Depan Allianz Syariah Asuransi kesehatan rawat jalan tidak penting ?

Asuransi kesehatan rawat jalan tidak penting ?

7 min read
0
0
380
Asuransi kesehatan rawat jalan

Asuransi kesehatan rawat jalan itu tidak penting bukan berarti tidak perlu ūüôā mengapa ? Karena biaya pengobatan rawat jalan itu tidak terlalu besar sehingga kita masih mampu untuk membayarnya. Banyak yang bertanya mengenai asuransi kesehatan rawat jalan di Allianz. Saya selalu menjawab dengan jawaban yang sama.

Penyakit yang bisa diobati dengan rawat jalan itu biasanya penyakit ringan, seperti demam, batuk, influenza, sakit gigi dll. Biayanya masih mampu kita bayar sendiri, jadi mending biaya preminya kita tabung sendiri aja buat dana darurat.

Lah terus emang di Allianz tidak ada yah asuransi kesehatan rawat jalan ..? Allianz itu salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, semua jenis asuransi ada. Bukannya saya tidak mau menjual produk asuransi kesehatan rawat jalan. Saya disini bertindak sebagai Financial Consultant bukan sekedar sales asuransi. Untuk mendapatkan sebuah polis kesehatan dengan tambahan manfaat rawat jalan itu nilai preminya lumayan. Tapi kalau sanggup untuk membayar preminya saya akan buatkan ilustrasinya atau sebagai bayangan bisa lihat tabel manfaatnya di : Tabel manfaat dan biaya premi AlliSya Care

Dari tabel yang ada, untuk mengambil manfaat rawat jalan plan 500, anda mendapatkan biaya konsultasi dokter umum maksimal 85 ribu per kunjungan, jika dokter spesialis 175 ribu per kunjungan, biaya obat-obatan 4 juta per tahun, lalu ada lagi untuk pemeriksaan diagnostik dan fisioterapi. Semua itu sistemnya bayar dulu pakai uang sendiri baru klaim (reinbursment). Dan yang ditanggung asuransi cuma 80%, jadi sisanya ditanggung sendiri (co-share, bagi risiko). Kalau ditotal manfaatnya tidak jauh beda sama preminya. Jadi menurut hemat saya lebih baik uang 3,2 juta untuk premi mendingan dijadikan dana darurat. Saat sakit ringan tidak akan habis dana tersebut untuk berobat jalan ke dokter selama setahun. Tapi sekali lagi, kalau uang tidak masalah bagi anda, saya akan dengan senang hati¬†segera membuatkan polisnya untuk manfaat rawat jalan ūüôā

Asuransi melahirkan

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya juga kepada saya mengenai manfaat asuransi melahirkan. Melahirkan itu merupakan sebuah anugerah bukan sebuah musibah. Mengambil sebuah polis asuransi itu untuk proteksi financial dari musibah yang biayanya berat jika ditanggung sendiri. Biaya melahirkan itu relatif tidak besar, kalau mau murah cukup di bidan terdekat mungkin bisa menghabiskan dana sekitar 1.5jt saja. Pengalaman melahirkan anak saya pertama di sebuah kamar VIP Rumah Sakit kabupaten Baturaja Sumatra Selatan menghabiskan dana sekitar 4jt Rupiah di tahun 2010 untuk kelahiran normal. Lalu anak saya yang kedua menghabiskan dana sekitar 7jt Rupiah di sebuah klinik kota Palembang dan juga di sebuah kamar VIP. Jika kita tidak mempunyai sebuah polis asuransi dengan manfaat melahirkan, biasanya kita akan mempersiapkan dana tersebut jauh hari sebelum proses melahirkan.

Dari tabel yang ada,¬†premi yang harus dibayar untuk manfaat melahirkan itu mahal sekali. Sebagai contoh anda¬†ingin ditanggung sebesar 10 juta untuk melahirkan normal atau 20 juta untuk prose cesar, preminya bisa sampe 10 jutaan per tahun. Mendingan menabung sendiri kan, karena untuk mendaftarkan diri dengan mengambil manfaat melahirkan itu harus dalam kondisi sebelum hamil dan masa berlakunya cuma satu tahun. Klo rencana hamil dan melahirkannya meleset, dana premi jadi hangus donk .. ? So pilih mana … kami hanya menyarankan saja, semua keputusan tergantung kepada anda sendiri.

Sama seperti asuransi rawat gigi, buat apa ? mending duitnya ditabung sendiri, toh sakit gigi masih bisa kita bayar sendiri. Ganti kacamata apalagi, paling dalam 2 tahun kacamata masih awet. Intinya kita masih mampu beli sendiri juga.

Asuransi kesehatan rawat jalan untuk penyakit mahal

Ada juga yang bertanya tentang ada penyakit yang biaya rawat jalan mahal, untuk konsultasi ke dokter spesialis aja memerlukan biaya lebih dari 200rb belum lagi ditambah obat-obatan yang harganya mencapai jutaan rupiah. So salah donk kalau berpendapat bahwa¬†asuransi kesehatan rawat jalan tidak penting …? Setau saya, cuma penyakit kritis yang memerlukan biaya pengobatan rawat jalan yang besar, makanya saya selalu menawarkan asuransi jiwa dan manfaat sakit kritis CI100. (baca :¬†Asuransi Penyakit Kritis Pertama di Indonesia¬†). Uang tunai cash langsung diberikan Allianz jika anda mengambil manfaat ini saat mulai terdiagnosa dari 100 macam kondisi kritis.¬†Jika ada dana tunai dalam genggaman, dana tersebut bisa digunakan untuk biaya berobat rawat jalan dan yang lainnya. Manfaat tambahan lainnya adalah anda dibebaskan membayar premi asuransi saat terdiagnosa sakit kritis tersebut.

Kesimpulannya adalah #1YgTerpenting Asuransi yang harus diambil itu ukurannya satu: Jika ada sebuah risiko yang membutuhkan biaya yang besar sehingga terlalu berat untuk ditanggung sendiri, atau bahkan tidak akan sanggup jika ditanggung sendiri, berarti anda perlu asuransi.

 

 

Artikel Selanjutnya
Load More In Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

49 Penyakit Kritis, Allianz Siap Menanggung Biayanya

Ada 49 Penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh Allianz Syariah. Penyakit adalah keti…