Depan artikel asuransi 10 Perusahaan Asuransi Dengan Total Asset Terbesar Didunia

10 Perusahaan Asuransi Dengan Total Asset Terbesar Didunia

9 min read
0
170
10 Perusahaan Asuransi Dengan Total Asset Terbesar Didunia

Perlu diketahui bahwa ada ratusan juta orang di dunia ini yang rutin membayar premi asuransi untuk memastikan bahwa beban keuangan akan diurus oleh perusahaan asuransi jika mereka sakit, terjadi kecelakaan, atau terkena dampak bencana alam.

Perusahaan asuransi berlomba-lomba menawarkan berbagai macam produk seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi kecelakaan, dan lain-lain. Kali ini kami akan membahas 10 perusahaan asuransi yang memiliki asset terbesar di dunia.

Baca juga : Asuransi Syariah di Indonesia Terdaftar di OJK

Adapun kriteria yang diambil untuk menyusun daftar perusahaan asuransi terbesar seperti premi bersih tertulis, laba, pendapatan, kapitalisasi pasar, dan asset. Kami telah memberi peringkat perusahaan asuransi terbesar di dunia berdasarkan total asset mereka. Data aset berasal dari data perusahaan Global 2000 (Forbes’ 2019 Global 2000) yang dirilis Forbes dan Sovereign Wealth Fund Institute pada tahun 2019 baru-baru ini.

Inilah Daftar 10 Perusahaan Asuransi Dengan Total Asset Terbesar Didunia

10 – American Insurance Group, $ 492 miliar

American Insurance Group (AIG) meupakan perusahaan asuransi yang berbasis di New York memiliki total aset $ 492 miliar. Menawarkan produk pensiun, asuransi jiwa, properti dan asuransi kecelakaan, asuransi hipotek, dan produk lainnya. Perusahaan Ini membukukan pendapatan $ 47,2 miliar pada tahun lalu. AIG memiliki perusahaan yang kuat di lebih dari 80 negara. Selama krisis keuangan 2008, AIG menerima dana talangan pemerintah sebesar $ 180 miliar.

9- Asuransi Jiwa Dai-Ichi, $ 509,4 miliar

Raksasa asuransi jiwa dan kesehatan Jepang didirikan pada tahun 1902 di Tokyo. Ia memiliki $ 509,4 miliar total aset. Dai-Ichi mengakuisisi Protective Life Corporation yang berbasis di AS pada 2015 untuk memperkuat kehadirannya di AS. Selain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan produk pensiun, ia juga menawarkan layanan manajemen aset. Dai-Ichi juga beroperasi di India, Vietnam, Australia, Thailand, dan Indonesia.

8- Manulife Financial, $ 517,8 miliar

Manulife adalah perusahaan asuransi terbesar di Kanada. Ini memiliki lebih dari 26 juta nasabah di seluruh dunia. Mereka beroperasi dengan membawa Brand Manulife di Kanada dan sebagian besar pasar lainnya, tetapi di AS ia menawarkan layanan melalui John Hancock Life Insurance. Didirikan pada tahun 1887 sebagai Perusahaan Produsen Asuransi Jiwa. Perusahaan juga menawarkan reksa dana dan layanan manajemen investasi.

7- Aviva, $ 533,3 miliar

Aviva adalah perusahaan asuransi umum terbesar di Inggris dan yang terbesar kedua di Kanada. Ini memiliki $ 533,3 miliar total aset. Perusahaan asuransi ini menawarkan asuransi umum, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan layanan manajemen aset kepada 33 juta pelanggan di 16 negara. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2000 setelah penggabungan CGU dengan Norwich Union. Awalnya disebut CGNU, tetapi perusahaan mengubah namanya menjadi Aviva pada tahun 2002.

6- Generali Group, $ 588,5 miliar

Didirikan pada tahun 1831 di Italia, Generali Group adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan maupun total aset. Menurut Forbes, ia memiliki total aset $ 588,5 miliar, dan pendapatan tahunannya adalah $ 92,1 miliar. Generali Group telah menjadi pusat kontroversi karena tidak membayar klaim atas polis asuransi jiwa yang telah dijual kepada para korban Holocaust . Para pengacara korban berpendapat bahwa para korban yang berjumlah lebih dari 100.000 Orang Yahudi itu harusnya dicover oleh asuransi jiwa pada saat itu. Akan tetapi Generali hanya mampu membayar sekitar 5.200 orang saja.

