Depan Artikel Kesehatan Mengatasi Demam Pada Anak

Mengatasi Demam Pada Anak

5 min read
1
0
53
Mengatasi Demam Pada Anak

Biasanya para orang tua akan merasa khawatir jika anak mengalami demam yang berlebih. Apalagi demam tersebut dibarengi dengan kejang-kejang sehingga membuat orangtua semakin cemas. Padahal ada banyak cara untuk mengatasi masalah demam yang terjadi pada anak-anak, seperti memberikan obat penurun panas atau membawanya ke dokter anak.

Perlu diketahui bahwa dema bukan merupakan penyakit utama pada anak. Akan tetapi demam adalah sebuah reaksi tubuh secara alami terhadap suatu penyakit yang menjadikan petanda tubuh memerangi infeksi. Maka dari itu, demam sebetulnya harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Inilah cara mudah mengatasi demam yang terjadi pada anak-anak.

Tips Mengatasi Demam Pada Anak

  1. Memberi Banyak Cairan

Ketika anak anda merasa demam, cobalah anda pikirkan sejenak cara mengatasi demam anak secara cepat. Pasalnya anda dapat membantunya dengan cara  mencegah si kecil dari dehidrasi ringan, dan berikan banyak cairan atau minuman. Demam pada anak akan mengakibatkan kehilangan cairan lebih cepat. Adapun solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi air putih, sup dan susu secukupnya kepada anak.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Biasanya para ibu akan  mengatasi demam anak dengan cara menggunakan air dingin atau es batu. Rupanya cara tersebut tidak efektif lantaran otak si anak akan terkejut dengan perubahan suhu yang drastis. Mendinginkan dahi anak hanya memicu di bagian luar dan tidak untuk bagian dalam, sehingga suhu panas anak justru semakin meningkat. Karena itulah, anda harus gunakan air hangat saat mengkompres demam si kecil. Pasalnya keadaan hangat membuat tubuh si kecil dapat menurunkan suhunya sebagai bentuk pertahanan.

  1. Gunakan Air Hangat Saat Mandi

Rupanya penggunaan air dingin akan membuat badan anak tambah menggigil dan meningkatkan suhu tubuh. Alangkah baiknya gunakan air hangat ketika si buah kecil ketika hendak mandi. Anda juga perlu memastikan air tersebut tidak terlalu panas karena bisa membuat kulitnya teriritasi. Hanya dengan mandi air hangat anak akan menghirup udara hangat juga, sehingga mampu melancarkan organ pernapasan sekaligus membuat tubuh lebih rileks.

  1. Kenakan Pakaian Ringan

Kini saatnya anda memberikan pakaian yang ringan untuk anak seperti sehelai kain atau selimut. Jangan mengenakan pakaian terlalu tebal karena mampu mencegah panas tubuh keluar lingkungan sekitar. Bahkan hal tersebut dapat menimbulkan suhu tubuh semakin tinggi. Sebaiknya terapkan pakaian yang memang ala kadarnya untuk anak.

  1. Mengaplikasikan Bawang Merah

Pada dasarnya bawang merah mampu membantu menurunkan suhu tubuh pada anak. Pasalnya memiliki kandungan sikloaliin metilaliin,  floroglusin, minyak atsiri, dan kuersetin yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan anak. Anda bisa langsung memarut bawang merah atau juga bisa diris tipis secukupnya saja, dan kemudian campurkan sedikit minyak kelapa. Jika sudah segera balurkan pada seluruh permukaan tubuh si anak dan diamkan semalaman.

Itu dia cara Mengatasi Demam Pada Anak. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda semua. Jika demam anak tak kunjung sembuh, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Baca juga : Mengatasi Demam Pada Anak […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…