Depan artikel asuransi Ingin Memiliki Asuransi? Pastikan Anda Sudah Mempertimbangkan Ini!

Ingin Memiliki Asuransi? Pastikan Anda Sudah Mempertimbangkan Ini!

5 min read
0
26

Sebagai makhkuk hidup, tentu kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya pada fase kehidupan kita. Tidak ada yang ingin mengalami nasib buruk di kemudian hari. Untuk itu, sebagian orang merencanakan sesuatu yang akan ia kerjakan esok. Berbagai kemungkinan dapat terjadi, yang dapat kita lakukan adalah mengantisipasinya, sehingga ketika terjadi sesuatu, kita dapat mengatasinya.

Baca juga : Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, Pilih yang Mana Ya?

Kini, marak beredar tawaran-tawaran asuransi. Tidak hanya satu, asuransi terbagi menjadi beberapa bagian, misalnya asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, dan lainnya. Dalam penawarannya, tentu sangat menggiurkan, kita akan mendapatkan “klaim” berupa dana ketika terjadi sesuatu yang merugikan finansial kita.

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi

Namun, sebelum anda mendaftar sebagai bagian dari asuransi, ada baiknya anda mengetahui hal-hal di bawah;

Kebutuhan anda

Dengan banyaknya jenis asuransi yang ada saat ini, akan lebih bijak jika anda memilihnya sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Asuransi kesehatan dapat anda pilih sebagai jaminan ketika anda mengalami masalah pada kesehatan anda. Asuransi dapat digunakan sebagai pembiayaan pengobatan dan biaya menginap anda.

Asuransi pendidikan memudahkan anda dalam mempersiapkan masa depan putra putri anda dalam pendidikan. Biasanya asuransi ini dapat dimulai bahkan sebelum putra putri anda memasuki dunia pendidikan, dengan itu, anda dapat menjamin ketersediaan dana untuk pendidikan putra putri anda.

Asuransi kendaraan atau properti. Pada asuransi ini, anda mendaftarkan kendaraan atau properti yang anda miliki. Ketika kendaraan atau properti yang anda daftarkan pada asuransi mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan, barang anda dapat segera diganti.

Asuransi jiwa, merupakan jaminan ketika anda meninggal dunia, pihak yang anda pilih sebagai pewaris; suami/istri anda atau anak anda, biasanya akan mendapatkan kompensasi dari kejadian tersebut.

Biaya asuransi

Ketika anda ingin mendapatkan ketenangan dan diakui sebagai pengguna asuransi, setelah anda mendaftarkan diri anda, anda diwajibkan untuk membayar sejumlah uang. Besar kecilnya uang yang anda bayarkan bergantung dengan jenis asuransi apa yang anda pilih. Ketika anda memilih asuransi kendaraan, kendaraan yang anda miliki berupa mobil, akan lebih besar nominalnya dibanding ketika anda memiliki motor. Sama halnya dengan asuransi kesehatan, pada asuransi kesehatan dibagi beberapa tingkatan, semakin tinggi tingkatan, harganyapun berbanding lurus.

Anda perlu mengenali dan memilihnya, pastikan anda mendaftar sesuai dengan kemampuan anda. Biaya asuransi wajib dibayarkan perbulan. Ketika anda tidak membayar, anda akan kesulitan jika akan mengklaim asuransi tersebut di kemudian hari.

Tempat asuransi

Sejalan dengan beredar luasnya asuransi, kini, banyak pula penyedia asuransi. Anda harus memilih dengan bijak, karena ini merupakan tempat anda menggantungkan masa depan anda. Anda dapat membandingkan beberapa tempat asuransi dan mempertimbangkan baik dan buruk masing-masing tempat asuransi tersebut. Untuk lebih meyakinkan anda, anda dapat menanyakan pada sanak saudara anda yang sudah mengikuti asuransi. Anda juga bisa melihat review dari beberapa pengguna asuransi di internet.

Tempat asuransi yang tepat akan membuat anda merasa lebih tenang. Anda perlu memahami apa yang didapatkan ketika anda bergabung pada tempat asuransi tersebut dengan jenis asuransi yang anda pilih. Pada awal saat anda mendaftarkan diri, anda akan diarahkan untuk menanda tangani beberapa berkas sebagai persetujuan asuransi. Anda perlu mempersiapkan kartu identitas anda beserta surat-surat lain yang berhubungan dengan jenis asuransi yang anda pilih.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Akad Tabarru’, Mengatasi Masalah Bersama-sama

Akad tabarru’ yang “dianut” dalam asuransi syariah adalah akad atau perj…