5- MetLife, $ 692,5 miliar

MetLife yang berbasis di New York adalah salah satu penyedia asuransi, anuitas, dan program tunjangan karyawan terbesar dan tertua di dunia. Perusahaan ini melayani lebih dari 90 juta nasabah di lebih dari 60 negara. Perusahaan ini didirikan pada 1868. Beberapa tahun yang lalu, MetLife memisahkan bisnis ritelnya di AS menjadi entitas terpisah yang disebut Brighthouse Financial, yang mewarisi anuitas MetLife dan bisnis asuransi jiwa untuk pasar ritel.

4- Prudential Financial, $ 815,1 miliar

Prudential Financial adalah penyedia asuransi terbesar di Amerika Serikat dengan total aset sebesar $ 815,1 miliar. Perusahaan ini menawarkan asuransi, anuitas, produk pensiun, dan layanan manajemen investasi untuk pelanggan di lebih dari 40 negara. Ia memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 42,4 miliar. Jangan bingung jika Prudential Financial yang berbasis di New Jersey dengan Prudential Plc yang berbasis di Inggris itu berbeda. Meskipun keduanya adalah perusahaan asuransi, mereka adalah entitas yang terpisah.

3- Axa Group, $ 1.034,5 miliar

Didirikan pada tahun 1816 di Paris, Axa Group melayani lebih dari 102 juta nasabah di seluruh dunia. Menawarkan asuransi jiwa, asuransi properti dan kecelakaan, produk pensiun, dan layanan manajemen aset. Perusahaan ini memiliki aset $ 1.034,5 miliar. Selama bertahun-tahun, Axa telah mengakuisisi banyak perusahaan asuransi di seluruh dunia termasuk Colpatria Seguros di Kolombia, operasi asuransi non-jiwa dari HSBC di Meksiko, dan akuisisi 50% saham di perusahaan asuransi kecelakaan Tiongkok Tian Ping.

2- Asuransi Ping An, $ 1.038,3 miliar

Menurut Forbes, perusahaan asuransi terbesar di China memiliki aset $ 1.038,3 miliar. Bisnis utamanya meliputi asuransi jiwa, asuransi properti dan kecelakaan, manajemen kekayaan, broker, dan layanan perbankan investasi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1988 di Shenzhen. Asuransi Ping An membukukan pendapatan $ 157,4 miliar tahun lalu. Itu juga merupakan perusahaan asuransi paling berharga dalam daftar ini dengan kapitalisasi pasar $ 220,2 miliar.

1- Allianz, $ 1.060,2 miliar

Menurut Forbes, Allianz adalah perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan aset sebesar $ 1.060,2 miliar. Didirikan pada tahun 1890. Allianz menawarkan asuransi kehehatan, asuransi jiwa, dan layanan manajemen aset. Allianz memiliki lebih dari 88 juta nasabah di lebih dari 70 negara. Pendapatan pada tahun 2018-nya mencapai $ 145,7 miliar. Allianz pernah membayar klaim 3000 korban jiwa saat terjadi bencana gempa bumi di San Fransisco pada 18 April 1906 dengan total klaim $350.000.000,- (Tiga ratus lima puluh juta Dollar Amerika) dan menjadi rekor tersendiri pada zaman itu. Dana yang dikelola Allianz sepanjang tahun 2017 adalah US$2.4 Trilliun yang jika dikonversi ke Rupiah menjadi Rp 33 Kuadriliun. Jangan dibandingkan dengan APBN Indonesia yah 🙂

Demikianlah 10 Perusahaan Asuransi Dengan Total Asset Terbesar Didunia, semoga menginspirasi untuk segera memiliki asuransi sebagai proteksi dengan bonus investasi 🙂

Sumber tulisan berasal dari https://www.valuewalk.com/2019/07/top-10-largest-insurance-companies-total-assets/

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Akad Tabarru’, Mengatasi Masalah Bersama-sama

Akad tabarru’ yang “dianut” dalam asuransi syariah adalah akad atau perj…