Depan Artikel Kesehatan Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis

Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis

5 min read
0
814
Komplikasi Penyakit Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau juga lebih dikenal dengan diabetes militus adalah salah satu penyakit kritis yang terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang berguna untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Insulin merupakan enzim yang mempunyai tanggung jawab dalam proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh kita. Banyak juga yang menyebut ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin akibat adanya kelainan metabolisme ini dengan penyakit gula.

Dengan adanya gangguan insulin, mengakibatkan penumpukan kadar gula dalam darah. Penumpukan kadar gula dalam darah akan dibuang secara otomatis oleh tubuh ke saluran urine. Oleh sebab itulah biasanya orang yang menderita penyakit kencing manis / diabetes air kencingnya dikerubuti semut karena mengandung banyak gula.

Dalam kondisi normal, saat menyantap nasi atau kentang, tubuh langsung mencerna karbohidrat lalu mengubahnya menjadi gula. Selanjutnya, glukosa yang mengedarkannya ke seluruh tubuh lewat peredaran darah, kemudian glukosa yang ada dalam aliran darah masuk ke dalam jaringan dan sel-sel tubuh, dengan bantuan insulin mengubahnya menjadi energi.

Tubuh manusia ibarat sebuah mesin mobil, bahan bakarnya adalah glukosa yang digunakan untuk menjalankan mesin mobil. Jika bahan bakarnya tidak bagus, kemungkinan besar mesin mobil tidak akan bekerja dengan maksimal.

Terjadinya gangguan insulin pada tubuh juga menimbulkan kadar lemak di pembuluh darah semakin meningkat. Gangguan metabolisme ini mempunyai resiko kecacatan bagian tubuh lain. Sebab jika ada bagian tubuh yang terluka akan sangat mudah terinfeksi sehingga akan berdampak adanya komplikasi penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, kebutaan (katarak), gagal ginjal dan masih banyak penyakit lainnya.

Ada 2 type bagaimana cara penyembuhan penyakit kencing manis (diabetes) ini.

  1. Penderita yang secara penuh memiliki ketergantungan insulin. Biasanya orang yang menderita diabetes ini di injeksi insulin secara berkesinambungan
  2. Penderita yang manis bisa dibantu dengan mengkonsumsi obat-obatan. Biasanya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan (obesitas)

Jika Anda mempunyai polis asuransi syariah dari Allianz (AlliSya) dengan mengambil manfaat proteksi sakit kritis, anda sudah mempunyai kekuatan financial untuk mengantisipasi biaya yang terjadi jika terjadi serangan penyakit kritis pada diri Anda. Karena ada dana tunai (Cash) yang diberikan AlliSya yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. (Selengkapnya baca : Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia)

Beberapa Ciri Ciri Penyakit Kencing Manis Yang Perlu di Waspadai

Anda perlu waspada jika mengalami ciri ciri dibawah ini yang disebabkan oleh penyakit kencing manis, yaitu :

  • Penonjolan tulang pada kaki
  • Banyak luka di sekitar jari
  • Kulit, permukaan telapak kaki, rambut, dan kuku mengalami penebalan
  • Goresan hitam, yang biasanya muncul diketiak, leher, dan ruas jari
  • Telapak kaki datar
  • Jari kaki menjadi bengkok
  • Kuku yang sudah kering dan akan mudahnya mengelupas
  • Kaki di penuhi mata ikan dan luka
  • Sering merasakan selalu lapar
  • Fungsi saraf akan menurun
  • Penurunan berat badan secara drastis tanpa di ketahui penyebabnya
  • Sering buang air kecil
  • Sering merasakan kehausan tanpa alasan yang jelas
  • Jika tubuh akan mengalami luka maka akan sulit untuk sembuh atau mengering
  • Warna kulit gelap terutama pada bagaian leher
  • Penglihatan melemah dan menjadi kabur

#1YgTerpenting AlliSya merupakan pilihan proteksi financial penyakit kritis yang bisa menyerang siapa saja. Segera lindungi diri Anda dan Keluarga dengan bergabung dengan Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia yang mempunyai konsep gotong royong sesama anggota.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

3 Komentar

  1. […] Baca juga : Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis […]

    Balas

  2. […] Anda tentang penyakit diabetes mellitus? Pada artikel sebelumnya, ( Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis) sudah dibahas juga tentang penyakit kritis ini. Penyakit ini memang disebabkan oleh tingginya […]

    Balas

  3. […] baca : Waspada Terhadap Gejala Penyakit Kencing Manis ) Bagi penderita diabetes biasanya juga memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Bukan Melawan Takdir, Tapi Berikhtiar Untuk Hari Esok

Saya hanya tersenyum saat membaca beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ikut asuransi it…