin menyikat gigi. Dengan menyikat gigi secara rutin anda bisa meminimalisir kondisi gigi yang memiliki plak menumpuk. Selain itu anda wajib rutin berkumur serta mencukupi kebutuhan air minum anda. untuk membersihkan karang gigi juga bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. berikut ini beberapa cara alami untuk menghilangkan karang gigi serta cara mencegahnya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

  1. Biji wijen

Anda bisa mengunyah biji wijen untuk menghilangkan karang gigi. Biji wijen memiliki sifat meluruhkan karang secara alami. kunyah biji wijen secukupnya kemidian sikat gigi dalam kondisi kering, dan biji wijen masih disekitar gigi. Biji wijen berfungsi sebagai scrubs dan memoles gigi sehingga lebih putih dan bebas karang.

  1. Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki vitamin C yang tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk mengikis karang dan membunuh bakteri penyebab karang gigi. Usapkan kulit jeruk pada bagian gigi kemudian biarkan semalaman. Pada pagi harinya anda bisa berkumur. Kulit jeruk akan memerangi mikororganisme penyebab karang gigi dan mematikan bakteri jahat didalamnya.

  1. Baking soda

Anda juga bisa menggunakan baking soda. Selain memutihkan gigi, baking soda juga bisa mengikis karang secara alami. gunakan sesendok baking soda dan tambahkan sedikit garam. Gunakan campuran ini untuk menyikat gigi. Lakukan secara teratur agar karang gigi bisa terkikis secara mudah.

Cara Mencegah Karang Gigi

  1. Sikat gigi secara teratur

Karang gigi disebabkan penumpukan sisa makanan yang mengendap dan akhirnya mengeras. Untuk mencegahnya anda perlu menyikat gigi secara teratur. Sikat gigi secara teratur agar karang gigi bisa dicegah sejak dini. Sebaiknya sikat gigi minimal 2 kali sehari pagi dan malam. sangat dianjurkan sikat gigi sebelum tidur agar kuman tidak bekerja di area mulut ketika kita sedang tidur.

  1. Konsumsi air putih secara cukup

Mengkonsumsi air putih secara cukup juga baik mencegah karang gigi. Air putih akan meluruhkan bakteri dan flek penyebab karang pada gigi. Selain itu air putih juga bermanfaat menstabilkan kondisi asam dalam mulut. Konsumsi air putih secara cukup dan rutin untuk mencegah karang gigi.

  1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Jagalah kebersihan mulut dan gigi secara baik. selain menyikat gigi secara teratur, anda mesti berkumur dengan antiseptik dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Jika hal tersebut dilakukan, masalah karang gigi bisa anda cegah secara mudah.

Itulah beberapa solusi dan pencegahan karang gigi yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat menambah informasi anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tidak Ada Komentar

  1. […] Baca juga : Menghilangkan Karang Gigi, Mencegah dan Caranya […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Syariah Terbaik 2019 Itu ..

Allianz Syariah, Terpilih kembali menjadi Asuransi Syariah Terbaik untuk Kategori Asuransi…