Depan Artikel Kesehatan Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini

Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini

4 min read
0
1,371
Penyebab Flek Paru-paru

Penyebab flek paru-paru dapat dikenali sejak dini. Flek paru-paru merupakan masalah pernafasan yang kerap menjangkiti anak-anak hingga dewasa. Masalah kesehatan ini seringkali dianggap tidak berbahaya karena mirip seperti batuk berdahak. Padahal jika sudah parah, flek paru-paru bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan saluran pernafasan. Penyakit ini akan membuat seseroang merasa memiliki dahak yang berlebih pada kerongkongan. Selain itu penderita akan kesulitan bernafas jika sudah dalam kondisi parah. Flek paru-paru memang memiliki gejala yang hampir sama dengan batuk berdahak biasa.

Baca juga : Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

Maka dari itu, untuk meminimalisir resiko ini, anda perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit ini. dengan mengenali penyebabnya, anda bisa mengantisipasi sejak dini agar masalah tersebut tidak sampai menjangkiti anak dan keluarga, karena penyakit ini terbilang susah disembuhkan. Flek paru-paru disebabkan beberapa faktor seperti cuaca, bakteri, virus, dll. kenali terlebih dulu apa saja penyebab flek paru-paru untuk mengupayakan langkah pencegahannya. Berikut ini beberapa ulasan penyebab flek paru-paru yang bisa anda ketahui.

Beberapa Penyebab Flek Paru-Paru

  1. Bakteri

Flek paru-paru bisa disebabkan karena bakteri yang menginfeksi paru-paru. Infkesi ini bisa terjadi karena tetesan mikroskopis yang dilepaskan ke udara karena bersin, atau batuk. Untuk mencegah penularan karena bakteri, ada baiknya menggunakan cara seperti terapi obat-obatan dan terapi lainnya untuk meminimalisir penularan.

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem imun yang melemah juga menyebabkan tubuh rentan terkena flek paru-paru. Sistem imun yang kuat akan membuat tubuh lebih kuat terhadap serangan virus dan bakteri. Lemahnya sistem imun bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi atau kondisi lingkungan yang terpapar polusi parah.

  1. Faktor lingkungan

Lingkungan yang tidak sehat juga menjadi penyebab utama flek paru-paru. Lingkungan yang tercemar menyebabkan kondisi udara memudahkan virus dan bakteri mudah berkembangbiak. Untuk mengantisipasi hal ini ada baiknya gunakan masker jika berkendara dengan motor. Selain itu bersihkan lingkungan anda untuk meminimalisir resiko flek paru-paru.

  1. Obat-obatan terlarang

Obat-obatan terlarang memiliki zat psikotropika yang membuat sistem imun melemah. Hal ini membuat tubuh lebih rentan terserang infeksi dan bakteri. Hal ini juga bisa didapat dari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Hentikan penggunaan obat-obatan terlarang dan minum-minuman keras agar tubuh terhindar resiko flek paru-paru.

  1. Kurangnya perawatan medis

Perawatan medis yang benar akan memungkinkan penyakit berbahaya tidak menyerang tubuh anda. penanganan medis yang tidak memadai akan menyebabkan flek paru-paru lebih mudah menyerang seseorang. Maka dari itu pastikan anda mendapatkan penanganan medis yang memadai jika mengalami masalah flek paru-paru atau penyakit lainnya. Demi mencegah terjadinya penyakit flek paru-paru.

Itulah beberapa penyebab flek paru-paru yang bisa anda kenali. Cegah penyebab tersebut agar resiko penyakit berbahaya tersebut tidak menjangkiti anda dan keluarga.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tidak Ada Komentar

  1. […] Baca juga : Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Destinasi Instagramable Puncak Gagoan, Wisata Tebing Keraton dari Sumatera Barat

Tebing Keraton menjadi destinasi wisata instagramable yang sangat terkenal di Kota Bandung…