Depan Artikel Kesehatan Tanda, gejala dan Penyebab Penyakit TBC

Tanda, gejala dan Penyebab Penyakit TBC

6 min read
0
53
Tanda, gejala dan Penyebab Penyakit TBC

TBC yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis atau Bacille de Koch (BK) menyerang bagian tubuh mana pun tetapi paling umum adalah paru-paru.

Baca juga : Inilah 12 Penyakit Dengan Masa Tunggu 12 Bulan

BK tersebar di udara dari satu orang ke orang lain oleh tuberkulosis, tenggorokan dan bersin. Orang-orang yang terpapar BK akan terinfeksi TB. Orang-orang dengan infeksi TBC tidak memiliki gejala apa pun, mereka tidak menyebar tetapi mereka dapat tertular TB di masa mendatang. Ini baik untuk orang dengan infeksi tanpa gejala untuk tetap mengambil vaksin untuk menghindari TB nanti. Penderita tuberkulosis bisa sembuh begitu mereka pergi ke dokter.

Bagaimana TB menyebar?

BK menyebar di udara dari satu orang ke orang lain. Ketika seseorang menghirup tuberkulosis (TB), mereka akan menetap di paru-paru dan mulai bereproduksi. Dari sana mereka dapat memasuki aliran darah ke bagian lain dari tubuh seperti ginjal, tulang belakang, otak. Tuberkulosis, tenggorokan dapat menyebar secara berbeda dengan tuberkulosis, tulang belakang benar-benar menular. Orang dengan TB sering menularkan kepada orang-orang yang berhubungan dengan mereka sesering anggota keluarga mereka, teman atau rekan kerja.

Apa itu infeksi TBC?

Kebanyakan orang yang bernafas di BK terinfeksi TB, tetapi tubuh mereka mampu melawan bakteri TB, mencegah mereka bereproduksi. BK menjadi tidak aktif tetapi masih tinggal di tubuh dan akan bekerja lagi nanti. Ini adalah infeksi TBC.

Orang dengan infeksi TBC tidak memiliki gejala sama sekali, tidak merasa sakit, tidak menyebar ke orang lain. Mereka biasanya memiliki respons tuberkulosis positif dan dapat berkembang menjadi TB sejati jika tidak ada pengobatan pencegahan. Ketahuilah bahwa banyak orang dengan TB tidak mengembangkan TB. Pada orang-orang ini, bakteri TB tidak menyebabkan penyakit seumur hidup. Berbeda dengan yang lain, terutama ketika sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri TB aktif menyebabkan penyakit TB aktif.

BK berfungsi lagi jika sistem kekebalan tidak dapat menghentikan mereka dari bereproduksi. Bakteri TB aktif mulai bereproduksi di dalam tubuh, menyebabkan TB nyata.

Beberapa orang menderita TB sangat dini, setelah terkena TBC sebelum sistem kekebalan mereka dapat melawan BK. Lainnya mendapatkan TB lebih lambat ketika sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lemah karena beberapa alasan. Anak-anak dan orang dengan HIV sering memiliki sistem kekebalan yang lemah. Orang-orang dalam situasi berikut memiliki sistem kekebalan yang buruk: penggunaan narkoba suntikan, diabetes, bronkopneumonia, kanker kepala, leher, kanker darah, penyakit ginjal berat, Beberapa obat, seperti kortikosteroid, digunakan untuk obat imunosupresif pasca transplantasi.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab tuberkulosis disebabkan oleh bakteri yang disebut mycobacterium. Orang sehat menularkan bakteri TB melalui saluran pernapasan di udara dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi

Infeksi bakteri awal biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun. Di Amerika Serikat, kebanyakan orang dengan penyakit ini akan pulih dari awal infeksi. Namun, dalam beberapa kasus lebih berisiko, penyakit ini menjadi traumatis dalam beberapa minggu sejak infeksi awal, atau penyakit yang menyebabkan pasien berbohong selama bertahun-tahun.

Banyak risiko tuberkulosis dapat menyebar

  • Orang tua.
  • Anak-anak.
  • Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti AIDS, kemoterapi, atau antikonvulsan setelah transplantasi organ.
  • Orang dengan penyakit kronis sering menghubungi orang lain.
  • Tinggal di lingkungan yang padat atau tidak sehat.
  • Diet harian tidak memiliki cukup nutrisi.

Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan prevalensi tuberkulosis di masyarakat

  • Infeksi HIV.
  • Non-tunawisma individu (lingkungan hidup yang buruk atau kurangnya rejimen nutrisi yang memadai setiap hari).

Di Amerika Serikat, rata-rata 100.000 orang memiliki 10 kasus tuberkulosis. Namun, tingkat perubahan sangat bervariasi menurut tempat tinggal dan kelas sosial-ekonomi:

  • Tuberkulosis (seluruh tubuh)
  • Infeksi mikobakteri.

Tanda dan Gejala Penyakit TBC

  • Batuk dan demam ringan.
  • Berat badan turun.
  • Batuk darah.
  • Demam dan keringat malam.
  • Batuk berdahak
  • Nyeri dada.
  • Berkeringat terlalu banyak, terutama pada malam hari.
  • Mengigil
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…