Depan artikel asuransi Sejarah Asuransi di Indonesia Tahun Ke Tahun

Sejarah Asuransi di Indonesia Tahun Ke Tahun

6 min read
0
114
Sejarah Asuransi di Indonesia Tahun Ke Tahun

Sebagai warga negara Indonesia, selama ini kita mengenal berbagai macam produk asuransi mulai dari asuransi tenaga kerja, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, dan berbagai produk asuransi yang lain untuk dinikmati oleh masyarakat ramai.

Baca juga : Sejarah Asuransi Dalam Agama Islam

Namun, sedikit sekali dari kita yang paham seperti apa sih sebenarnya perkembangan dan sejarah asuransi di Indonesia? Memang, mengetahui perkembangan dan sejarah asuransi di Indonesia bukan hal yang wajib.

Akan tetapi dengan mengetahuinya tentu akan semakin membuka cakrawala atau pengetahuan kita tentang asuransi. Khususnya bagi Anda yang selama ini merupakan pengguna produk – produk asuransi, apapun itu. Berikut sejarah asuransi di Indonesia yang perlu Anda tahu!

Perkembangan dan Sejarah Asuransi di Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Terdapat dua tahapan penting dalam perkembangan asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun. Kedua tahapan penting asuransi tersebut meliputi :

Nasionalisasi dari perusahaan asuransi asing

Pada awal munculnya asuransi, perusahaan asuransi yang merupakan peninggalan dari penjajah Belanda melakukan langkah nasionalisasi dengan nama NV Assurantie Maatshappij De Nederlandern dan Blom Vander EE yang terjadi di tahun 1845 menjadi nama PT Asuransi Bendasraya.

Selain itu Asuransi De Nederlanden Van 1845 kemudian dilakukan langkah nasionalisasi menjadi PT Asuransi Jiwasraya. Darisanalah asuransi mulai nampak dan mulai kita tahu seperti apa perkembangannya di Indonesia.

Terjadinya pendirian dan upaya penggabungan perusahaan asuransi baru

Di masa kemerdekaan terjadi 2 langkah penting yang dilakukan oleh pihak pemerintah terkait dengan upaya – upaya perkembangan asuransi yang ada di Indonesia. Kedua langkah penting tersebut yaitu penggabungan asuransi PT Asuransi Bendasraya yang bergerak di bidang asuransi rupiah dan juga PT Umum Internasioal Underwriters atau PT UIU yang melakukan pergerakan didalam bidang asuransi valuta asing untuk menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia.

PT Asuransi Jasa Indonesia ini kemudian dalam perkembangannya lebih dikenal dengan nama Asuransi Jasindo. Pada waktu itu, selain melakukan upaya penggabungan asuransi, pemerintah juga berusaha mendirikan beberapa perusahaan asuransi baru yang dilakukan dengan tujuan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Perusahaan asuransi baru yang didirikan dengan tujuan menunjang kesejahteraan masyarakat tersebut diantaranya yaitu :

  • Asuransi Jasa Rahardja yang didirikan untuk memberikan suatu perlindungan atas resiko kecelakaan lalu lintas yang berpotensi terjadi.
  • Perum Taspen yang didirikan sebagai asuransi tabungan dan asuransi pegawai negeri.
  • Perum Asabri yang didirikan untuk anggota angkatan bersenjata Republik Indonesia.
  • Jamsostek yang merupakan asuransi yang didirikan sebagai asuransi kecelakaan tenaga kerja untuk pekerja dari perusahaan swasta.

Asuransi modern di Indonesia sebagai peradaban baru asuransi

Perkembangan asuransi modern yang ada di Indonesia dimulai dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi yang berdiri pada awal tahun 1980an. Beberapa perusahaan asuransi yang kemudian hadir dan menawarkan berbagai macam produk perlindungan serta produk investasi diantaranya Allianz, AIA Financial, CIGNA, Avrist AXA Mandiri, dan juga Asuransi Sinar Mas.

Hal yang semacam ini tentu semakin menambah alternatif pilihan untuk masyarakat dan ditujukan untuk mendapatkan perlindungan atas resiko seperti yang diharapkan. Sementara di sisi yang lain pemerintah juga semakin tanggap atas berbagai kebutuhan masyarakat tentang perlindungan.

Hal ini menjadi latar belakang di tahun 2014 kemudian lahir Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang merupakan gabungan fungsi dan peran dari Jamsostek dan juga Askes di periode sebelumnya. Jamsostek dan Askes kemudian digantikan dengan hadirnya BPJS yang menjadi pengelola asuransi ketenagakerjaan dan jaminan kesehatan sampai sekarang.

Itulah bagaimana sejarah asuransi di Indonesia dari awal sampai saat ini. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang semakin menambah wawasan kita tentang asuransi di Indonesia.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. B…